5 Timnas dengan Rekor Tak Terkalahkan Terpanjang di Laga Internasional

Italia bahkan cetak dua rekor!

Membela negara di laga internasional merupakan impian setiap pesepak bola. Apalagi ajang sekelas Piala Dunia, Piala Eropa hingga Copa America merupakan turnamen paling bergengsi di dunia.

Tidak mengherankan, jika sebuah timnas mengumpulkan pemain-pemain terbaiknya untuk tampil dengan target mencetak sejarah. Baru-baru ini Piala Eropa sedang digelar, dan menjadi ajang kebangkitan timnas Italia yang sempat terpuruk.

Mereka meraih kemenangan beruntun yang luar biasa dan telah memastikan lolos ke perempat final. Dalam sejarahnya, terdapat lima tim yang mampu mencetak kemenangan terpanjang di laga internasional. Berikut ulasannya.

1. Brasil – 35 pertandingan

5 Timnas dengan Rekor Tak Terkalahkan Terpanjang di Laga InternasionalTimnas Brasil juara Piala Dunia 1994 (fifa.com)

Tim pertama yang mencapai angka 35 pertandingan tanpa terkalahkan adalah Brasil era 1990-an. Tim ikonik ini memegang rekor tak terkalahkan terlama di sepak bola internasional. Rentetan itu berlangsung selama tiga tahun, antara 1993 hingga 1996.

Dalam perjalanan ini, Brasil memenangkan Piala Dunia FIFA 1994 dengan mengalahkan Italia melalui adu penalti di final. Rekor itu berakhir saat melawan Meksiko. Brasil kalah dari negara anggota CONCACAF di Piala Emas pada tahun 1996. Brasil saat itu merupakan Juara Dunia dan berpartisipasi dalam turnamen sebagai tim tamu.

2. Spanyol – 35 pertandingan

5 Timnas dengan Rekor Tak Terkalahkan Terpanjang di Laga InternasionalSpanyol juara Piala Eropa 2008 (uefa.com)

Tim Spanyol akhir 2010-an dianggap sebagai salah satu tim internasional terkuat sepanjang masa. Mereka menjalani 35 laga tak terkalahkan menyamai rekor Brasil. La Roja tidak pernah kalah dalam satu pertandingan pun antara 2007 hingga 2009.

Generasi emas sepak bola Spanyol diisi nama-nama hebat seperti Fernando Torres, Andres Iniesta, David Villa, Xavi, Sergio Ramos hingga Iker Casillas. Pada periode ini, Spanyol memenangkan Piala Eropa 2008 dengan mengalahkan Jerman di final.

Kekalahan mengejutkan dari Amerika Serikat di Piala Konfederasi 2009 mengakhiri rekor tersebut. Namun, Spanyol kembali ke bentuk permanan terbaik mereka lagi dan memenangkan 27 dari 28 pertandingan berikutnya. Mereka kemudian menjuarai Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012.

Baca Juga: Calon Juara! 5 Rekor Fantastis yang Dicetak Italia di Piala Eropa 2020

3. Argentina – 31 pertandingan  

5 Timnas dengan Rekor Tak Terkalahkan Terpanjang di Laga InternasionalArgentina juara Copa America 1993 (goal.com)

Rekor tak terkalahkan terpanjang ketiga dalam sepak bola internasional dipegang oleh Argentina. Catatan beruntun itu terjadi dari tahun 1991 hingga 1993. Rekor itu dimulai setelah kekalahan menyakitkan dari Jerman Barat di final Piala Dunia FIFA 1990.

Selama rekor tak terkalahkan, Argentina memenangkan Copa America pada 1991 dan 1993. La Albiceleste memiliki Gabriel Batistuta di barisan penyerang mereka, yang mencetak 16 gol selama rekor tak terkalahkan ini berjalan.

4. Italia – 31 pertandingan

5 Timnas dengan Rekor Tak Terkalahkan Terpanjang di Laga InternasionalSelebrasi gol Matteo Pessina (twitter.com/azzurri)

Italia melampaui rekor terbaik mereka sendiri sebelumnya dengan menjalani 31 pertandingan tanpa kekalahan. Kekalahan terakhir mereka terjadi pada September 2018 melawan Portugal dalam pertandingan UEFA Nations League. Sejak itu, tim asuhan Roberto Mancini tidak pernah kalah dalam satu pertandingan pun, dan hanya tertinggal empat pertandingan saja untuk menyamai rekor tak terkalahkan terbanyak sepanjang masa.

Selain itu, rekor mereka adalah rekor tak terkalahkan aktif terlama diikuti oleh Aljazair, yang tidak pernah kalah dalam 27 pertandingan terakhir mereka. Pasukan Roberto Mancini akan melampaui Argentina jika mereka meraih kemenangan di perempat final Euro 2020, yang akan berhadapan dengan Belgia.

5. Italia (1938) - 30 pertandingan

5 Timnas dengan Rekor Tak Terkalahkan Terpanjang di Laga InternasionalItaly juara Piala Dunia 1938 (fifa.com)

Italia mencatat rekor 30 pertandingan tanpa kekalahan yang bertahan selama bertahun-tahun. Tim Italia, yang dipimpin oleh pelatih Vittorio Pozzo, tetap tak terkalahkan dari tahun 1935 hingga 1939, periode empat tahun yang panjang. Azzurri mencatatkan beberapa prestasi luar biasa selama tahun tersebut.

Pertama adalah medali emas pada Olimpiade 1936 di Jerman. Prestasi besar kedua adalah memenangkan Piala Dunia FIFA 1938 yang diadakan di Prancis. Itu adalah gelar Piala Dunia kedua berturut-turut Italia setelah kemenangan pertama pada 1934. Rekor tanpa kekalahan tersebut mereka akhirnya berakhir setelah kalah dari Swiss dalam pertandingan persahabatan.

 

Italia yang kini berlaga di Piala Eropa menjadi satu-satunya tim yang masih aktif, dan berpotensi besar melahirkan rekor baru.  Deretan tim yang memegang rekor ini dipastikan adalah yang terbaik pada eranya. Terbukti dengan rekor tersebut, mereka meraih gelar prestisius. Mungkinkah ini juga jadi tanda Italia bakal menjadi juara Piala Eropa 2020?

Baca Juga: 5 Timnas dengan Skuad Termahal di Ajang Piala Eropa 2020, Mana Saja?

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya