Rekrutan Klub Raksasa EPL pada Bursa Transfer Musim Panas 2022

Salah satunya menjadi yang termahal dalam sejarah klub 

Bursa transfer musim panas telah ditutup pada awal September 2022 ini. Banyak pembelian pemain yang terjadi pada musim panas.

Sejumlah klub besar English Premier League (EPL) rela menggelontorkan uang demi merekrut pemain yang diinginkan. Berikut ini rekrutan klub raksasa EPL pada bursa transfer musim panas 2022.

6.  Tottenham Hotspur

Rekrutan Klub Raksasa EPL pada Bursa Transfer Musim Panas 2022Richarlison (twitter.com/premierleague)

Pada transfer musim panas, Tottenham Hotspur berhasil mendatangkan tujuh pemain anyar guna mengarungi Premier League 2022/2023. Spurs rela mengeluarkan biaya yang fantastis senilai 117 juta pound sterling atau sekitar Rp2 triliun untuk tujuh pemain tersebut.

Pemain anyar itu termasuk Ivan Perisic dan Fraser Forster yang dibeli secara bebas transfer, juga Clement Lenglet yang dipinjam dari Barcelona selama 1 musim. Selain itu, masih ada nama-nama seperti Yves Bissouma, Djed Spence, Destiny Udogie, dan bintang Timnas Brasil, Richarlison.

5.  Liverpool

Rekrutan Klub Raksasa EPL pada Bursa Transfer Musim Panas 2022Darwin Nunez (twitter.com/Darwinn99)

Pada awal 2022/2023, skuad Liverpool dihantam badai cedera sehingga kehilangan pemainnya selama beberapa pekan. Liverpool juga menjual beberapa pemainnya. Oleh sebab itu, mereka harus membeli pemain baru untuk mengisi posisi kosong yang ditinggal pemainnya.

Untuk merekrut pemain anyar, Liverpool merekrut Darwin Nunez seharga 85 juta pound sterling atau setara Rp1,4 triliun. Itu menjadi transfer termahal sepanjang sejarah Liverpool.

Selain Nunez, Liverpool juga mendatangkan pemain lainnya, seperti Calvin Ramsey, Fabio Carvalho, dan Arthur Melo. Liverpool mengeluarkan total 98 juta pound sterling atau seharga Rp1,6 triliun untuk memboyong empat pemain tersebut.

4.  Arsenal 

Rekrutan Klub Raksasa EPL pada Bursa Transfer Musim Panas 2022Gabriel Jesus (twitter.com/gabrieljesus9)

Pada musim lalu,  Arsenal mendapat hasil yang mengecewakan dengan hanya bertengger di posisi lima klasemen Premier League. Oleh sebab itu, mereka tidak bisa mengikuti UEFA Champions League (UCL).

Arsenal kini berbenah dengan membeli pemain baru guna mengisi kekurangan di tiap posisi. Mereka berusaha untuk mempunyai kedalaman tim yang kuat.

Pada transfer musim panas ini, Arsenal memboyong lima pemain baru dengan mengeluarkan biaya senilai 122 juta pound sterling atau senilai Rp2 triliun. Pemain-pemain yang didatangkan adalah Matt Turner, Marquinhos, Fabio Vieira, Oleksandr Zinchenko, dan Gabriel Jesus.

Baca Juga: 5 Catatan Gol Terakhir Gabriel Jesus di Premier League, Potensial!

3.  Manchester City

Rekrutan Klub Raksasa EPL pada Bursa Transfer Musim Panas 2022Erling Haaland (twitter.com/OfficialFPL)

Manchester City sebenarnya memiliki skuad yang mumpuni. Pep Guardiola bahkan berhasil membawa Manchester City menjuarai Premier League musim lalu. Namun, Guardiola belum puas dengan skuad saat ini. Ia pun mendatangkan sejumlah pemain top Eropa.

Manchester City berhasil mendatangkan pemain-pemain top Eropa, seperti Manuel Akanji, Sergio Gomez, Stefan Ortega, Kalvin Phillips, dan Erling Haaland dengan biaya sebesar 138 juta pound sterling atau setara dengan Rp2,3 triliun.

2.  Manchester United 

Rekrutan Klub Raksasa EPL pada Bursa Transfer Musim Panas 2022Antony (twitter.com/premierleague)

Pada transfer musim panas ini, Manchester United jorjoran mendatangkan sejumlah pemain baru guna memenuhi keinginan pelatih anyar, Erik ten Hag. Ten Hag menginginkan sejumlah pemain baru yang sesuai dengan strategi yang akan ia terapkan.

Merekrut pemain yang ia inginkan rupanya tidak semulus itu. Erik ten Hag awalnya menginginkan gelandang seperti Frenkie de Jong, tetapi The Red Devils gagal mendapatkannya.

Akhirnya, MU mendapatkan gelandang baru, yaitu Casemiro. Selain itu, mereka juga mendatangkan nama-nama seperti Tyrell Malacia, Christian Eriksen, Lisandro Martinez, Martin Dubravka, dan Antony. Manchester United harus mengeluarkan biaya sebesar 214 juta pound sterling atau sekitar Rp3,6 triliun.

1.  Chelsea 

Rekrutan Klub Raksasa EPL pada Bursa Transfer Musim Panas 2022Raheem Sterling (twitter.com/sterling7)

Setelah era Roman Abramovich, Chelsea dimiliki pengusaha asal Amerika Serikat, Todd Boehly. Sang pemilik bergegas melakukan pembenahan skuad Chelsea. Salah satunya dengan membeli beberapa pemain.

Pada transfer musim panas ini, Chelsea sudah menghabiskan sekitar 254 juta pound sterling atau senilai Rp4 triliun untuk mendatangkan sembilan pemain baru ke Stamford Bridge. Sembilan pemain baru itu di antaranya Raheem Sterling, Kalidou Koulibaly, Gabriel Slonina, Carney Chukwuemeka, Marc Cucurella, Cesare Casadei, Wesley Fofana, Pierre-Emerick Aubameyang, dan Denis Zakaria.

Klub-klub di atas bersaing satu sama lain untuk menjadi juara Liga Inggris dengan cara merekrut pemain anyar. Pemain-pemain itu diharapkan bisa membawa perubahan bagi tim.

Baca Juga: Perbandingan Erling Haaland dan Sergio Aguero di 5 Laga Pertama EPL

Firmansyah 19cahyo Photo Writer Firmansyah 19cahyo

Siapaaaa kek

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya