Comscore Tracker

5 Fakta Senol Gunes, Sosok yang Bawa Turki ke Semi Final Piala Dunia

Pelatih dibalik keberhasilan Turki di Piala Dunia 2002

Baru-baru ini, manajer sekaligus pelatih Turki Senol Gunes telah mengundurkan diri dari pekerjaannya sebagai juru taktik tim Bulan Sabit Bintang itu menyusul kekalahan memalukan dari Belanda di kualifikasi Piala Dunia 2022. Federasi Sepak Bola Turki mengatakan dalam sebuah pernyataan, Gunes telah mencapai keputusan bersama untuk berpisah menyusul kekalahan telak 6-1 pada hari, Selasa, (14/9/2021), di Amsterdam.

Ini merupakan kali kedua Senol Gunes mengalami masa sulit saat menjadi juru taktik timnas Turki setelah tahun 2004 ia gagal membawa Turki lolos ke Piala Eropa. Akan tetapi, Senol Gunes juga memiliki catatan apik dan fakta menarik selama ia menjalani kariernya sebagai pelatih.

Penasaran fakta menarik dari seorang Senol Gunes ini? Mari simak pembahasan berikut!

1. Berposisi sebagai kiper saat masih jadi pemain

5 Fakta Senol Gunes, Sosok yang Bawa Turki ke Semi Final Piala Duniapotret Senol Gunes kala masih bermain (facebook/futbolgazetesi)

Saat masih menjadi seorang pemain, Senol Gunes menjalani debut amatirnya pada tahun 1967 di klub Erdogdu Genclik sebagai kiper. Pada tahun 1970, Senol Gunes menjalani debut seniornya di klub divisi ke 3 liga Turki, Sebat Genclik. Di klub ini Senol Gunes dikontrak selama 2 tahun dan mencatatkan 57 penampilan.

Nah, setelah kontraknya di Sebat Genclik usai, pada tahun 1972 Senol Gunes pindah ke klub divisi 1 Liga Turki, Trabzonspor. Ia bermain bersama Trabzonspor selama dua belas tahun dan mencatatkan 424 penampilan. Senol Gunes juga pernah mencatatkan 31 caps di timnas Turki. Pada tahun 1987, Senol Gunes memutuskan berhenti sebagai pemain dan memulai karier kepelatihannya.

2. Membawa Turki ke semi final Piala Dunia 2002

5 Fakta Senol Gunes, Sosok yang Bawa Turki ke Semi Final Piala Duniapotret Senol Gunes saat merayakan kemenangan di Piala Dunia 2002 (facebook/fifaworldcup)

Piala Dunia 2002 mungkin menjadi prestasi yang paling menonjol untuk Senol Gunes. Bagaimana tidak, ia berhasil membawa Turki melaju ke babak semi final Piala Dunia. Sayangnya, di semi final Turki kalah tipis 1-0 saat melawan Brazil yang akhirnya keluar sebagai juara.

Di laga perebutan juara tiga, Turki menghadapi Korea Selatan yang berstatus sebagau tuan rumah. Turki menang dengan skor tipis 2-3 yang sekaligus menempatkannya di posisi ketiga Piala Dunia 2002.

Baca Juga: Akhir Cerita Piala Konfederasi, Piala sang Raja untuk Dunia

3. Dipecat sebagai pelatih Turki dua tahun usai menjadi juara 3 Piala Dunia 2002

5 Fakta Senol Gunes, Sosok yang Bawa Turki ke Semi Final Piala Duniapotret Senol Gunes saat Piala Dunia 2002 (turksporu.com)

Pada tahun 2004, Senol Gunes gagal membawa timnas Turki ke Piala Eropa karena kalah memalukan 1-0 saat menghadapi Latvia di babak play-off. Hal ini yang menyebabkan Gunes didepak dari jabatannya di timnas Turki.

Bisa dibilang saat itu merupakan masa terburuk Senol Gunes selama karier kepelatihannya untuk timnas Turki. Hal ini berbanding terbalik dengan pencapaian terbaiknya dua tahun sebelumnya di Piala Dunia 2002 di Jepang-Korea.

4. Mendapatkan banyak tawaran untuk menjadi pelatih klub setelah bawa Turki juara ketiga Piala Dunia

5 Fakta Senol Gunes, Sosok yang Bawa Turki ke Semi Final Piala Duniapotret Senol Gunes saat menginstruksikan pemain (apa.az)

Setelah membawa Turki menempati posisi ketiga di Piala Dunia 2002, Gunes mendapatkan banyak tawaran dari beberapa klub yang berasal dari Yunani, Brazil, Spanyol, hingga Korea Selatan. Namun, Gunes memilih tetap melatih timnas Turki hingga masa kontraknya habis.

5. Pernah melatih tim asal Korea Selatan FC Seoul

5 Fakta Senol Gunes, Sosok yang Bawa Turki ke Semi Final Piala Duniapotret Senol Gunes saat melatih Klub asal Korea Selatan (wikimedia.org)

Dilansir dari fcseoul.com, pada tanggal 8 Desember 2006, FC Seoul mengumumkan kontrak tiga tahun mereka dengan Senol Gunes mulai tahun 2007. Di klub ini, Gunes menjalani 112 pertandingan dengan mencatatkan 55 kemenangan, 30 hasil seri, dan 27 kekalahan.

Pencapaian terbaik Gunes selama dua tahun melatih FC Seoul di Korea Selatan ialah saat Gunes berhasil membawa FC Seoul menjadi runner-up Piala Liga Korea pada tahun 2007 dan runner-up K-League pada tahun 2008.

Itulah beberapa fakta yang dimiliki oleh Senol Gunes, sosok pelatih yang pernah membawa timnas Turki ke semi final Piala Dunia 2002. Kemana Senol Gunes akan melabuhkan karier kepelatihannya setelah ini?

Fitrns B. Photo Verified Writer Fitrns B.

YNKTS :o

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya