6 Pemain Termahal di Gelaran Piala AFF 2022, Jordi Amat Teratas!

Ada dua nama pemain Indonesia di daftar ini

Meski tidak masuk ke dalam kalender FIFA, turnamen Piala AFF setiap edisinya memang selalu menarik untuk disaksikan. Untuk Piala AFF 2022 sendiri, sederet pelatih dari tim yang berpartisipasi sudah mempersiapkan diri dengan memanggil pemain-pemain terbaik dari negara mereka.

Di antara pemain terbaik dari masing-masing tim tersebut, ada di antara mereka yang memiliki harga pasar tertinggi. Siapa saja pemain yang memiliki harga pasar termahal di Piala AFF 2022? Langsung simak ulasannya berikut, yuk!

1. Jordi Amat (Rp17,38 miliar)

6 Pemain Termahal di Gelaran Piala AFF 2022, Jordi Amat Teratas!potret Jordi Amat (instagram.com/@jordiamat5)

Jordi Amat menempatkan urutan pertama sebagai pemain termahal Piala AFF 2022. Pemain yang kini bermain untuk klub raksasa Malaysia Johor Darul Takzim ini dibanderol dengan nilai pasar sebesar 1 juta euro atau setara dengan Rp17,38 miliar. Jordi Amat mengawali debutnya di Timnas Indonesia ketika bersua Kamboja di Piala AFF 2022. Saat itu, Timnas Indonesia berhasil menang dengan skor tipis 2-1.

Jika dilihat dari jejak karier sepak bolanya, Jordi Amat memang sudah malang melintang bermain di berbagai klub Eropa. Sebut saja RCD Espanyol, Real Betis, Rayo Vallecano, Swansea City, hingga yang terakhir ia membela klub Belgia, KAS Eupen. Kehadiran Jordi Amat di skuad Timnas Indonesia diharapkan mampu berkontribusi membawa Indonesia menjadi kampiun Piala AFF untuk pertama kalinya. 

2. Theerathon Bunmathan (Rp9,8 miliar)

6 Pemain Termahal di Gelaran Piala AFF 2022, Jordi Amat Teratas!potret Theerathon Bunmathan (instagram.com/@theeraton_3)

Di urutan kedua ada nama kapten Timnas Thailand, Theerathon Bunmathan. Pemain yang kini bermain untuk klub Buriram United ini memiliki nilai pasar mencapai 600 ribu euro atau setara dengan Rp9,8 miliar. Dilansir transfermarkt, Theerathon Bunmathan pernah mencapai nilai pasar tertingginya hingga 1 juta euro atau setara Rp17,38 miliar saat dirinya masih bermain di klub J1 League, Yokohama F Marinos.

Theerathon Bunmathan sendiri memulai debutnya dengan Timnas Thailand senior pada tahun 2010. Sejak debutnya itu ia telah mencatat 6 gol dan 17 assist dari 73 pertandingan bersama Timnas Thailand. Pemain yang saat ini berusia 32 tahun ini memang selalu menjadi andalan di Timnas Thailand.

3. Irfan Fandi (Rp8,69 miliar)

6 Pemain Termahal di Gelaran Piala AFF 2022, Jordi Amat Teratas!potret Irfan Fandi (instagram.com/@irfanfandi17)

Seperti yang kita ketahui, Irfan Fandi merupakan anak dari legenda sepakbola Singapura Fandi Ahmad. Dilansir transfermarkt, Irfan Fandi yang kini bermain untuk klub Thailand BG Pathum United memiliki nilai pasar mencapai 500 ribu euro atau setara dengan Rp8,69 miliar.

Sejak debut di Timnas Singapura senior pada tahun 2016, pemain yang memiliki tinggi badan mencapai 186 cm ini memang selalu menjadi andalan di lini belakang Timnas Singapura. Irfan Fandi sendiri mencatatkan 1 gol dan 1 assist dari 45 penampilannya bersama Timnas Singapura senior.

Baca Juga: 5 Tim Nasional Termahal di Piala AFF 2022

4. Marc Klok (Rp7,8 miliar)

6 Pemain Termahal di Gelaran Piala AFF 2022, Jordi Amat Teratas!potret Marc Klok (instagram.com/@marcklok)

Dilansir laman transfermarkt, Mark Anthony Klok memiliki nilai pasar sebesar 450 ribu euro atau setara Rp7,8 miliar. Hal ini membuat dirinya bertengger di posisi keempat dalam daftar pemain termahal yang bermain di Piala AFF 2022. Pesepak bola keturunan Bugis-Belanda ini resmi menjadi WNI pada November 2020 setelah melewati proses naturalisasi.

Pemain jebolan akademi sepak bola FC Utrecht ini melakukan debut bersama Timnas Indonesia pada tahun 2022. Saat itu, dirinya mendapat panggilan dari pelatih timnas Shin Tae Yong untuk bermain di Sea Games 2021 Hanoi.

Setelah itu dirinya kembali membela Timnas Garuda saat Kualifikasi Piala Asia. Sejak debutnya tersebut Klok mencetak 2 gol dari 11 pertandingan bersama timnas.

5. Sarach Yooyen (Rp6,95 miliar)

6 Pemain Termahal di Gelaran Piala AFF 2022, Jordi Amat Teratas!potret Sarach Yooyen (instagram.com/@tangsr_6)

Sarach Yooyen menjadi pemain termahal kedua di Timnas Thailand sekaligus kelima di Piala AFF 2022. Pemain yang kini bermain untuk klub BG Pathum United ini memiliki nilai pasar mencapai 400 ribu euro atau setara dengan Rp6,95 miliar.

Baik di klub maupun di timnas dirinya selalu bermain diposisi gelandang tengah dalam peran playmaker. Dari segi permainan dirinya memiliki visi serta kemampuan umpan akurat. Pemain berusia 30 tahun ini mengawali debutnya di Timnas Thailand senior pada tahun 2013. Sejak debut, dirinya mencatatkan 3 gol dan 3 assist dari 60 pertandingan. 

6. Nguyen Quang Hai (Rp6,95 miliar)

6 Pemain Termahal di Gelaran Piala AFF 2022, Jordi Amat Teratas!Nguyen Quang Hai (instagram.com/@nguyenquanghai12041997)

Di urutan keenam ada nama pemain Timnas Vietnam, Nguyen Quang Hai. Pemain yang kini bermain untuk klub Ligue 2 Prancis, Pau FC, ini memiliki nilai pasar yang sama dengan Sarach Yooyen, yakni sebesar 400 ribu euro atau setara dengan Rp6,95 miliar.

Pemain yang mengawali karier sepakbola di Hanoi FC ini memulai debut di Timnas Vietnam senior pada tahun 2017. Sejak debut, pemain yang kini berusia 25 tahun tersebut sudah mencatatkan 10 gol dan 5 assist dari 45 penampilannya bersama Vietnam.

Kelima pemain termahal di Piala AFF 2022 diprediksi bakal memainkan peran penting untuk timnas masing-masing. Mampukah mereka membawa tim nasional negaranya menjadi juara Piala AFF 2022?

Baca Juga: 3 Calon Pembeda Duel Brunei Vs Indonesia di Piala AFF 2022

Fitran Briliano Photo Verified Writer Fitran Briliano

Just a human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya