5 Striker Tajam AS Roma yang Datang dari Klub Premier League

Tammy Abraham langsung berikan dampak signifikan

AS Roma merupakan salah satu dari klub elite Serie A dengan raihan 3 Scudetto sepanjang sejarah klub. Musim ini mereka akan memulai petualangan baru dengan optimisme besar usai menunjuk Jose Mourinho sebagai pelatih. 

Hal menjanjikan mulai ditunjukkan sang pelatih dengan mendatangkan beberapa pemain baru dari Premier League, salah satunya Tammy Abraham, yang baru saja diboyong dari Chelsea. Premier League sendiri menjadi ladang pembelian pemain yang potensial bagi AS Roma soal striker tajam. Berikut ini 5 striker terbaik yang didapatkan Roma dari klub Inggris.

1. Edin Dzeko

5 Striker Tajam AS Roma yang Datang dari Klub Premier LeagueEdin Dzeko (forzaitalianfootball.com)

Edin Dzeko adalah salah satu pembelian terbaik AS Roma dalam sedekade terakhir. Dia diboyong dari Manchester City pada musim 2015/16 dengan status pinjaman sebelum dipermanenkan musim berikutnya dengan tebusan 11 juta euro atau sekitar Rp185 miliar. Sejak itu dia selalu menjadi bomber andalan dan mesin klub.

Striker asal Bosnia itu mencatatkan 119 gol dan 55 assist dari 260 laga di semua ajang. Pada musim 2016/2017 dia bahkan sukses menyabet gelar top skorer Serie A. Setelah enam musim di Olimpico, Dzeko memutuskan hengkang di musim ini ke raksasa Italia lainnya, Inter Milan.

2. Mohamed Salah  

5 Striker Tajam AS Roma yang Datang dari Klub Premier LeagueMohamed Salah (eurosport.com)

Mohamed Salah saat ini dianggap sebagai salah satu striker terbaik dunia usai bersinar bersama Liverpool. Namun performa impresifnya hadir ketika dia berkostum AS Roma pada periode 2015-2017. Salah sendiri bergabung dengan Chelsea pada 2014 lalu, tetapi gagal bersinar karena kesulitan dapatkan tempat utama.

The Blues kemudian meminjamkannya ke Fiorentina pada paruh pertama musim itu, dan ke AS Roma pada paruh kedua. Tampil memuaskan, Roma permanenkan statusnya pada pada 2016 dengan harga 16 juta euro atau sekitar Rp270 miliar. Dia tampil apik dengan torehan 34 gol dan 22 assist dari 83 laga. Dia kemudian dilepas e Liverpool dengan mahar 42 juta euro atau sekitar Rp700 miliar.

Baca Juga: Mohamed Salah Jadi Korban Konflik Rebutan Liverpool Vs Mesir

3. Henrikh Mkhitaryan  

5 Striker Tajam AS Roma yang Datang dari Klub Premier LeagueHenrikh Mkhitaryan (goal.com)

Henrikh Mkhitaryan menjalani musim yang tak menyenangkan kala berkarier di Premier League bersama Manchester United dan Arsenal. Dia menjadi bagian dari kesepakatan transfer Alexis Sanchez ke MU. Mkhitaryan hanya bertahan satu musim di Arsenal sebelum diboyong AS Roma dengan status pinjaman pada 2020, dan didapatkan secara permanen di akhir musim dengan gratis.

Di Roma, dia kembali menemukan performa terbaiknya. Mkhitaryan telah menorehkan 24 gol dan 19 assist dari 73 pertandingan. Musim ini dia baru saja memperpanjang kontraknya hingga  2022 dan akan kembali bertemu dengan Jose Mourinho.

4. Gervinho

5 Striker Tajam AS Roma yang Datang dari Klub Premier LeagueGervinho (asroma.com)

Gervinho bergabung dengan AS Roma pada 2013 silam dari Arsenal dengan harga 8 juta euro atau Rp134 miliar. Dia adalah sosok yang dinamis karena bisa ditempatkan sebagai striker maupun winger. Pemain asal Pantai Gading itu mencatatkan 88 laga dengan torehan 20 gol dan 26 assist.

Tampil impresif di Roma, Gervinho kemudian diboyong klub Tiongkok, Hebei FC dengan harga 18 juta euro atau sekitar Rp305 miliar. Pada 2018 dia kembali ke Serie A untuk gabung AC Parma. Kini dia hijrah ke Trabzonspor usai Parma terdegradasi di musim lalu.

5. Tammy Abraham

5 Striker Tajam AS Roma yang Datang dari Klub Premier LeagueTammy Abraham (sbnation.com)

Tammy Abraham menjadi striker dengan gol terbanyak bagi Chelsea dalam dua musim terakhir. Namun kehadiran Timo Werner, dan kini Romelu Lukaku memaksanya hengkang demi dapatkan waktu bermain. Dia mengoleksi 32 gol dari 82 laga bersama Chelsea. 

AS Roma resmi mendapatkan jasa striker 25 tahun itu dengan harga 40 juta euro atau sekitar Rp674 miliar dengan durasi kontrak 5 tahun. Dia diplot sebagai striker utama sebagai pengganti Eden Dzeko yang hijrah ke Inter Milan. Di laga debut Serie A, dia tampil impresif dengan mencetak 2 assist dalam kemenangan 3-1 atas Fiorentina. Ini menjadi awal yang menjanjikan bagi pemain asal Inggris itu untuk bersinar di bawah asuhan Mourinho.

Jika melihat tren klub, pemain-pemain yang AS Roma dapatkan dari klub Inggris selalu memberikan dampak signifikan. Di musim baru ini, fans pun semakin optimis dengan adanya Jose Mourinho di bawah kendali, dan hadirnya Tammy Abraham sebagai striker anyar. Bisakah AS Roma membuat kejutan di musim 2021/2022?

Baca Juga: Transfer Segitiga Antara Arsenal, AS Roma, dan Tammy Abraham

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya