Comscore Tracker

Moncer, 5 Rekrutan Terbaik Atletico Madrid dalam Satu Dekade Terakhir

Terbukti berikan gelar

Sejak ditangani Diego Simeone, Atletico Madrid berubah menjadi salah satu klub besar di Spanyol dan kompetisi Eropa. Terbukti dengan satu trofi La Liga, 2 Liga Eropa, 2 UEFA Super Cup dan lolos ke final Liga Champions sebanyak dua kali dalam satu dekade terakhir. Ini tentunya bukan pencapaian yang biasa-biasa saja.

Sepanjang waktu tersebut, strategi transfer Atletico dikenal sangat efektif dan melahirkan banyak sekali pemain berkualitas. Namun dari sekian banyak itu, ini lima rekrutan terbaik mereka.

1. Diego Godin

Moncer, 5 Rekrutan Terbaik Atletico Madrid dalam Satu Dekade Terakhiren.as.com

Diego Godin merupakan benteng kokoh pertahanan Atletico Madrid, sekaligus pemimpin berkharisma yang membela klub selama sembilan musim. Ia diboyong dari Villareal pada 2009 hanya dengan banderol 8 juta euro saja. Godin telah tampil dalam 389 laga di semua ajang dengan persembahan banyak gelar bergengsi.

Sayangnya, satu-satunya trofi yang gagal ia rasakan adalah Liga Champions. Dua kali melaju hingga babak final, Atletico Madrid justru kalah dari tim yang sama, yakni musuh bebuyutan Real Madrid. Pada musim panas kemarin Godin memutuskan untuk hijrah ke Inter Milan dengan status free transfer di usianya yang tak lagi muda.

2. Antoine Griezmann

Moncer, 5 Rekrutan Terbaik Atletico Madrid dalam Satu Dekade Terakhirintothecalderon.com

Secara mengejutkan Antoine Griezmann hengkang ke Barcelona pada musim panas lalu dengan harga 120 juta euro. Hal ini sempat dipermasalahkan Atletico karena Barcelona dinilai melanggar aturan transfer dengan melakukan kontak personal lebih dulu dengan sang pemain.

Terlepas dari polemik tersebut, Griezmann diakui sebagai salah satu striker terbaik milik Atletico Madrid. Ia mencetak 133 gol dari 257 penampilan. Pemain asal Prancis itu sendiri didapatkan Atletico Madrid dari Real Sociedad pada 2014 dengan harga 54 juta euro.

Baca Juga: Barcelona Siap Tukar Griezmann dengan Neymar, PSG Pasang Harga Tinggi

3. Jan Oblak

Moncer, 5 Rekrutan Terbaik Atletico Madrid dalam Satu Dekade Terakhirtrollfootball.me

Jan Oblak didatangkan dengan harga 16 juta euro dari Benfica pada 2014 lalu. Ia diplot sebagai penerus Thibaut Courtois yang pulang ke Chelsea. Tugas itu ia kerjakan dengan sangat baik. Terbukti dari 137 clean sheet yang ia torehkan dari 252 pertandingan.

Ia dinilai sebagai salah satu kiper terbaik dunia saat ini berkat konsistensinya di setiap musim. Salah satu performa terbaiknya di musim ini adalah saat tampil kokoh kala melawan Liverpool di babak 16 besar. Sehingga membuat Atleti berhasil lolos ke babak selanjutnya.

4. Diego Costa

Moncer, 5 Rekrutan Terbaik Atletico Madrid dalam Satu Dekade Terakhirtelegraph.co.uk

Diego Costa diboyong pada 2007 dari klub Portugal, Braga dengan nilai 1,7 juta euro. Namun sang striker lebih sering dipinjamkan ke berbagai klub, bahkan dilepas sebanyak dua kali, ke Rayo Vallecano dan Chelsea. Tetapi dua kali juga ia pulang kembali ke Atletico Madrid.

Terakhir pada 2018 saat ia direkrut kembali dengan harga 66 juta euro setelah tampil apik di Chelsea. Diego Costa merupakan sosok striker yang keras dan berinsting tajam. Sepanjang kariernya bersama Atletico, ia menjadi pemain kunci saat menjuarai La Liga musim 2013/2014 dan Liga Eropa 2017/2018.

Total striker berdarah Brasil ini telah mencetak 80 gol dari 204 laga untuk Atletico Madrid di sepanjang kariernya.

5. Gabi

Moncer, 5 Rekrutan Terbaik Atletico Madrid dalam Satu Dekade Terakhirgoal.com

Gabi merupakan produk asli dari akademi Atletico Madrid dan dianggap sebagai kapten terbaik klub sepanjang masa. Satu trofi La Liga, 2 Liga Eropa,satu Coppa del Rey dan satu UEFA Super Cup diraih Atletico di masa kepemimpinan sang pemain.

Selama hampir 10 tahun pengabdiannya, ia telah tampil dalam 413 penampilan di semua ajang. Di awal kariernya pada 2007, Gabi sempat hengkang ke Real Zaragoza dengan status free trasnfer. Namun Atletico memulangkan sang pemain pada 2011 dengan harga 3 juta euro.

Pada 2018 ia mengakhiri kariernya di Metropolitano Stadium dan bergabung dengan klub Qatar, Al Sadd.

Los Rojoblancos terbukti merupakan klub dengan strategi transfer sangat apik. Dibuktikan dengan banyaknya pemain besar yang lahir dari klub asal kota Madrid ini.

Baca Juga: Terlalu Uzur, Inilah Sosok yang Tepat Gantikan Gabi di Atletico Madrid

Firli N. Purnagara Photo Verified Writer Firli N. Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya