5 Fakta Menarik Jelang Duel Liverpool Vs. Arsenal, Super Bigmatch!

Kedua tim sementara ini hanya berselisih dua poin saja

Premier Laegue akhirnya kembali pasca libur jeda internasional selama dua minggu. Memasuki pekan ke-12, satu laga super bigmatch akan menghadirkan duel antara tuan rumah Liverpool menghadapi Arsenal, Minggu (21/11/2022) pukul 00.30 WIB. Laga ini akan sangat menarik karena kedua tim hanya terpaut dua poin saja di tabel klasemen sementara. 

Saat ini Liverpool berada di urutan keempat, diikuti Arsenal persis di bawahnya dengan selisih dua poin saja. Bagi The Gunners, Merebut poin di Anfield jelas bukanlah hal yang mudah. Namun, performa mereka yang saat ini sedang onfire bisa jadi modal berharga untuk menyajikan pertarungan sengit besok dini hari.

Mampukah Arsenal memberikan kejutan? Berikut ini lima fakta menarik jelang duel kedua tim tersebut!

1. Liverpool dihadang badai cedera

5 Fakta Menarik Jelang Duel Liverpool Vs. Arsenal, Super Bigmatch!potret sederet pemain Liverpool kala melawan West Ham (premierleague.com)

Jelang laga krusial menghadapi Arsenal, Liverpool harus mendapatkan serangkaian kabar buruk. Striker utamanya Roberto Firmino menderita cedera sepulang laga internasional. Ini semakin menambah daftar panjang cedera para pemain The Reds. Sadio Mane dan Andy Robertson pun sempat cedera, namun diyakini akan segera fit jelang laga

Sebelumnya, mereka sudah kehilangan Jordan Henderson, Naby Keita, James Miler, Joe Gomez, Curtis Jones dan Harver Elliot. Total, The Reds kehilangan enam  pemainnya. Badai cedera ini mengulangi sejarah musim lalu, yang membuat performa Liverpool anjlok.

2. Arsenal datang dengan rekor kemenangan impresif

5 Fakta Menarik Jelang Duel Liverpool Vs. Arsenal, Super Bigmatch!potret selebrasi gol pemain Arsenal (arsenal.com)

Liverpool baru saja mengalami kekalahan perdananya di EPL musim ini pada pekan ke-11 dari West Ham dengan skor 3-2. Sedangkan Arsenal tampil luar biasa dengan rekor tak terkalahkan dalam 10 laga terakhirnya. Torehan ini pun membuat The Gunners kini hanya tertinggal dua poin saja dari Liverpool.

Rekor ini menjadi modal penting bagi Arsenal menghadapi Liverpool di Anfield. Tuan rumah sendiri sedang pincang karena banyaknya pemain yang cedera. Kondisi moral dan kepercayaan diri para pemain The Gunners akan diuji di laga berat ini. Kemenangan akan memberikan suntikan motivasi untuk bisa bersaing di papan atas, bahkan memperebutkan gelar juara.

Baca Juga: 5 Fakta Jelang Duel Leicester City Vs. Chelsea di Premier League

3. Liverpool unggul statistik, tapi Arteta lebih sering menang atas Jurgen Klopp

5 Fakta Menarik Jelang Duel Liverpool Vs. Arsenal, Super Bigmatch!potret Jurgen Klopp dan Mikel Arteta (football.london)

Secara statistik Liverpool mampu mengungguli Arsenal. Dalam lima pertemuan terkahir keduanya di EPL, Liverpool meraih empat kemenangan, berbanding satu milik Arsenal. Catatan gol The Reds musim ini pun unggul jauh dengan torehan 31 gol, sedangkan Arsenal hanya mencetak 13 gol dari 11 laga.

Namun, Arsenal era Mikel Arteta adalah lawan tangguh bagi Jurgen Klopp. Kedua manajer itu sudah berhadapan sebanyak lima kali di semua ajang. Menariknya, Mikel Arteta unggul dengan tiga kemenangan, sedangkan Klopp meraih dua kemenangan.

4. Prediksi starting XI

5 Fakta Menarik Jelang Duel Liverpool Vs. Arsenal, Super Bigmatch!potret duel Arsenal vs Liverpool (premierleague.com)

Arsenal akan kembali mengandalkan pemain mudanya yang sedang onfire, Emile Smith Rowe. Gelandang serang 21 tahun itu tampil apik dengan mengoleksi empat gol dan dua assist dari 11 laga EPL musim ini. Sedangkan lini serang akan kembali diisi oleh Aubameyang, yang juga sudah mencetak empat gol.

Sedangkan Liverpool akan bertumpu pada duet mematikan Mohamed Salah, Diogo Jota dan Sadio Mane. 

Arsenal (4-2-3-1): Ramsdale; Tomiyasu, White, Gabriel, Tierney; Partey, Lokonga; Saka, Lacazette, Smith Rowe; Aubameyang.

Liverpool (4-3-3) : Alisson, Robertson, Van Dijk, Konate, Alexander-Arnold, Fabinho, Thiago, Oxlade-Chamberlain, Salah, Jota, Mané

5. Jadwal padat Liverpool

5 Fakta Menarik Jelang Duel Liverpool Vs. Arsenal, Super Bigmatch!potret selebrasi gol Trent Alexander-Arnold (premierleague.com)

Jelang hadapi Arsenal, Liverpool tidak hanya dipusingkan dengan badai cedera pemain inti, tetapi juga oleh jadwal yang padat yang menanti mereka di sisa bulan November ini. Mereka harus berlaga setiap tiga hari sekali, sedangkan para pemain Arsenal akan lebih fit karena tidak tampil di kompetisi Eropa. 

Setelah melawan Arsenal, Liverpool bakal menjamu Porto di Anfield dalam laga lanjutan pekan kelima Liga Champions. Kendati The Reds sendiri sudah memastikan satu tiket lolos usai meraih empat kemenangan di fase grup, Liverpool tetap perlu memerhatikan kedalaman skuadnya agar tak kewalahan.

Jelang duel Liverpool kontra Arsenal, kemenangan menjadi harga mutlak bagi kedua tim agar terus bersaing di papan atas klasemen Premier League. Meskipun di atas kertas tak lebih diunggulkan, Arsenal tentu mengincar kemenangan untuk melanjutkan tren positif mereka sekaligus menjaga asa bermain di kompetisi Eropa musim depan.

Baca Juga: 5 Gelandang Muda Inggris yang Bersinar di Premier League

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya