5 Transfer Musim Dingin Termahal dalam Sejarah Barcelona

Ferran Torres diboyong dengan harga 55 juta euro

Barcelona menjadi salah satu klub teraktif pada bursa transfer musim dingin 2022. Mereka sudah mendatangkan dua pemain baru, Dani Alves dan Ferran Torres.

Bursa transfer musim dingin biasanya tidak memunculkan perpindahan pemain bintang, karena kompetisi sedang berjalan setengah musim. Namun, Barcelona memilki catatan menarik perihal transfer musim dingin ini. Beberapa kali mereka mendatangkan pemain berbanderol mahal.

1. Philippe Coutinho

5 Transfer Musim Dingin Termahal dalam Sejarah BarcelonaPhilippe Coutinho (fcbarcelona.com)

Philippe Coutinho merupakan pemain termahal yang pernah didatangkan Barcelona. Menariknya, transfer ini terwujud pada musim dingin 2018. Dia diboyong dengan harga 135 juta euro atau sekitar Rp2,2 triliun dari Liverpool. Ironisnya, transfer ini terbilang gagal.

Pemain asal Brasil ini gagal menunjukan kualitasnya di Barcelona. Dia bahkan sempat dipinjamkan ke Bayern Munchen. Coutinho hanya mampu mencetak 25 gol dan 14 assist dari 106 laga untuk Barcelona. Pada Januari 2022, dia baru saja dilepas kembali dengan status pinjaman ke Aston Villa selama 6 bulan.

2. Ferran Torres

5 Transfer Musim Dingin Termahal dalam Sejarah BarcelonaFerran Torres (twitter.com/FerranTorres20)

Secara mengejutkan, Barcelona berhasil mendatangkan Ferran Torres dari Manchester City pada Januari 2022 ini. Dia diboyong dengan harga 55 juta euro atau sekitar Rp894 miliar plus bonus. Transfer ini cukup mengherankan. Pasalnya, kondisi keuangan Barcelona sedang buruk. Namun, terungkap jika pembayaran sang pemain ini akan dicicil selama 4 tahun.

Torres sendiri sebenarnya baru bergabung dengan Manchester City pada 2020 lalu usai ditebus dengan harga 33 juta euro atau sekitar Rp536 miliar. Dia mencatatkan 43 pertandingan untuk Manchester City dengan mengoleksi 16 gol dan 4 assist. Dia dikontrak hingga 2027 dan memiliki klausul pelepasan 1 miliar euro.

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Dibeli Klub LaLiga pada Transfer Musim Dingin

3. Geovanni

5 Transfer Musim Dingin Termahal dalam Sejarah BarcelonaGeovanni (as.com)

Barcelona memboyong Geovanni pada musim dingin 2002 dengan harga 20 juta euro atau sekitar Rp325 miliar dari Cruzeiro. Nilai itu membuatnya menjadi pemain termahal pada musim tersebut. Sayangnya, musim perdananya tidak berjalan dengan mudah. Dia hanya mampu mencetak 1 gol dari 21 laga LaLiga.

Geovanni kemudian dipinjamkan ke Benfica pada Januari 2003, sebelum dilepas permanen dengan status bebas transfer pada akhir musim. Pemain Brasil ini tampil dalam 43 laga bagi Blaugrana dengan torehan 3 gol dan 3 assist.

4. Martin Braithwaite

5 Transfer Musim Dingin Termahal dalam Sejarah BarcelonaMartin Braithwaite (twitter.com/MartinBraith)

Pembelian Martin Braithwaite sejatinya terjadi di luar jendela transfer musim dingin. Dia bergabung dengan Barcelona pada Februari 2020 usai ditebus dari Leganes dengan menebus klasul pelepasan seharga 18 juta euro atau sekitar Rp292 miliar. Transfer darurat ini terjadi usaiOusmane Dembele terpaksa absen hingga 6 bulan akibat cedera.

Aturan LaLiga membolehkan transfer ini terjadi karena memenuhi syarat darurat. Striker asal Denmark ini sudah tampil dalam 58 laga untuk Barcelona dengan mencetak 10 gol dan 5 assist.

5. Yerry Mina

5 Transfer Musim Dingin Termahal dalam Sejarah BarcelonaYerry Mina (fcbarcelona.com)

Yerry Mina bergabung dengan Barcelona pada musim dingin 2018 usai ditebus 12,4 juta euro atau sekitar Rp202 miliar dari Palmeiras. Kala itu, dia diplot sebagai antisipasi kepergian Javier Mascherano. Namun, bek asal Kolombia itu hanya tampil dalam enam laga untuk Barcelona.

Hal ini tidak lepas dari tawaran menggiurkan yang datang dari Everton. Ia kemudian dilepas pada akhir musim dengan harga 30 juta euro atau sekitar Rp488 miliar. Transfer ini menjadi bisnis yang sangat menguntungkan bagi Barcelona.

Kini, Blaugrana sedang membangun kembali kejaayaan mereka di bawah asuhan Xavi Hernandez sebagai pelatih. Salah satu langkah sudah dimulai dengan mendatangkan pemain top pada bursa transfer musim dingin ini.

Baca Juga: 5 Pembelian Termahal Klub Liga Inggris pada Transfer Musim Dingin

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya