5 Tim Nasional Termahal di Piala AFF 2022

Mampukah kelima tim termahal ini tunjukkan kualitasnya?

Tabuh Piala AFF 2022 sudah mulai benderang. Sebanyak 10 tim dari negara-negara Asia Tenggara siap menunjukkan penampilan terbaik mereka di turnamen ini. Sederet pelatih dari tim-tim yang akan bertanding tersebut telah mempersiapkan skuad asuhannya dengan memanggil para pemain-pemain terbaik. 

Namun, di antara 10 kontestan yang bertanding di Piala AFF 2022 ini, skuad dari negara manakah yang memiliki status sebagai tim dengan skuad termahal di Piala AFF 2022? Langsung aja intip informasinya lewat ulasan berikut, yuk!

1. Timnas Vietnam (Rp106,3 miliar)

5 Tim Nasional Termahal di Piala AFF 2022potret timnas Vietnam (vietnamnews.vn)

Di posisi pertama ada skuad Timnas Vietnam. Tim nasional yang dinahkodai oleh juru taktik asal Korea Selatan, Park Hang-Seo, ini memiliki nilai pasar mencapai 6,43 juta euro atau setara dengan Rp106,3 miliar. Jika dilihat dari nilai transfer keseluruhan tim, pemain-pemain Vietnam memiliki nilai pasar yang cukup merata.

Dilansir transfermarkt.com, status pemain termahal di skuad Timnas Vietnam dipegang oleh Nguyen Quang Hai dan Nguyen Hoang Duc. Kedua pemain tersebut memiliki nilai pasar mencapai 400 ribu euro atau setara dengan Rp6,6 miliar.

Memiliki skuad dengan nilai pasar tertinggi di Piala AFF 2022 bikin Vietnam jadi favorit merebut gelar juara. Jika Vietnam kembali menjadi kampiun, tentunya ini merupakan hadiah untuk Park Hang-Seo yang akan mengakhiri jabatannya sebagai pelatih Vietnam pada Januari 2023 mendatang.

2. Timnas Indonesia (Rp105 miliar)

5 Tim Nasional Termahal di Piala AFF 2022potret squad timnas Garuda (instagram.com/@pssi)

Hadirnya pemain naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat mendongkrak nilai pasar Timnas Garuda. Bagaimana tidak, Sandy Walsh sendiri memiliki nilai pasar sebesar 2 juta euro atau setara Rp34 miliar. Sementara Jordi Amat memiliki nilai pasar 1 juta euro atau setara dengan Rp17,3 miliar.

Namun, dicoretnya Sandy Walsh dari skuad Timnas Indonesia karena tidak diizinkan bergabung oleh klubnya, KV Mechelen, membuat nilai pasar Timnas Indonesia kembali turun. Dilansir transfermarkt.com, saat ini Timnas indonesia sendiri memiliki nilai pasar sebesar 6,35 juta euro atau setara dengan Rp105 miliar. Selain Jordi Amat, pemain naturalisasi Marc Anthony Klok dengan nilai pasar Rp7,8 miliar pun turut membantu mendongkrak nilai pasar skuad Timnas Indonesia secara keseluruhan.

Baca Juga: 5 Bek Tengah yang Siap Memperkokoh Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

3. Timnas Thailand (Rp99,2 miliar)

5 Tim Nasional Termahal di Piala AFF 2022potret timnas Thailand latihan (instagram.com/@changsuek)

Absennya pemain termahal Timnas Thailand, Chanathip Songkrasin, karena cedera membuat nilai transfer skuad Thailand merosot drastis dibandingkan Piala AFF edisi sebelumnya. Di Piala AFF 2022 ini, skuad timnas Thailand sendiri punya nilai pasar sebesar 6 juta euro atau setara Rp99,2 miliar. Hal ini menempatkan Timnas Thailand di posisi ketiga sebagai tim dengan skuad termahal Piala AFF 2022

Saat ini status pemain termahal di skuad Timnas Thailand dipegang oleh pemain Buriram United, yakni Theerathon Bunmathan. Pemain yang bermain di posisi bek kiri ini memiliki nilai pasar sebesar 600 ribu euro atau setara Rp9,9 miliar. 

4. Timnas Malaysia (Rp66,6 miliar)

5 Tim Nasional Termahal di Piala AFF 2022potret timnas Malaysia (instagram.com/@famalaysia)

Meski tak diperkuat pemain-pemain andalan, seperti Akhyar Rashid, Dion Cools, hingga Arif Aiman Hanapi, Timnas Malaysia tetap tercatat dalam lima besar tim dengan skuad termahal di Piala AFF 2022. Tim berjuluk Harimau Malaya ini memiliki nilai pasar sebesar 4,03 juta euro atau setara dengan Rp66,6 miliar.

Saat ini, status permain termahal di skuad Timnas Malaysia dipegang oleh winger Selangor FA, Faisal Halim. Pemain berusia 24 tahun itu memiliki nilai transfer sebesar 300 ribu euro atau setara Rp4,9 miliar.

5. Timnas Myanmar (Rp54,8 miliar)

5 Tim Nasional Termahal di Piala AFF 2022potret timnas Myanmar latihan (instagram.com/@myanmarff)

Meski tidak dijagokan menjadi juara, nyatanya Timnas Myanmar menempati posisi kelima sebagai tim dengan skuad termahal di Piala AFF 2022. Hal ini lantaran Timnas Myanmar diisi oleh beberapa pemain andalan, seperti Maung Maung Lwin, Nanda Kyaw, hingga David Htan.

Pemain-pemain tersebut memiliki nilai transfer tertinggi di skuad Timnas Myanmar untuk Piala AFF 2022. Timnas Myanmar yang dilatih oleh juru taktik asal Jerman bernama Antoine Hey ini memiliki nilai pasar keseluruhan mencapai 3,30 juta euro atau setara Rp54,8 miliar. 

Mampukah kelima tim tersebut menjadi kampiun Piala AFF 2022? Menarik untuk kita simak bersama kiprah tim-tim tersebut pada gelaran Piala AFF 2022, ya!

Baca Juga: 6 Pemain Abroad yang Memperkuat Indonesia di Piala AFF 2022, Andalan!

Fitran Briliano Photo Verified Writer Fitran Briliano

Just a human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya