5 Nama Baru yang Berpotensi Gantikan Solskjaer di Manchester United

Ralf Rangnick hingga Brendan Rodgers

Setelah Manchester United dibantai Liveprool 0-5 di Old Trafford, posisi Ole Gunnar Solskjaer sebagai pelatih terancam. Namun, manajemen klub masih memberikan kepercayaan. Setan Merah kemudian bangkit dengan meraih kemenangan atas Tottenham Hotspur dan menahan imbang Atalanta di Liga Champions.

Sayang, inkonsistensi kembali menerpa skuad Setan Merah. Mereka kembali kalah di Old Trafford. Kali ini di tangan tim sekota, Manchester City. Kabar pemecatan Solskjaer pun kembali berembus kencang.

Opsi pelatih top memang terbatas usai Antonio Conte memilih Tottenham Hotspur. Namun, lima pelatih ini dinilai layak untuk menggantikan Solskjaer.

1. Ralf Rangnick

5 Nama Baru yang Berpotensi Gantikan Solskjaer di Manchester UnitedRalf Rangnick (twitter.com/RBLeipzig_EN)

Ralf Rangnick disebut-sebut sebagai salah satu kandidat terkuat untuk melatih Manchester United menggantikan Solksjaer. Dia dinilai sebagai sosok yang tepat untuk membenahi berbagai masalah MU saat ini, mulai dari hilangnya identitas klub hingga filosofi bermain yang bias. Rangnick adalah sosok luar biasa di sepak bola Jerman. Ia adalah inspirasi bagi pelatih-pelatih top seperti Jurgen Klopp dan Julian Nagelsmann.

Manajemen MU kabarnya cukup terkesan dengan apa yang telah ia capai. Wakil Eksekutif MU, Edd Woodward, bahkan dilaporkan sudah bertemu dengan Rangnick dalam sebuah pertemuan informal. Rangnick sendiri dikabarkan bersedia jika diberikan tawaran melatih MU. Saat ini, dia berstatus Direktur Olahraga dan Pengembangan Lokomotiv Moskow.

2. Michael Carrick

5 Nama Baru yang Berpotensi Gantikan Solskjaer di Manchester UnitedMichael Carrick (twitter.com/ManUtdMEN)

Ole Gunnar Solksjaer kemungkinan masih akan diberikan kesempatan hingga akhir tahun. Namun, jika performa klub masih belum ada perkembangan, sangat mungkin mereka menunjuk pelatih sementara alias caretaker pada diri Michael Carrick.

Carrick dinilai memiliki cukup kapasitas setelah menjadi asisten manajer Jose Mourinho dan Ole Gunnar Solskjaer. Dengan menunjuk Carrick sebagai caretaker, MU akan memiliki waktu lebih banyak untuk mendatangkan pelatih top musim depan. 

Baca Juga: 5 Rekor Buruk Ole Gunnar Solskjaer sebagai Pelatih Manchester United

3. Gareth Southgate

5 Nama Baru yang Berpotensi Gantikan Solskjaer di Manchester UnitedGareth Southgate (skysports.com)

Apa yang dilakukan Gareth Southgate untuk timnas Inggris sejak 2016 lalu dinilai luar biasa. Di bawah asuhannya, Inggris mampu berkembang lewat skuad yang diisi para pemain muda potensial. Meski belum memberikan gelar, capaiannya cukup impresif dengan membawa The Three Lions lolos ke semifinal Piala Dunia 2018 dan final Piala Eropa 2020.

Hal ini kabarnya membuat Setan Merah tertarik kepada eks pelatih Middlesbrough itu. Namun, Southgate dipastikan fokus menangani Inggris untuk Piala Dunia 2022. Jika menginginkan jasanya, mereka harus menunggu hingga Piala Dunia 2022 berakhir.

4. Zinedine Zidane

5 Nama Baru yang Berpotensi Gantikan Solskjaer di Manchester UnitedZinedine Zidane (marca.com)

Setelah Antonio Conte ke Tottenham Hotspur, tinggal Zinedine Zidane pelatih top yang tersedia saat ini. Masih belum ada tanda-tanda ia akan kembali melatih usai mundur dari jabatannya sebagai manajer Real Madrid. Klub kabarnya sangat berharap Zidane bisa menjadi pengganti Ole Gunnar Solksjaer karena reputasinya yang telah teruji.

Dua mantan anak asuhnya, Cristiano Ronaldo dan Raphael Varane, kini kabarnya dimintai bantuan Setan Merah untuk membujuk pelatih asal Prancis itu. Zidane sempat dikabarkan tidak tertarik untuk melatih MU. Namun, ini bisa saja berubah seiring negosiasi yang digelar oleh manajemen klub.

5. Brendan Rodgers

5 Nama Baru yang Berpotensi Gantikan Solskjaer di Manchester UnitedBrendan Rodgers (skysports.com)

Selain Ralf Rangnick, kini nama Brendan Rodgers mencuat sebagai salah satu yang difavoritkan menggantikan Solksjaer sebagai pelatih Setan Merah. Kabar ini semakin menguat setelah media Inggris melaporkan jika Brendan Rodgers sedang mencari rumah baru di sekitar Manchester.

Brendan Rodgers sendiri merupakan salah satu pelatih top di Premier League saat ini. Di bawah asuhannya, Leicester City dibawanya kembali ke papan atas. Dalam dua musim terakhir, The Foxes selalu finis di peringkat ke-5. Rodgers sendiri pernah membawa Liverpool hampir menjuarai Premier League sebelum hengkang ke Celtic dan meraih juara Liga Skotlandia dua musim beruntun.

Sejak ditinggal Sir Alex Ferguson pada 2013, Manchester United seolah kehilangan taringnya. Setan Merah tak pernah lagi menjuarai Premier League meski kursi manajer silih berganti. Solksjaer yang dipercaya sejak 2018 kini tampaknya mengalami nasib serupa. Nasibnya berada di ujung tanduk dan lima nama di atas berpotensi menjadi penggantinya.

Baca Juga: 6 Pembelian Termahal Manchester United di Era Ole Gunnar Solskjær

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya