Di Balik Ketajamannya, Beto Goncalves Ternyata Penyayang Keluarga Lho

Dikenal sebagai pemain yang tangguh dilapangan

Jakarta, IDN Times - Tim Nasional (Timnas) sepak bola Indonesia baru saja merayakan kemenangan dalam kelanjutan babak penyisihan grup A di ajang Asian Games 2018 melawan Laos dengan skor yang cukup telak yaitu 3-0.

Kemenangan anak asuh Luis Milla ini tentu tidak luput dari kerjasama tim yang baik dalam menjaga pertahanan dan membangun serangan demi serangan hingga menyarangkan 3 gol ke gawang lawan.

Namun ada sosok yang menarik dalam pertandingan yang berlangsung Jumat (17/8) di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi tersebut. Dua gol berhasil dicetak melalui kaki emas Alberto Goncalves yang sekaligus menempatkan dirinya sebagai Man of the Match dalam laga ini.

Nah bagi kalian yang belum mengenal pria yang kerap disapa Beto ini, IDN Times telah merangkumnya untuk kalian.

1. Beto merupakan pemain naturalisasi

Di Balik Ketajamannya, Beto Goncalves Ternyata Penyayang Keluarga LhoAntara FOTO/Hery Sudewo

Baca Juga: 4 Fakta Menarik Beto Goncalves, Pencetak 2 Gol Timnas ke Gawang Laos

Alberto Goncalves Da Costa, ya begitulah nama lengkap pria kelahiran Brasil, 31 Desember 1980 ini. Ia merupakan pemain naturalisasi yang baru saja dipanggil oleh Luis Milla pada bulan Mei lalu untuk bergabung di timnas U-23 sebagai opsi pemain senior yang akan dibawa pada ajang Asian Games 2018.

Beto memulai debut pada 31 Mei 2018 saat laga persahabatan melawan Thailand. Meskipun Indonesia gagal meraih poin penuh namun pria berusia 37 tahun tersebut memberikan permainan yang sangat baik dengan memberikan satu assist untuk gol Septian David Maulana.

2. Pemain Sriwijaya FC

Di Balik Ketajamannya, Beto Goncalves Ternyata Penyayang Keluarga LhoAntara FOTO/Hery Sudewo

Beto tercatat saat ini tengah merumput di Liga utama Indonesia yaitu Sriwijaya FC. Tim berjuluk Laskar Wong Kito ini merekrut pemain bernomor punggung 9 tersebut pada Tahun 2016 lalu dari klub asal Malaysia, Penang FA.

Klub yang bermarkas di Palembang ini tidak sia-sia merekrut Beto, puluhan gol berhasil ia toreh dan membuat Sriwijaya FC menjadi salah satu klub yang paling disegani di kancah liga eliteIndonesia.

Beto bukan baru kali ini saja bergabung dengan klub asal Indonesia Sriwijaya FC. Ia memulai debutnya di liga Indonesia dengan bergabung di Persipura Jayapura pada 2007 silam. Namun, di sana ia tidak bertahan lama hingga 2010 Beto harus hijrah ke Persijap Jepara dengan bermain setengah musim pada tahun 2010-2011.

Lepas dari Persijap Jepara, Beto kembali bergabung dengan Persipura Jayapura di musim 2011-2012, tidak berselang lama tawaran datang dari Arema Cronus, di sana ia bermain selama dua musim hingga 2014 dan akhirnya bergabung di Sriwijaya FC pada 2016.

3. Sosok pria penyayang keluarga

Di Balik Ketajamannya, Beto Goncalves Ternyata Penyayang Keluarga LhoINASGOC/Carlie

Dalam setiap laga penampilannya hanya keluarga lah yang menjadi motivasinya untuk bisa bermain sebaik mungkin. Beto memiliki seorang istri asal Indonesia yaitu Rosmala Dewi. Dari pernikahannya dengan Rosmala, Beto diberikan sepasang keturunan.

Beto sendiri sempat bergabung bersama klub asal Malaysia, Penang FC pada tahun 2015 dengan kontrak yang tinggi, namun kecintaanya terhadap keluarga membuatnya tidak bisa lama-lama meninggalkan keluarga kecil tersebut dan langsung bergabung dengan Sriwijaya FC pada 2016.

Baca Juga: Asian Games: Lawan Hong Kong, Pertaruhan Terakhir Timnas Indonesia

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya