Ridwan Kamil Tonton Persib, Bobotoh Teriakkan Nama Prabowo

Kecenderungan politik Ridwan Kamil sulit ditebak

Bandung, IDN Times – Laga leg pertama Persib Bandung vs Arema FC untuk babak 16 besar Piala Indonesia usai dengan skor imbang 1-1. Pertandingan berlangsung alot. Jual beli serangan di antara kedua tim pun terjadi bertubi-tubi. Tak hanya itu peristiwa yang menarik selama pertandingan berlangsung. Ada pula nama Prabowo yang diteriakkan sejumlah Bobotoh kala Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, datang menyaksikan laga Persib vs Arema FC tersebut.

Bagaimana kejadiannya?

1. Emil datang disambut Bobotoh

Ridwan Kamil Tonton Persib, Bobotoh Teriakkan Nama PrabowoIDN Times/Debbie Sutrisno

Selama babak pertama pertandingan berlangsung, Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, tidak terlihat di kursinya. Di sana hanya terdapat beberapa pejabat daerah yang juga menggemari Persib.
 
Namun, saat jeda istirahat, Emil dan istrinya, Atalia Praratya, juga rombongan pun terlihat memasuki stadion. MC (Master of Ceremony) kemudian menyambutnya, agar puluhan ribu Bobotoh di stadion menyadari kehadiran gubernur. Namun unik, kehadiran Emil malah disambut dengan teriakan nama “Prabowo” dari tribun barat. “Prabowo… Prabowo… Prabowo….” Emil pun tampak tidak begitu menghiraukan seruan tersebut.
 
Prabowo yang dimaksud Bobotoh, ialah Prabowo Subianto, Calon Presiden nomor urut 02 dalam Pemilihan Presiden 2019, 17 April mendatang.

Baca Juga: Piala Indonesia: Persib Bandung Ditahan Arema FC di Jalak Harupat

2. Dukungan politik Emil memang tak mudah dibaca

Ridwan Kamil Tonton Persib, Bobotoh Teriakkan Nama PrabowoIDN Times/Galih Persiana

Kedekatan antara Emil dan Presiden Indonesia, Joko Widodo, memang sudah terjalin sejak dulu. Bahkan, sejak Jokowi, sapaan akrab Presiden, masih menjabat sebagai Wali Kota Solo. Fakta tersebut kemudian kerap dikaitkan bahwa Emil adalah pendukung Jokowi dalam Pilpres 2019. Namun, akhir-akhir ini, kedekatan Emil dengan pasangan Capres-Cawapres nomor urut 02 pun terlihat akrab. Misalnya, kala Sandiaga Uno, Cawapres yang mendampingi Prabowo, mengunjungi Gedung Sate untuk main catur dan minum kopi bersama Emil bulan lalu.

3. Emil adalah Bobotoh Persib

Ridwan Kamil Tonton Persib, Bobotoh Teriakkan Nama PrabowoIDN Times/Galih Persiana

Sebelum menyaksikan langsung partai tersebut, Emil telah lebih dulu menerima kunjungan Plt. Duta Besar India untuk Indonesia dan pengukuhan pengurus Jabar Bergerak. Emil memang diketahui menyukai Persib. Saat mengambil program pendidikan pascasarjana di University of California, Berkeley, AS, ia tak pernah ketinggalan menyaksikan Persib lewat layar kaca. Saat menjadi Wali Kota Bandung periode 2013-2018 pun demikian, ia selalu menyempatkan waktu menyaksikan Persib.

4. Bobotoh menyambut dengan kreatif

Ridwan Kamil Tonton Persib, Bobotoh Teriakkan Nama PrabowoIDN Times/Galih Persiana

Setelah para pemain kedua tim masuk lapangan dan saling bersalaman, puluhan ribu Bobotoh di tribun timur mengerek koreografi tiga dimensi alias 3D. Koreografi tersebut bergambar maung (harimau), maskot dari kesebelasan Persib.
 
Setelah koreografi dibentangkan, seluruh stadion kemudian bergemuruh. Yel-yel mendukung Maung Bandung menggema di seisi stadion. Ada pun cemoohan untuk tim tamu, tetap terdengar guna menurunkan mental Arema FC.
 
Peristiwa tersebut menggambarkan bahwa Bobotoh menyambut pertandingan tersebut dengan kreatif. Lancarnya pertandingan karena tidak ada intervensi yang berarti dari suporter pun belakangan dipuji Hamka Hamzah, kapten sekaligus bek Arema FC.

5. Bobotoh tetap menyalakan flare

Ridwan Kamil Tonton Persib, Bobotoh Teriakkan Nama PrabowoIDN Times/Galih Persiana

Namun, usai peluit panjang ditiupkan, setelah tambahan waktu tiga menit, Bobotoh sempat ricuh. Beberapa dari mereka meneriaki wasit, karena tak puas dengan kepemimpinannya. Sementara yang lain, di tribun utara, menyalakan flare sambil membentangkan sejumlah spanduk dan mengibarkan bendera Persib. Spanduk tersebut bertuliskan “Jangan hanya bati (untung), tingkatkan prestasi”. Namun, flare tersebut tidak mengganggu jalannya pertandingan. Bobotoh pun bubar dari Stadion Si Jalak Harupat tanpa ada keributan.

Baca Juga: Ditahan Imbang Arema FC, Bagaimana Strategi Persib Seharusnya?

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya