Comscore Tracker

5 Fakta Kemenangan Telak Manchester City atas Club Brugge di UCL

City memiliki delapan pencetak gol berbeda musim ini

Matchday ketiga Liga Champions dibuka dengan pertandingan antara tuan rumah Club Brugge dan Manchester City. Meski berstatus sebagai tim tamu, Manchester City tampil dominan sepanjang laga. Anak asuh Pep Guardiola berhasil menang telak dengan skor 5-1.

Riyad Mahrez tampil menonjol dengan mencetak brace, sedangkan tiga gol lainnya dicetak oleh Joao Cancelo, Kyle Walker, dan Cole Palmer. Dengan kemenangan ini, City menempati peringkat kedua dengan 6 poin, sedangkan Club Brugge satu tingkat di bawahnya dengan 4 poin.

Berikut ini deretan fakta yang mengiringi kemenangan telak Manchester City.

1. Rekor 5 gol lebih yang ke-40 pada era Pep Guardiola

5 Fakta Kemenangan Telak Manchester City atas Club Brugge di UCLselebrasi kemenangan Manchester City (twitter.com/DeBruyneKev)

Sejak ditangani Pep Guardiola, Manchester City menjadi salah satu klub Eropa dengan serangan terbaik dan tertajam. Skor 5-1 atas Club Brugge ini menjadi kemenangan dengan lima gol lebih ke-40 di semua kompetisi. Jumlah ini hampir dua kali lipat lebih banyak dari urutan kedua, yaitu Liverpool yang melakukannya sebanyak 21 kali.

Sedangkan, bagi Pep Guardiola, ini menjadi kemenangan ke-19 sepanjang kariernya di Liga Champions dengan mencetak lima gol lebih. Ini merupakan rekor terbaik seorang pelatih, di mana posisi kedua diisi oleh Arsene Wenger dan Alex Fergusson yang melakukannya delapan kali saja.

2. Debut sempurna Cole Palmer

5 Fakta Kemenangan Telak Manchester City atas Club Brugge di UCLselebrasi gol debut Cole Palmer (twitter.com/ManCity)

Pekan lalu Cole Palmer menjalani laga debutnya di Premier League bersama tim utama Manchester City dengan tampil beberapa menit saja. Menariknya, pada hari yang sama, ia juga tampil untuk Manchester City U23 dan mencetak hattrick pada laga tersebut. Tak berhenti di situ, Guardiola memberikan debut baginya di Liga Champions menghadapi Club Brugge.

Diturunkan pada menit ke-64, ia hanya butuh tiga menit untuk mencetak gol perdananya. Kini, Palmer menjadi pemain termuda ketiga City yang berhasil mencetak gol di Liga Champions pada usia 19 tahun 166 hari, setelah Phil Foden dan Kelechi Iheanacho.

Baca Juga: 5 Klub yang Mengincar Erling Haaland, Manchester City Terdepan

3. Tanpa striker utama, Manchester City memiliki delapan pencetak gol berbeda di UCL musim ini

5 Fakta Kemenangan Telak Manchester City atas Club Brugge di UCLselebrasi gol Riyad Mahrez (twitter.com/Mahrez22)

Musim ini, Manchester City kehilangan striker murni mereka, Sergio Aguero, yang hengkang ke Barcelona. Manchester City juga gagal mendatangkan Harry Kane.

The Cityzens lantas tampil tanpa sosok striker utama. Mereka lebih sering menggunakan sosok false 9. Meski begitu, City tetap tampil tajam dengan mencetak 11 gol dari 3 laga di Champions League.

Menariknya, semua gol tersebut lahir dari delapan pemain berbeda. Riyad Mahrez mengoleksi 3 gol, Joao Cancelo 2 gol, sedangkan gol lainnya dicetak Nathan Ake, Gabriel Jesus, Jack Grealish, Kyle Walker, Cole Palmer, dan gol bunuh diri lawan.

4. Club Brugge kalah telak, tetapi Hans Vaneken cemerlang

5 Fakta Kemenangan Telak Manchester City atas Club Brugge di UCLselebrasi gol Hans Vanaken (uefa.com)

Dengan hasil ini, Manchester City tetap di peringkat kedua dengan 6 poin, sedangkan Club Brugge menempati peringkat ketiga di Grup A dengan 4 poin. Terlepas dari kekalahan telak ini, gelandang serang Club Brugge, Hans Vaneken, menjadi sorotan lewat satu golnya di laga ini.

Ia selalu mencetak gol di lima laga beruntunnya di Liga Champions. Musim ini, ia sudah mencetak tiga gol, masing-masing ke gawang RB Leipzig, Paris Saint-Germain, dan Manchester City. Sedangkan, dua gol lainnya tercipta pada musim lalu ke gawang Zenit St. Petersburg dan Lazio.

5. Pertandingan selanjutnya

5 Fakta Kemenangan Telak Manchester City atas Club Brugge di UCLIlkay Gundogan menggiring bola. (twitter.com/IlkayGuendogan)

Setelah laga ini, kedua tim bakal kembali bermain di liga domestik dan menghadapi lawan berat. Manchester City akan menghadapi tim kuda hitam Premeir League musim ini, Brighton Albion. Kedua tim saat ini berada di urutan ketiga dan keempat dengan selisih dua poin.

Sementara itu, Club Brugge akan menjalani big match melawan Royal Antwerp di Liga Belgia. Kedua tim saat ini terpaut dua poin di posisi empat besar.

Itulah beberapa fakta menarik pertandingan tuan rumah Club Brugge melawan Manchester City. Dengan hasil ini, persaingan di Grup A masih terbuka lebar. Pada laga lainnya, PSG berhasil menaklukan RB Leipzig, sehingga PSG memuncaki klasemen dengan 7 poin, diikuti City dengan 6 poin, Club Brugge 4 poin, dan RB Leipzig masih tanpa poin.

Baca Juga: 6 Pemain Inggris yang Membela Manchester City di Musim 2021/2022

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya