Tanpa Ibrahimovic, Ini Jurus Swedia Hadapi Piala Dunia

Katanya sih jadi lebih kompak

Piala Dunia kali ini terasa lain untuk tim nasional Swedia. Betapa tidak, mereka berlaga tanpa pemain bintangnya, Zlatan Ibrahimovic. Lalu bagaimana tim besutan Janne Andersson mengatur strategi untuk memenangkan laga sepak bola terbesar di dunia?

1. Andalkan Emil Forsberg

Tanpa Ibrahimovic, Ini Jurus Swedia Hadapi Piala Duniainstagram.com/@eforsberg10

Selepas kepergian Ibra, Forsberg menunjukkan keahliannya sebagai pemain sayap The Blue-Yellow. Pada babak kua­li­fikasi, pria berusia 26 tahun ini mencetak 4 gol dan 1 umpan. Dia menciptakan drible dan umpan silang yang berkualitas.

Forsberg dikenal sebagai seorang pelari kuat dengan pergerakan yang cerdas serta jarak umpan yang baik. Pemain club RB Leipzig ini juga tampil cemerlang dan konsisten untuk club dan timnas selama dua tahun.

2. Tanpa Ibra, Swedia tetap kompak

Tanpa Ibrahimovic, Ini Jurus Swedia Hadapi Piala Duniainstagram.com/@swemnt

Andersson mengakui kekompakan timnya selama babak kualifikasi tanpa kehadiran Ibrahimovic. "Kami me­mi­liki banyak pahlawan. Ketika Ibrahimovic di sini bersama kami. Kami memainkan gaya sepak bola yang berbeda,” ujar Andersson yang dilansir dari ESPN.

Untuk itu, Andersson mempertahankan skuatnya dari babak kualifikasi yaitu :

Kiper:

Robin Olsen (FC Copenhagen), Karl-Johan Johnsson (Guingamp), Kristoffer Nordfeldt (Swansea City)

Pemain Belakang: 

Mikael Lustig (Celtic), Victor Nilsson-Lindelof (Manchester United), Andreas Granqvist (Krasnodar), Martin Olsson (Swansea City), Ludwig Augustinsson (Werder Bremen), Filip Helander (Bologna), Pontus Jansson (Leeds United), Emil Krafth (Bologna)

Pemain Tengah: 

Emil Forsberg (RB Leipzig), Albin Ekdal (Hamburg), Viktor Claesson (Krasnodar), Gustav Svensson (Seattle Sounders), Sebastian Larsson (Hull City), Jimmy Durmaz (Toulouse), Oscar Hiljemark (Genoa), Marcus Rohden (Crotone)

Depan: 

Marcus Berg (Al-Ain), Ola Toivonen (Toulouse), John Guidetti (Celta Vigo), Isaac Kiese-Thelin (Waasland-Beveren)

3. Pernah tampil di final Piala Dunia

Tanpa Ibrahimovic, Ini Jurus Swedia Hadapi Piala Duniainstagram.com/@swemnt

Meskipun sudah 11 kali tampil di piala dunia sejak 1934, Swedia baru sekali mencicipi laga final piala dunia pada tahun 1958. Kala itu, Swedia kalah dari Brazil dengan skor 5-2. Setelah itu, kedudukan tertinggi yang diraih hanya sampai semifinal selama tiga kali hingga 1994.

Pertemuan Swedia dengan Brazil tidak hanya pada babak final 1934. Kedua negara ini bertemu 7 kali di piala dunia dan Swedia selalu gagal memenangkan pertandingan-pertandingan itu.

4. Akan hadapi Jerman di fase grup

Tanpa Ibrahimovic, Ini Jurus Swedia Hadapi Piala Duniainstagram.com/@swemnt

Namun kepercayaan diri Andersson patut diuji dibabak awal piala dunia. Swedia akan menghadapi juara Piala Dunia sebelumnya, Jerman. Selain itu mereka akan bertemu dengan raksasa Meksiko dan macan asia Korea Selatan.

Berikut adalah jadwal pertandingan Swedia :

Senin 18 Juni - Swedia vs Korea Selatan, Nizhny Novgorod Stadium, Nizhny Novgorod

Sabtu 23 Juni - Jerman vs Swedia, Fisht Olympic Stadium, Sochi

Rabu 27 Juni - Meksiko vs Swedia, Central Stadium, Yekaterinburg

Topik:

  • Sugeng Wahyudi
  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya