Comscore Tracker

5 Alasan Robert Lewandowski Layak Menjadi Pemenang Ballon d'Or 2021

Lewandowski semakin bersinar di dua musim terakhir

Setelah tahun lalu ajang penghargaan Ballon d'Or ditiadakan akibat pandemik COVID-19, penghargaan tahunan dari France Football ini kembali digelar di tahun 2021. Tiga puluh nama telah diumumkan sebagai nominasi utama. Nama Robert Lewandowski menjadi salah satu yang terfavorit bersama Lionel Messi dan Jorginho.

Meski Messi dan Jorginho sukses bersama negaranya, Argentina dan Italia di level internasional, Lewandowski dinilai lebih layak mendapatkan penghargaan elit di level individu.

Berikut 5 alasan mengapa Lewandowski menjadi sosok paling layak untuk memenangkan Ballon d'Or musim ini.

1. Treble winner di musim 2019/2020

5 Alasan Robert Lewandowski Layak Menjadi Pemenang Ballon d'Or 2021potret Robert Lewandowski (fcbayern.com)

Pada tahun 2020, Bayern MUnchen menjadi tim kedua di Eropa yang memenangkan treble winner dua kali setelah Barcelona. Di musim itu The Bavarians memenangkan Bundesliga, DFB-Pokal, dan Liga Champions di bawah asuhan Hansi Flick. Bayern bahkan mencetak rekor kemenangan 100 persen di Liga Champions musim tersebut yang sekaligus menjadikan mereka klub pertama yang melakukannya.

Sosok utama dibalik dominasi Bayern ini adalah Robert Lewandowski. Statistiknya sangat fenomenal di musim 2019/20. Striker Polandia itu mencetak 55 gol dalam 47 penampilan di seluruh ajang. Penampilannya yang luar biasa membuatnya mendapat pujian dan menjadi favorit untuk memenangkan Ballon d'Or.

Namun, pembatalan mendadak penghargaan tersebut karena pandemik COVID-19 membuatnya gagal meraih gelar sepak bola paling elit itu. Menghitung kembali raihan musim tersebut untuk Ballon d'Or rasanya lebih adil sekaligus menobatkan Lewandowski sebagai juara yang tepat.

2. Konsistensi luar biasa di musim 2020/2021

5 Alasan Robert Lewandowski Layak Menjadi Pemenang Ballon d'Or 2021potret Robert Lewandowski (fcbayern.com)

Robert Lewandowski menjalani musim 2020/21 yang berbuah manis untuk Bayern Munchen. Mereka memenangi Bundesliga, DFL-Supercup, FIFA Club World Cup, dan UEFA Super Cup. Lewandowski mengantongi lebih banyak trofi dibandingkan dengan rival terdekatnya, Lionel Messi, di musim tersebut.

Dibandingkan dengan Lewandowski dan Bayern, Messi bersama Barcelona hanya finis di peringkat ketiga La Liga serta tersingkir di babak 16 besar Liga Champions. Musim lalu, Messi hanya mempersembahkan gelar Coppa del Rey saja bagi El Barca. Messi memang menjuarai Copa America bersama Argentina, tapi banyak yang menilai jika raihan itu belum cukup untuk mengalahkan prestasi Lewandowski sepanjang tahun.

Baca Juga: 5 Pemain yang Bisa Persembahkan Ballon d'Or Pertama untuk Negaranya

3. Robert Lewandowski memecahkan rekor fantastis

5 Alasan Robert Lewandowski Layak Menjadi Pemenang Ballon d'Or 2021potret Robert Lewandowski (twitter.com/lewy_official)

Robert Lewandowski memecahkan rekor lama Gerd Muller sebagai pencetak gol terbanyak dalam satu musim Bundesliga. Musim lalu, striker 33 tahun ini secara luar biasa mencetak 41 gol hanya dalam 29 penampilan di Bundesliga. Total ia mencetak 48 gol dalam 40 penampilan di semua ajang.

Seiring dengan penghargaan lainnya, Lewandowski juga memenangkan Sepatu Emas Eropa mengalahkan dua pemain terbaik dunia, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi Messi. Rekor yang mungkin bakal bertahan lama ini memberikan ia keunggulan atas kandidat lainnya.

4. Statisik gol yang luar biasa

5 Alasan Robert Lewandowski Layak Menjadi Pemenang Ballon d'Or 2021potret Robert Lewandowski (twitter.com/lewy_official)

Meskipun striker Polandia itu cedera untuk waktu yang lama di musim lalu, hanya butuh 29 pertandingan saja bagi Lewandowski untuk memecahkan rekor 40 gol Gerd Muller dalam satu musim Bundesliga. Rasio 1,26 gol per game Lewandowski lebih tinggi daripada pemain muda fenomenal seperti Erling Haaland dan Kylian Mbappe.

Secara statistik individu, banyak pihak mengakui bahwa kinerja keseluruhan Lewandowski pada tahun 2021 telah mengungguli para pesaing terdekatnya. Di musim ini ketajamannya pun tak menurun. Sejauh ini ia sudah mencetak 17 gol hanya dari 13 pertandingan di semua kompetisi.

5. Robert Lewandowski ungguli Lionel Messi soal prestasi individu di tahun ini

5 Alasan Robert Lewandowski Layak Menjadi Pemenang Ballon d'Or 2021potret statistik Robert Lewandowski dan Lionel Messi (bundesliga.com)

Robert Lewandowski dan Lionel Messi dianggap sebagai kandidat favorit untuk memenangkan Balon d'Or pada tahun 2021. Pemain asal Polandia itu memenangkan empat trofi utama bersama Bayern musim lalu, Bundesliga, Piala Dunia Antarklub, UEFA Supercup dan German Super Cup. Sementara Messi hanya memenangkan Copa Del Rey bersama Barcelona. Namun, Messi juga sukses menjuarai Copa America 2021 setelah 28 tahun penantian.

Di level individu, Lewandowski menjadi top skor Bundesliga musim lalu sekaligus memenangi gelar Sepatu Emas Eropa. Kendati Messi juga sukses mengakhiri musim sebagai top skorer La Liga, jumlah 30 gol dalam 35 penampilan yang ditorehkan Messi masih kalah bersaing dengan Lewandowski yang mencetak 41 gol dalam 29 pertandingan. Lewat pencapaian ini, striker 33 tahun ini dinilai lebih layak mendapatkan Ballon d'Or daripada Messi.

Itulah berbagai alasan yang membuat Robert Lewandowski layak meraih penghargaan Pemain Terbaik Ballon d'Or 2021. Dalam dua musim terkahir, deretan prestasi dan rekor luar biasa berhasil diraih striker asal Polandia itu di level klub, maupun level individu, membuatnya menjadi sosok yang paling pantas untuk memenangkan penghargaan ini. Akankah Lewandowski mampu menjadi pemain Polandia pertama yang meraih Ballon d'Or?

Baca Juga: Rekor Baru Lewandowski di Liga Champions, Menang di 18 Laga Terakhir

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya