4 Alasan Juventus Mampu Kalahkan Valencia di Liga Champions

Juventini mana suaranya?

Juventus memang menjadi penguasa di Italia setelah berhasil memenangkan trofi Serie A 6 musim secara beruntun. Namun nasib mereka di Liga Champions tak semulus di liga lokal. Dalam lima musim terakhir, Juventus telah gagal dua kali di final setelah dikalahkan wakil Spanyol, Barcelona dan Real Madrid.

Musim ini mereka kembali dengan kekuatan baru dengan target menjuarai Liga Champions. Matchday ke-5 Rabu dinihari nanti (28/11/2018) mereka akan menjamu Valencia di Allianz Stadium, dan kemenangan akan menjadi penentu tiket lolos mereka ke babak selanjutnya.

1. Faktor Cristiano Ronaldo

4 Alasan Juventus Mampu Kalahkan Valencia di Liga Championstwitter.com/juventusfc

Tak bisa dipungkiri jika kehadiran Cristiano Ronaldo musim ini menjadikan kekuatan Juventus d lini depan semakin tajam. Mereka belum terkalahkan di Serie A dan menjadi pimpinan klasemen sementara dengan keunggulan 8 angka dari Napoli yang berada di posisi kedua.

Ronaldo sendiri telah mencetak 10 gol dan 6 assist dari 16 laga di semua kompetisi. Hebatnya, hal tersebut menjadikannya pemain tercepat yang mampu mencetak 10 gol. Rekor sebelumnya dipegang oleh Filipo Inzaghi yang mampu mencetak 10 gol dari 18 laga.

Ronaldo sendiri baru saja berhasil mencetak gol perdananya di Liga Champions musim ini saat menghadapi Man United di matchday ke-4. Valencia sendiri bukan lawan yang asing bagi Ronaldo, karena pernah berhadapan saat berseragam Real Madrid. Tak hanya itu, Ronaldo sendiri selalu mencetak gol dalam tiga laga terakhir, bukan tak mungkin gawang Valencia nanti akan menjadi korban keganasan Ronaldo selanjutnya.

Baca Juga: Dybala Nilai Ronaldo Bawa Harapan Juventus Juara Liga Champions Eropa

2. Kemenangan akan mengantarkan Juventus lolos ke babak knock out sebagai juara grup semakin besar

4 Alasan Juventus Mampu Kalahkan Valencia di Liga Championsuefa.com

Saat ini Juventus masih memuncaki klasemen grup H dengan 9 poin, sedangkan Valencia berada di posisi ketiga dengan 5 angka. Kemenangan atas Valencia akan memastikan tiket lolos Juventus ke babak 16 besar lebih cepat. Hal ini pastinya akan menjadi target utama anak asuh Massimiliano Allegri demi menghemat tenaga pemain utamanya. Apalagi Juventus akan bermain di hadapan suporternya sendiri.

Juventus sendiri tampil dengan modal positif setelah menang di Serie A menghadapi SPAL dengan skor 2-0 melalui duet duo striker mereka Mandzukic dan Ronaldo. Didukung Paulo Dybala yang telah mencetak 4 gol di Liga Champions, striker-striker Si Nyonya Tua dipastikan akan mampu mengobrak-abrik pertahanan Valencia.

Tak hanya lolos ke babak knock out, kemenangan pun akan memberikan peluang Juventus lolos sebagai juara grup semakin besar.

3. Valencia akan bermain di bawah tekanan

4 Alasan Juventus Mampu Kalahkan Valencia di Liga Championstwitter.com/DaniParejo

Valencia tidak memiliki pilihan lain selain memenangi laga jika ingin lolos ke babak selanjutnya. Apalagi di pertandingan lainnya, Man United akan melawan tim terlemah di grup H, Young Boys. Hal ini tentunya akan menjadi sebuah tekanan tersendiri bagi anak asuh Marcelino.

Apalagi setelah laga ini, mereka pun harus dipusingkan dengan laga berat lainnya di pekan ke-14 La Liga dengan menghadapi Real Madrid. Jika tidak hati-hati dalam memainkan strategi, beban berat yang mereka pikul justru akan menjadi bumerang.

Performa Valencia musim ini sendiri terhitung menurun. Dari 13 laga yang mereka jalani di La Liga, mereka hanya baru meraih 3 kali kemenangan, 8 kali imbang dan dua kekalahan. Di pertemuan pertama kedua klub sendiri Valencia kalah dengan skor 0-2 di hadapan publiknya sendiri.

4. Keseimbangan skuad

4 Alasan Juventus Mampu Kalahkan Valencia di Liga Championstwitter.com/juventusfc

Juventus merupakan klub yang memiliki keseimbangan skuad yang sangat baik di setiap lini. Saat ini mereka merupakan klub tertajam di Serie A dengan 28 gol, sekaligus dengan pertahanan terbaik karena hanya kebobolan 8 gol dari 13 laga. Begitu pun di Liga Champions, mereka hanya baru kebobolan dua gol.

Bahkan duet pemain belakang Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini diakui sebagai duet bek terbaik dunia saat ini oleh Jose Mourinho. Plus trio striker Dybala-Ronaldo-Mandzukic di lini serang yang semakin tajam dalam setiap laga.

Hal ini tentunya akan menjadi ancaman yang sangat besar bagi Valencia. Namun mampukah Juventus mengerahkan semua keuntungan tersebut untuk meraih kemenangan?

Baca Juga: Barcelona Cetak Rekor Tim Dengan Pengeluaran Gaji Terbesar Di Dunia

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya