Comscore Tracker

Asian Games 2018: Indonesia 3-0 Laos, Kado Manis untuk HUT RI

Dua gol disumbangkan Alberto Goncalves

Bekasi, IDN Times - Tim Nasional (Timnas) Indonesia berhasil menekuk lutut Laos dalam lanjutan pertandingan sepak bola putra di ajang Asian Games 2018 yang berlangsung di Stadion Patriot Chandrabagha, Bekasi, Jumat (17/8).

Tidak tanggung-tanggung, Indonesia berhasil menang dengan selisih angka yang sangat jauh yaitu 3-0, dua diantaranya disumbangkan oleh pemain bernomor punggung 9 Alberto Goncalves.

1. Gol pertama Alberto Goncalves bangkitkan semangat pemain Timnas

Asian Games 2018: Indonesia 3-0 Laos, Kado Manis untuk HUT RIINASGOC/Hery Sudewo

Sejak menit pertama pertandingan, Hansamu Yama cs. terus menggempur pertahanan lawan sehingga membuat kocar kacir anak asuh dari Mike Wong tersebut.

Gol di menit ke-13 dari Alberto Goncalves hasil umpan cantik dari pemain bernomor punggung 10 Lilipaly berhasil memecah skor di babak pertama dan membuat Indonesia unggul 1-0 dari Laos hingga turun minum.

Baca Juga: Asian Games 2018: Babak Pertama, Indonesia Unggul 1-0 dari Laos

2. Babak kedua Timnas Indonesia terus menggempur pertahanan lawan

Asian Games 2018: Indonesia 3-0 Laos, Kado Manis untuk HUT RIINASGOC/Hery Sudewo

Indonesia, yang diatas kertas memang lebih diunggulkan ketimbang Laos, semakin menyulitkan pertahanan lawan di babak kedua.

Paruh kedua yang baru berjalan 2 menit, sudah membuat kiper Laos harus kembali memungut bola dari jalanya. Tendangan keras melalui kaki kiri Alberto Goncalves hasil dari umpan Saddil Ramdani ini tidak berhasil dipatahkan oleh kiper Laos Saymanolinh Paseuth dan mengubah kedudukan menjadi 2-0.

3. Menit ke-74, Indonesia mencetak gol ke-3

Asian Games 2018: Indonesia 3-0 Laos, Kado Manis untuk HUT RIINASGOC/Hery Sudewo

Unggul dua gol tidak membuat anak asuh Luis Milla mengendurkan permainan. Pergantian pemain dilakukan untuk terus bisa menggempur pertahanan lawan. 

Di menit 62 pelatih asal Spanyol ini menurunkan Irfan Jaya yang menyumbang satu gol melawan Palestina dengan menggantikan Saddil Ramdani dan 10 menit kemudian disusul Ilham Udin yang masuk menggantikan Alberto Goncalves.

 

Strategi dari Luis Milla rupanya ampuh, menit ke-74 Indonesia berhasil menambah perolehan angka lewat kaki Ricky Fajrin hasil umpan lambung dari sang kapten Hansamu Yama sekaligus menutup pertandingan dengan skor 3-0 untuk tuan rumah.

4. Kemenangan Timnas merupakan kado indah untuk HUT Kemerdekaan Indonesia

Asian Games 2018: Indonesia 3-0 Laos, Kado Manis untuk HUT RIINASGOC/Hery Sudewo

Kemenangan Timnas Indonesia sendiri menjadi kado terindah di Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia. Kemenangan ini disambut dengan sujud syukur dari Hansamu Yama dak kawan-kawan.

5. Indonesia masih menyisakan satu pertandingan lagi untuk lolos di fase penyisihan

Asian Games 2018: Indonesia 3-0 Laos, Kado Manis untuk HUT RIINASGOC/Hery Sudewo

Dengan kemenangan 3-0 yang diraih hari ini tidak serta-merta memuluskan langkah Indonesia untuk lolos di babak penyisihan. Indonesia harus memastikan kemenangan di pertandingan berikutnya bila ingin lolos dari fase penyisihan grup.

Di pertandingan berikutnya, Indonesia akan menjamu Hongkong pada Senin (20/8). Timnas harus bisa memetik poin penuh dari pertandingan tersebut.

Untuk diketahui, sampai saat ini Indonesia sendiri telah menjalani tiga kali pertandingan dimana dua di antaranya menang dan satu kali kalah.

Baca Juga: Mau Nonton Asian Games? Pengunjung Wajib Tahu Peraturan Ini

Line IDN Times

Topic:

  • Yogie Fadila

Just For You