5 Hal Unik Pemain Sepak Bola, Gavi Tidak Bisa Mengikat Tali Sepatu

Ada juga yang mengoleskan balsam ke dadanya

Sepak bola memiliki banyak sisi yang menarik untuk diulas. Salah satunya tentang hal-hal unik yang biasa dilakukan para pemain sepak bola di lapangan.

Gavi tidak bisa mengikat tali sepatu. Patrick Vieira mengoleskan balsam ke dadanya. Apa lagi hal-hal unik yang terjadi di dunia sepak bola? Setidaknya ada lima ulasan tentang itu dalam tulisan ini.

1. Gavi tidak bisa mengikat tali sepatunya dengan benar sejak kecil

5 Hal Unik Pemain Sepak Bola, Gavi Tidak Bisa Mengikat Tali SepatuGavi (fcbarcelona.com)

Nama Gavi mencuat belakangan ini. Pemain muda bernama lengkap Pablo Martin Paez Gavira tersebut mulai aktif membela tim senior Barcelona sejak 2021.

Gavi memiliki kebiasaan unik. Dia tidak bisa mengikat tali sepatu dengan baik. Tidak heran jika tali sepatunya sering lepas. Gavi sering membiarkannya begitu saja.

Kebiasaan itu sudah berlangsung sejak kecil. Dia terbiasa bermain sepak bola dengan tali sepatu yang tidak terikat. Ujungnya melambai ke mana-mana ketika dia berlari di atas lapangan hijau.

2. Patrick Vieira mengoleskan balsam ke dadanya

5 Hal Unik Pemain Sepak Bola, Gavi Tidak Bisa Mengikat Tali SepatuPatrick Vieira (arsenal.com)

Patrick Vieira kini menjadi manajer Crystal Palace. Namun, dia sudah terkenal sejak masih aktif sebagai pemain. Vieira pernah membela sejumlah klub, termasuk Arsenal.

Saat aktif sebagai pemain, Vieira punya kebiasaan unik. Dia sering mengoleskan balsam ke dadanya. Jerseynya tampak basah pada bagian itu saat beberapa kali tertangkap kamera.

Vieira mengaku mengoleskan balsam membantunya bernapas dengan baik saat bermain bola. Oleh karena itu, dia pun mengoleskannya sejak sebelum pertandingan.

3. Dele Alli mengenakan pelindung tulang kering yang sama sejak usia 11 tahun

5 Hal Unik Pemain Sepak Bola, Gavi Tidak Bisa Mengikat Tali SepatuDele Alli (premierleague.com)

Dele Alli baru saja pindah dari Tottenham Hotspur ke Everton pada musim dingin 2022. Meski begitu, shin pad yang berguna melindungi tulang keringnya masih sama. Dele selalu menggunakan pelindung tulang kering itu sejak usianya 11 tahun.

Bagi Dele, pelindung tulang kering itu bagai benda bermuatan magis. Dia percaya ia akan membantunya bermain dengan baik.

Dele sebenarnya sempat mengenakan pelindung tulang kering lain. Namun, dia merasa itu tidak berguna. Dele pun kembali menggunakan pelindung tulang kering yang sama. Meski sudah dipakai sejak usia 11 tahun, kata Dele, pelindung tulang kering itu tidak bau.

Baca Juga: 5 Manajer Sepak Bola yang Sekaligus Berperan sebagai Pemain

4. Gary Neville menggunakan barang-barang yang sama selama semusim

5 Hal Unik Pemain Sepak Bola, Gavi Tidak Bisa Mengikat Tali SepatuGary Neville (manutd.com)

Gary Neville saat ini bekerja sebagai pandit. Dia sempat menjabat manajer Sevilla, tetapi kariernya tidak berjalan dengan baik.

Meski begitu, semasa aktif bermain, Neville terkenal sebagai bek sayap yang tangguh. Dia merupakan legenda Manchester United. Bahkan, sempat menjadi kapten tim. Namanya terpatri dalam berbagai penghargaan bersama Setan Merah.

Neville juga punya kebiasaan unik saat itu. Dia sering menggunakan barang-barang yang sama selama semusim. Neville percaya menggunakan barang-barang yang sama bisa memberinya keberuntungan.

5. Julian Draxler menyemprot parfum sebelum bertanding

5 Hal Unik Pemain Sepak Bola, Gavi Tidak Bisa Mengikat Tali SepatuJulian Draxler (ligue1.com)

Julian Draxler cukup lama membela Paris Saint-Germain. Pemain asal Jerman itu sudah bermain di Paris sejak 2017. Dia bahkan baru memperpanjang kontrak hingga 2024. Namun, belakangan namanya tenggelam di antara bintang-bintang PSG.

Sama seperti keempat pemain dalam daftar ini, Draxler punya ritual unik. Dia sering menyemprot parfum sebelum bertanding. Dua atau tiga kali.

Menurutnya, kebiasaan itu membuatnya bahagia. Setidaknya, itu membuatnya tenang sebelum pertandingan.

Bagi atlet, termasuk pemain sepak bola, kebiasaan-kebiasaan seperti ini boleh jadi memang bisa menolong mereka. Para pemain selalu dituntut tampil baik. Namun, mental mereka tidak selalu dalam kondisi yang sama baik. Oleh karena itu, para pemain membutuhkan ritual-ritual khusus, yang kemudian menjadi kebiasaan unik.

Baca Juga: 5 Pemain Sepak Bola yang Paling Sering Membobol Gawang Barcelona

G.N. Putra Photo Verified Writer G.N. Putra

Senang dengan olahraga dan budaya populer. Pernah menulis untuk beberapa media.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya