5 Timnas dengan Raihan Medali Emas Olimpiade Terbanyak dalam Sejarah

Timnas mana yang akan raih emas Olimpiade 2020?

Pada Olimpiade Tokyo 2020, cabor sepak bola menjadi satu di antara 28 cabang olahraga yang disajikan. Sepak bola diperebutkan oleh tim nasional pria dan wanita dalam kategori terpisah.

Sepak bola sendiri telah menjadi bagian dari acara empat tahunan ini sejak 1900. Setiap tim diisi oleh pemain U-23 sejak tahun 1992 dan kemudian direvisi dengan dibolehkannya tiga pemain senior dalam skuad pada tahun 1996. Dalam sejarahnya, 5 timnas berikut ini menjadi yang paling superior sebagai tim paling banyak memenangkan medali emas.

1. Uruguay 

5 Timnas dengan Raihan Medali Emas Olimpiade Terbanyak dalam SejarahTimnas Uruguay di Olimpiade 1928 (medium.com)

Uruguay adalah salah satu dari dua negara dari Amerika Selatan, yang masuk dalam lima tim teratas yang memenangkan medali emas Olimpiade terbanyak dalam sepak bola pria. Mereka memenangkan emas di Olimpiade 1924 dan 1928 berturut-turut.

Olimpiade tahun 1924 diadakan di Paris, dan Uruguay mengalahkan Swiss di final dengan skor 3-0. Pada edisi berikutnya di Amsterdam, Uruguay mengalahkan Argentina dalam pertandingan perebutan medali emas dengan skor 2-1.

2. Uni Soviet

5 Timnas dengan Raihan Medali Emas Olimpiade Terbanyak dalam SejarahTimnas Uni Soviet di Olimpiade 1986 (twitter.com/footballmemorys)

Sebelum pembubarannya, Uni Soviet adalah salah satu tim terkuat di dunia sepak bola, khususnya di Olimpiade. Mereka memenangkan medali emas pada dua kesempatan, pada Olimpiade 1956 dan 1988. 

Olimpiade 1956 diadakan di Melbourne, Australia, di mana Uni Soviet mengalahkan Yugoslavia 1-0 dalam perebutan medali emas. Kemudian di Olimpiade 1988 di Seoul, Korea Selatan, Uni Soviet mengalahkan Brasil dengan skor 2-1 untuk meraih emas kedua mereka dalam sepak bola di Olimpiade.

Baca Juga: 7 Pesepak Bola Top di Olimpiade Tokyo 2020 yang Berstatus Over-Aged

3. Argentina

5 Timnas dengan Raihan Medali Emas Olimpiade Terbanyak dalam SejarahTimnas Argentina di Olimpiade 2008 (fpl360.com)

Argentina juga telah memenangkan dua medali emas di Olimpiade. Mereka memenangkan emas dua kali beruntun pada Olimpiade 2004 dan 2008. La Albiceleste mengalahkan Paraguay dengan skor 1-0 di final Olimpiade 2004 di Athena, Yunani.

Kemudian pada Olimpiade 2008 di Beijing, Cina, Argentina mengalahkan Nigeria dengan skor yang sama, gol tunggal dari Angel Di Maria. Tim tersebut juga diisi oleh nama besar Lionel Messi dan Sergio Aguero.

4. Britania Raya

5 Timnas dengan Raihan Medali Emas Olimpiade Terbanyak dalam SejarahTimnas Britania Raya di Olimpiade 1912 (medium.com)

Britania Raya memenangkan tiga medali emas mereka selama tahun-tahun awal turnamen sepak bola di Olimpiade. Mereka memenangkan medali emas di Olimpiade 1900, 1908 dan 1912. Di dalam Olimpiade, negara ini cukup unik karena menggabungkan pemain-pemain dari negara Britania Raya seperti Inggris, Skotlandia  dan Republik Irlandia.

Pada edisi perdana tahun 1900, Inggris mengalahkan Prancis dan Belgia untuk memenangkan emas. Sedangkan pada Olimpiade 1908 sebagai tuan rumah di London, mereka merebut emas lagi dengan mengalahkan Denmark di final. Luar biasanya, mereka berhasil mempertahankan gelar di edisi berikutnya di Olimpiade 1912 di Swedia.

5. Hungaria

5 Timnas dengan Raihan Medali Emas Olimpiade Terbanyak dalam SejarahTimnas Hungaria di Olimpiade 1953 (theguardian.com)

Hungaria juga memiliki tiga medali emas, namun total medali mereka lebih banyak lewat 1 perak dan 1 perunggu, dibandingkan dengan Britania Raya. Hungaria adalah pemenang medali emas pada Olimpiade 1952, 1964, dan 1968.

Emas pertama mereka di Olimpiade 1952, yang diadakan di Finlandia, didapatkan usai kalahkan Yugoslavia di final. Prestasi berikutnya adalah pada Olimpiade 1964 di Jepang, Hungaria mengalahkan Cekoslowakia. Kemudian mereka mempertahankan gelar mereka di edisi berikutnya, Olimpiade 1968 di Meksiko dengan mengalahkan Bulgaria di final.

 

Olimpiade Tokyo 2020 cabang sepak bola dimulai dengan hadirnya 16 timnas dari seluruh dunia. Dihuni deretan pemain muda, turnamen ini juga akan menjadi tempat lahirnya pemain-pemain calon bintang di masa depan. Pada edisi 2016, Brasil menjadi juaranya. Akankah hadir juara baru pada edisi kali ini?

Baca Juga: 10 Bintang Premier League yang Akan Beraksi di Olimpiade Tokyo

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya