5 Tim Besar Eropa yang Terancam Gagal Lolos ke Fase 16 Besar UCL

Ada tim favoritmu?

Delapan tim telah memastikan langkahnya lolos dari fase grup Liga Champions musim ini. Dan delapan kursi lainnya masih akan diperebutkan pada laga terakhir yang akan digelar pada 11-12 Desember.

Dari sekian tim tersebut, lima tim besar Eropa terancam gagal lolos ke fase 16 besar. Nasib mereka bakal ditentukan pada laga hidup dan mati pada matchday terakhir. Siapa saja mereka?

1. Atletico Madrid

5 Tim Besar Eropa yang Terancam Gagal Lolos ke Fase 16 Besar UCLgoal.com

Atletico Madrid harus menderita kekalahan 1-0 dari Juventus di matchday ke-5 pada Rabu dini hari kemarin (27/11). Hasil tersebut membuat kesempatan mereka untuk lolos ditentukan di laga terakhir.

Saat ini mereka tempati posisi kedua dengan tujuh poin, hanya selisih satu angka dari Bayer Leverkusen. Pada laga terakhir mereka wajib raih kemenangan atas Lokomotiv Moskow untuk pastikan satu tiket tersisa dari grup D.

2. Liverpool

5 Tim Besar Eropa yang Terancam Gagal Lolos ke Fase 16 Besar UCLindependent.co.uk

Grup E menjadi salah satu grup paling ketat di Liga Champions musim ini. Tiga tim masih berkesempatan untuk meraih dua tiket lolos ke babak 16 besar. Saat ini Liverpool masih memimpin grup E dengan 10 poin, diikuti Napoli dengan delapan poin dan Salzburg tujuh poin.

Meskipun memuncaki grup E, Liverpool terancam gagal pertahankan gelar UCL jika pada laga terakhir melawan Salzburg kalah. The Reds minimal hanya butuh hasil imbang untuk bisa lolos ke 16 besar.

3. Inter Milan

5 Tim Besar Eropa yang Terancam Gagal Lolos ke Fase 16 Besar UCLthescore.com

Inter Milan sukses meraih kemenangan atas 1-3 atas Slavia Praha di matchday ke-5 pada Kamis dini hari (28/11). Hasil ini membuka harapan mereka lolos ke babak 16 tetap terbuka karena di saat bersamaan Dortmund kalah 3-1 dari Barcelona.

Saat ini Inter Milan pun tempati posisi kedua dan memiliki poin sama dengan Dortmund, tujuh poin. Sialnya Inter Milan akan jalani laga berat di laga terakhir dengan menjamu Barcelona. Mereka wajib menang untuk bisa lolos menyingkirkan Dortmund.

Barcelona sendiri telah memastikan satu tiket sebagai juara grup dengan hasil tak terkalahkan.

Baca Juga: Gagal Kalahkan Napoli, Liverpool Terancam Tak Lolos 16 Besar UCL

4. Chelsea

5 Tim Besar Eropa yang Terancam Gagal Lolos ke Fase 16 Besar UCLmirror.co.uk

Grup H menjadi grup neraka lainnya yang belum memastikan satu pun wakilnya di babak 16 besar. Saat ini Ajax tempati puncak grup dengan 10 poin, diikuti Chelsea dan Valencia yang mengumpulkan poin sama, delapan.

Pada matchday ke-5 sendiri Chelsea hanya bermain imbang 2-2 dengan Valencia. Nasib mereka akan ditentukan pada laga terakhir melawan Lille. Kemenangan tentu wajib mereka raih jika tak ingin langkahnya terhenti.

Di laga lainnya laga hidup mati akan mempertemukan Ajax melawan Valencia.

5. Lyon

5 Tim Besar Eropa yang Terancam Gagal Lolos ke Fase 16 Besar UCLflipboard.com

Grup G telah memastikan satu wakilnya yang diisi oleh RB Leipzig. Sedangkan satu tiket terakhir akan diperebutkan oleh Lyon dan Zenit St Petersburg yang memiliki poin sama, tujuh. 

Penentuan itu akan dipertaruhkan di laga terakhir di mana Lyon akan menjamu Leipzig, sedangkan Zenit akan berandang ke Benfica. Jika pun Lyon menang, nasib mereka masih akan ditentukan oleh hasil laga Zenit melawan Benfica.

Zenit unggul head-to-head atas Lyon setelah menang 2-0 pada laga dini hari tadi dan bermain imbang 1-1 di laga perdana. Mampukah lima tim keluar dari lubang jarum di laga pamungkas nanti?

Baca Juga: 9 Pemain Ajax Tak Mampu Jaga Keunggulan di Laga Penuh Drama UCL

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya