5 Pemain Termahal di Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022

Didominasi pemain naturalisasi!

Digelaran Piala AFF 2022, Timnas Indonesia tergabung di Grub A bersama Thailand, Kamboja, Brunei Darussalam, dan Filipina. Timnas Garuda sendiri akan menjamu Kamboja di SUGBK pada laga pertama yang berlangsung pada hari Jumat, 23 Desember 2022 lalu.

Untuk melakoni turnamen antar negara-negara ASEAN tersebut, pelatih timnas Indonesia Shin Tae Yong secara resmi mengumumkan 23 pemain yang akan bermain di Piala AFF 2022. Hal ini disampaikan dirinya pada Senin, 19 Desember 2022, melalui akun Instagram resmi PSSI. Namun di antara 23 pemain tersebut kira-kira siapa ya, pemain timnas Indonesia yang memiliki nilai pasar tertinggi?

1. Jordi Amat (Rp17,3 miliar)

5 Pemain Termahal di Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022potret Jordi Amat (instagram.com/@jordiamat5)

Dicoretnya pemain naturalisasi termahal timnas Indonesia, Sandy Walsh, membuat Jordi Amat menempatkan urutan pertama sebagai pemain termahal di skuat Garuda untuk Piala AFF 2022. Pemain yang kini bermain untuk klub raksasa Malaysia, Johor Darul Takzim, ini dibandrol dengan nilai pasar sebesar Rp17,3 miliar.

Jika dilihat dari jejak karir sepak bolanya, Jordi Amat memang sudah malang melintang bermain di berbagai klub Eropa. Sebut saja RCD Espanyol, Real Betis, Rayo Vallecano, Swansea City, hingga yang terakhir ia membela klub Belgia KAS Eupen. Pengalaman Jordi Amat saat bermain di klub-klub Eropa tersebut diharapkan mampu menjadi pembeda disquad timnas Garuda yang akan berlaga di Piala AFF 2022.

2. Marc Klok (Rp7,8 miliar)

5 Pemain Termahal di Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022potret Marc Klok (instagram.com/@marcklok)

Di urutan kedua ada nama gelandang Persib Bandung Marc Anthony Klok. Dilansir transfermarkt.com, pemain 29 tahun ini memiliki nilai pasar sebesar 475 ribu euro atau setara dengan Rp7,8 miliar. Pesepak bola keturunan Bugis-Belanda ini resmi menjadi WNI pada November 2020 setelah melewati proses naturalisasi.

Pemain jebolan akademi sepak bola FC Utrecht ini melakukan debut bersama timnas Indonesia pada tahun 2022. Saat itu dirinya mendapat panggilan dari pelatih timnas Shin Tae Yong untuk bermain di Sea Games 2021 Hanoi. Setelah itu dirinya kembali membela timnas Garuda saat Kualifikasi Piala Asia. Sejak debutnya tersebut Klok mencetak 2 gol dari 11 pertandingan bersama timnas.

Baca Juga: Pemain Paling Senior Timnas Indonesia yang Bertarung di Piala AFF 2022

3. Ilija Spasojević (Rp5,65 miliar)

5 Pemain Termahal di Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022potret Spaso Latihan (instagram.com/@spasogoal.9)

Stiker bernomor punggung 9 yang kini bermain untuk klub Bali United ini dibandrol dengan nilai pasar sebesar Rp5,65 miliar. Pemain yang lahir di Montenegro ini mengawali karier senior sepak bolanya di klub Serbia, Vojvodina, pada tahun 2005. Kemudian dirinya pindah ke Indonesia pada tahun 2011. Spaso sendiri baru mendapatkan status WNI pada tahun 2017. 

Spaso melakoni debut pertamanya di timnas Indonesia pada 18 November 2017. Ketika itu dirinya dipanggil oleh juru taktik asal Spanyol, Luis Milla, untuk memperkuat timnas saat menghadapi Suriah di FIFA matchday.   

4. Asnawi Mangkualam (Rp5,6 miliar)

5 Pemain Termahal di Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022potret Asnawi Mangkualam (instagram.com/@asnawi_bhr)

Pemain yang kini bermain untuk klub divisi kedua liga Korea Selatan, Ansan Greeners, ini menempati posisi keempat sebagai pemain termahal yang dipanggil Shin Tae Yong untuk Piala AFF 2022. Mampu tampil impresif bersama Ansan Greeners membuat dirinya memiliki nilai transfer sebesar Rp5,6 miliar.

Pemain yang bermain diposisi bek kanan ini mengawali debutnya bersama timnas senior pada tahun 2017. Saat itu Asnawi baru berusia 17 tahun. Sejak debutnya tersebut Asnawi setidaknya sudah mencetak 1 gol, dan 4 Assist dari 23 pertandingan. 

5. Pratama Arhan (Rp5,3 miliar)

5 Pemain Termahal di Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022potret Pratama Arhan (instagram.com/@pratamaarhan8)

Diurutan kelima ada nama pemain Tokyo Verdy, Pratama Arhan. Dilansir dari transfermarkt.com, pemain jebolan akademi sepak bola PSIS Semarang ini memiliki nilai transfer sebesar Rp5,3 miliar. Bersama Tokyo Verdy, Arhan baru mencatatkan 1 pertandingan sejak dirinya direkrut pada 16 Februari 2022 lalu.

Bek kiri yang memiliki ciri khas lemparan jarak jauhnya ini memang selalu menjadi andalan pelatih Shin Tae Yong sejak debutnya bersama timnas senior pada 2021 lalu. Tercatat sejak sebutnya bersama timnas senior Arhan mencetak setidaknya 3 gol, dan 4 assist dari 22 pertandingan.

Dengan materi pemain yang terbilang bagus, tentunya Shin Tae Yong sebagai Headcoach timnas Indonesia memiliki target untuk menjuarai Piala AFF 2022. Namun, mampukah 5 pemain termahal tadi membawa timnas Indonesia Juara Piala AFF untuk pertama kalinya?

Baca Juga: 5 Debutan Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Ada Satu Naturalisasi!

Fitran Briliano Photo Verified Writer Fitran Briliano

Just a human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya