5 Alasan Timnas Inggris Layak Memperpanjang Kontrak Gareth Southgate

Ia tercatat sebagai pelatih terbaik Inggris sejak 1966

Manajer tim nasional Inggris, Gareth Southgate, hampir mendapatkan perpanjangan dua tahun pada kontraknya saat ini. Dia terbukti telah melakukan pekerjaannya dengan luar biasa. Di bawah kepemimpinannya, Inggris hanya menelan 1 kekalahan dalam 20 pertandingan terakhir, yakni melawan Italia pada final Piala Eropa 2020.

Dia juga baru saja mengantarkan timnas Inggris lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar usai kemenangan fenomenal 10-0 atas San Marino pada babak kualifikasi. Selama babak kualifikasi sendiri, mereka hanya menelan satu kekalahan. Dengan apa yang ia sudah berikan, dia memang sangat layak dipertahankan.

1. Performa mengesankan di Kualifikasi Piala Dunia 2022

5 Alasan Timnas Inggris Layak Memperpanjang Kontrak Gareth Southgateselebrasi gol para pemain Timnas Inggris (twitter.com/England)

Inggris telah mengamankan tiket langsung ke Piala Dunia 2022 dengan memuncaki grup A. The Three Lions berhasil memenangi 7 dari 8 laga dengan mengumpulkan 21 laga. Mereka unggul enam poin dari pesaing terdekat, Republik Ceko.

Di bawah asuhan Gareth Southgate, Inggris telah memenangi grup kualifikasi Euro dan Piala Dunia dengan hasil yang mengesankan. Ini terjadi berkat peningkatan standar dan konsistensi luar biasa, yang tidak bisa dilakukan semua tim. Portugal dan Italia, yang berstatus juara Piala Eropa bahkan kini terancam tak lolos ke Piala Dunia.

2. Menciptakan generasi emas yang sangat menjanjikan

5 Alasan Timnas Inggris Layak Memperpanjang Kontrak Gareth Southgateselebrasi gol pemain Timnas Inggris (englandfootball.com)

Gareth Southgate mengambil alih posisi manajer tim pada 2016 dan berhasil membawa tim melalui fase transisi. Dia mengubah wajah tim dengan deretan pemain muda potensial dan berani mengambil risiko membawa mereka ke Piala Dunia 2018 di Rusia. Hebatnya, sejak itu tim ini terus berkembang. Mereka lolos ke semifinal Piala Dunia 2018 dan final Piala Eropa 2020.

Meski belum menghasilkan trofi, perkembangan ini sangat menjanjikan dan yang terbaik dalam dua dekade terakhir. Pada Piala Dunia 2022 dan Piala Eropa 2024, skuad asuhan Southgate diyakini sudah matang dan akan mampu memberikan kejutan baru.

Baca Juga: Gareth Southgate Pecahkan Rekor Seperempat Abad Inggris

3. Memiliki strategi taktik yang dinamis

5 Alasan Timnas Inggris Layak Memperpanjang Kontrak Gareth Southgatepotret Gareth Southgate (twitter.com/England)

Inggris memiliki striker terbaik dalam skuadnya, tetapi Gareth Southgate sangat berhati-hati demi menjaga keseimbangan tim. Terkadang, pemain seperti Marcus Rashford, Jadon Sancho, Jack Grealish, tidak mendapatkan banyak waktu bermain. Meski ini terkadang mendapatkan kritikan media dan fans, nyatanya keputusan tersebut terbukti ampuh dalam mengembangkan pemain lainnya.

Pemain seperti Reece James, Trent Alexander-Arnold, Bukayo Saka, dan banyak lagi telah berkembang dan memberikan dampak signifikan di panggung internasional. Southgate juga memiliki taktik yang dinamis. Terkadang ia menggunakan formasi 5-4-1 melawan tim yang lebih sulit, tetapi juga tidak segan mencoba memperkenalkan sistem 3-4-3 melawan tim yang lebih lemah. Ini terbukti ampuh dalam dua laga terakhir dengan kemenangan 5-0 atas Albania dan 10-0 atas San Marino.

4. Prestasi di Piala Dunia 2018

5 Alasan Timnas Inggris Layak Memperpanjang Kontrak Gareth Southgateselebrasi kemenangan Inggris di Piala Dunia 2018 (fifa.com)

Ketika Inggris berlaga di Piala Dunia 2018 dengan skuad muda ala Gareth Southgate, tidak banyak ekspektasi yang dibebankan kepadanya. Ia hanya diharapkan mampu membangun skuad masa depan yang lebih mapan. Namun, apa yang dia sajikan lebih dari apa yang diharapkan. Inggris lolos dari fase grup dengan menjadi runner up di bawah Belgia.

Setelahnya, The Three Lions tampil luar biasa dengan mengalahkan Kolombia dan Swedia untuk lolos ke semifnal. Sayangnya langkahnya terhenti oleh Kroasia dan keluar sebagai peringkat empat usai dikalahkan Belgia pada perebutan peringkat tiga. Ini menjadi prestasi terbaik timnas Inggris sejak menjadi juara pada 1966, sekaligus menyamai raihan Piala Dunia 1990. Itu semua tak lepas dari kontribusi besar Southgate.

5. Peningkatan prestasi di Piala Eropa 2020

5 Alasan Timnas Inggris Layak Memperpanjang Kontrak Gareth Southgateselebrasi gol pemain Tiimnas Inggris (uefa.com)

Inggris membuat banyak kemajuan dari Piala Dunia 2018 ke Euro 2020. Southgate berhasil mencapai final dengan memainkan sepak bola yang luar biasa. The Three Lions mengalahkan tim seperti Kroasia, Republik Ceko, Jerman, Ukraina, dan Denmark untuk mencapai final bertemu Italia. Sayang, mereka kurang beruntung usai kalah lewat adu penalti.

Meski demikian, raihan ini menunjukkan bukti kemajuan pesat anak asuh Southgate. Mereka bahkan lebih baik dari Prancis dan Kroasia, yang menjadi finalis Piala Dunia 2018. Progres mereka pun berlanjut dengan lolos ke Piala Dunia 2022 dan itu lebih baik pula dari Italia, yang mengalahkan mereka di Piala Eropa 2020.

Itulah deretan fakta yang menunjukan jika timnas Inggris berkembang pesat di bawah asuhan Gareth Southgate. Eks pelatih Middlesbrough itu memberikan pencapaian terbaik dalam sejarah timnas sejak menjadi juara Piala Dunia 1966. Hal ini membuat dirinya layak untuk meneruskan proyeknya bersama The Three Lions.

Sejak menangani timnas Inggris, Gareth Southgate memiliki rencana yang sangat matang. Ia berhasil mengembangkan talenta berlimpah yang dimiliki skuadnya. Tidak hanya itu, ia pun memberikan keseimbangan kepada banyak pemain muda. Pada prosesnya, apa yang ia tanam tampaknya akan segera berbuah pada masa mendatang. Mereka berada pada trek yang benar.

Baca Juga: Gareth Southgate Ajak Skuad Inggris Menabrak Batas

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya