Comscore Tracker

Dramatis, 3 Tim Akhirnya Dipastikan Lolos ke Babak 16 Besar UCL

Congratulations!

Matchday terakhir Liga Champions fase grup A sampai D usai digelar Rabu dini hari (12/12). Secara dramatis tiga tim akhirnya berhasil memastikan tempat di babak 16 besar di laga terakhir fase grup ini.

Mereka bergabung dengan 12 tim yang sebelumnya telah dipastikan lolos ke babak 16 besar. Sedangkan satu tiket terakhir akan diperebutkan Kamis dini hari nanti (13/12) antara Shakthar Donetsk dan Lyon. Berikut tiga tim yang dipastikan lolos.

1. PSG

Dramatis, 3 Tim Akhirnya Dipastikan Lolos ke Babak 16 Besar UCLtwitter.com/ChampionsLeague

Usai mengalahkan Liverpool di match day ke-5 Liga Champions, langkah PSG menuju babak 16 besar terhitung lebih ringan karena mereka hanya akan menghadapi tim terlemah di grup C, Red Star Belgrade.

Diwajibkan menang, PSG menurunkan skuad terbaiknya saat menghadapi tuan rumah Red Star dini hari tadi, termasuk trio striker Mbappe-Cavani-Neymar. Tak perlu waktu lama, PSG sudah unggul di menit ke-9 melalui gol Edinson Cavani.

Tak ingin kalah, Neymar dan Mbappe pun berhasil mencetak gol masing-masing di menit ke-40 dan 90+2, sedangkan satu gol lainnya dicetak oleh Marquinhos di menit ke-74. Red Star hanya berhasil membalas satu gol di menit ke-56 melalui Marko Gobeljic.

Dengan hasil ini mereka pun memastikan lolos dengan mengumpulkan 11 poin dan berhasil keluar sebagai juara grup B, karena di laga lainnya Napoli menyerah di tangan Liverpool.

Baca Juga: Bungkam Liverpool, Peluang PSG Lolos Babak 16 Besar UCL Semakin Lebar

2. Liverpool

Dramatis, 3 Tim Akhirnya Dipastikan Lolos ke Babak 16 Besar UCLtwitter.com/LFC

Liverpool akhirnya memastikan satu tiket ke babak 16 besar Liga Champions setelah berhasil mengalahkan Napoli dalam laga hidup dan mati dengan skor 1-0 Rabu dinihari (12/12). Mohamed Salah kembali menjadi bintang kemenangan The Reds melalui gol yang dicetak di menit ke-34.

Meski kedua tim saling melepaskan serangan di sisa laga, tak ada gol yang tercipta hingga akhir laga. Hal ini menjadi ironis bagi Napoli karena sebenarnya mereka hanya membutuhkan hasil imbang untuk bisa lolos ke babak 16 besar. Kekalahan ini pun menjadi kekalahan pertama mereka di Liga Champions musim ini, namun mereka harus tersingkir secara dramatis.

Liverpool pun lebih berhak lolos meski poin keduanya sama, yaitu 9 poin. Namun The Reds lebih unggul selisih gol setelah saling mengalahkan dengan skor 1-0 di dua laga fase grup.

3. Tottenham Hotspur

Dramatis, 3 Tim Akhirnya Dipastikan Lolos ke Babak 16 Besar UCLtwitter.com/HKane

Tottenham Hotspurs akhirnya berhasil keluar dari lubang jarum dan memastikan satu tempat di babak 16 besar Liga Champions, meskipun hanya bermain imbang dengan skor 1-1 melawan Barcelona. Hal ini tak terlepas dari hasil yang diraih Inter Milan yang juga hanya bermain imbang 1-1 menghadapi PSV Eindhoven.

Spurs sendiri tertinggal lebih dulu dari Barcelona setelah Ousmane Dembele berhasil mencetak gol di awal laga pada menit ke-7. Sadar membutuhkan kemenangan, Spurs mencoba bangkit dengan menguasai bola dan melakukan serangan-serangan cepat.

Gol yang dinanti-nanti akhirnya baru tercipta lima menit sebelum laga usai melalui Lucas Moura. Skor 1-1 pun bertahan hingga akhir laga. Spurs secara dramatis dipastikan lolos meski memiliki poin yang sama dengan Inter Milan. Hary Kane dkk mampu unggul head-to-head setelah sebelumnya kalah dengan skor 2-1 di Giuseppe Meazza, namun berhasil menang 1-0 di Wembley.

15 tim telah memastikan satu tempatnya di babak 16 besar Liga Champions musim ini, dan masih menunggu satu tim lagi yang baru akan bertanding Kamis dinihari (13/12). Akan sangat menarik menunggu drawing tim mana saja yang akan saling berhadapan di fase knock out.

Baca Juga: Suporter Ajax Dilempari Bom Molotov Saat Hadapi AEK Athens di UCL

Ganjar Firmansyah Photo Community Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You