Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Kemenangan Ajax Atas Dortmund, Pesta Gol!

Erling Haaland tak berkutik di kandang Ajax

Laga ketiga grup C Liga Champions mempertemukan dua tim kuda hitam, Ajax kontra Borussia Dortmund. Bermain di Amsterdam Arena, tuan rumah tampil mendominasi sepanjang jalannya pertandingan. Anak asuh Erik ten Hag berhasil memenangi laga dengan skor meyakinkan, 4-0. 

Gol-gol tersebut lahir lewat gol bunuh diri Marco Reus, Daley Blind, Antony, dan Sebastian Haller. Hasil ini membuat Ajax kokoh di puncak klasemen dengan kemenangan sempurna, sedangkan Dortmund berada di peringkat kedua dengan 6 poin.

Berikut ini 5 fakta menarik yang terjadi sepanjang laga.

1. Kemenangan terbesar Ajax atas tim asal Jerman

5 Fakta Menarik Kemenangan Ajax Atas Dortmund, Pesta Gol!potret Sebastien Heller dan Anthony melakukan selebrasi (twitter.com/ChampionsLeague)

Pada laga ini Ajax menguasai jalannya pertandingan dengan penguasaan bola sebesar 56 persen dan melakukan 18 tendangan ke gawang lawan, berbanding 10 milik Dortmund. Empat di antaranya berbuah gol bagi Ajax. Torehan ini pun sekaligus menjadi kemenangan terbesar Ajax atas tim asal Jerman sejak tahun 1973.

Dalam laga ini, kiper Ajax, Remko Pasveer, tampil cemerlang dengan mematahkan peluang emas Erling Haaland sebanyak tiga kali. Ini menjadikan dirinya kiper pertama yang melakukannya dalam satu pertandingan.

2. Sebastien Haller kokoh di puncak top skor

5 Fakta Menarik Kemenangan Ajax Atas Dortmund, Pesta Gol!selebrasi gol Sebastien Haller (uefa.com)

Striker Ajax, Sebastien Haller melanjutkan performa impresifnya di Liga Champions dengan turut menyumbangkan 1 gol di laga ini. Secara total, pemain berusia 27 tahun ini sudah mengoleksi 6 gol hanya dari 3 laga saja. Capaian ini tidak hanya membuat dirinya menjadi top skor sementara, tetapi juga menjadikan dirinya pemain kedua dalam sejarah Liga Champions yang mampu mencetak 6 gol dari 3 laga.

Haller juga menjadi pemain keempat dalam sejarah Ajax yang berhasil mencetak gol di tiga laga beruntun Liga Champions setelah Patrick Kluivert, Gary Litmanen, dan Dusan Tadic.

Baca Juga: Hasil Liga Champions: Inter Milan dan Liverpool Menang

3. Bersama Liverpool, Ajax menjadi tim paling sempurna

5 Fakta Menarik Kemenangan Ajax Atas Dortmund, Pesta Gol!para pemain Ajax lakukan selebrasi bersama fans (

Bersama Liverpool, kemenangan ini membawa Ajac meraih kemenangan sempurna di tiga laga awal Liga Champions. Keduanya juga menjadi tim tertajam karena sudah mencetak 11 gol sejauh ini. Namun, Ajax memiliki catatan lebih baik dalam bertahan karena baru kemasukan satu gol saja, sedangkan The Reds sudah kebobolan 5 gol.

Ajax pun berpeluang besar lolos ke babak selanjutnya mewakili grup C. Di laga lainnya, Sporting Lisbon menang telak atas Beskitas dengan skor 1-5. Klub asal Portugal itu mengisi peringkat ketiga dengan 3 poin, sedangkan Beskitas berada di dasar klasemen tanpa meraih satu pun kemenangan.

4. Daley Blind terpilih sebagai man of the match

5 Fakta Menarik Kemenangan Ajax Atas Dortmund, Pesta Gol!potret Daley Blind lakukan selebrasi gol (ad.nl)

Dalam laga ini Daley Blind terpilih sebagai man of the match. Ia tampil impresif dengan mencetak 1 gol dan 1 assist. Tidak hanya itu, pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan itu pun menonjol dalam menjaga pertahanan dan membantu membangun serangan. Tidak mengherankan jika Dortmund gagal mencetak satu pun gol dalam laga ini.

Selain Daley Blind, pemain Ajax lainnya seperti sang kiper, Remkor Pasveer pun tampil tak kalah memukau. Begitu juga Sebastien Haller yang mencetak 1 gol dan 2 assist dalam laga ini.

5. Pertandingan selanjutnya

5 Fakta Menarik Kemenangan Ajax Atas Dortmund, Pesta Gol!para pemain Ajax melakukan selebrasi gol (uefa.com)

Ajax harus segera melupakan kemenangan ini dan kembali fokus menghadapi Eredivisi di akhir pekan nanti. Lawan yang bakal mereka hadapi selanjutnya adalah sang musuh bebuyutan, PSV Eindhoven. Ajax saat ini memuncaki klasemen dengan hanya selisih satu poin saja dari PSV yang berada di urutan kedua.

Sementara itu, Borussia Dortmund bakal menghadapi tim zona degradasi Arminia Bielefeld di laga lanjutan Bundesliga akhir pekan mendatang. Dortmund wajib memenangi laga ini demi merebut puncak klasemen dari tangan Bayern Munchen, yang hanya berselisih satu poin. 

Itulah deretan catatan menarik yang menghiasai pertandingan Ajax melawan Borussia Dortmund. Kemenangan ini membuat Ajax berpotensi bisa melangkah jauh di Liga Champions musim ini seperti yang pernah mereka lakukan di musim 2018/19. Ajax dan Dortmund sendiri menjadi dua tim kuda hitam di Liga Champions musim. Akan sangat menarik meliihat sejauh mana mereka bisa melangkah.

Baca Juga: Jadwal Liga Champions Tengah Pekan Ini 

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya