Sedang Menganggur, 5 Pelatih Top Dunia Ini Jadi Incaran Klub Besar

Meski di antara mereka beberapa kali dipecat dari klub

Kesuksesan sebuah klub tak lepas dari peran besar seorang pelatih dalam menyusun sebuah strategi. Tak hanya itu, pelatih juga bertanggung jawab dalam pemilihan pemain dan kebijakan transfer klub demi merengkuh berbagai prestasi.

Di balik itu semua, seorang pelatih pun memiliki sebuah risiko besar saat tim yang diasuhnya harus gagal. Pemecatan atau pemutusan kontrak menjadi salah satu akibat yang harus ditanggung. Tak sedikit klub yang harus memecat pelatihnya karena deretan kekalahan yang diderita, meskipun musim kompetisi baru dimulai. Akibatnya mereka pun harus segera mencari pegantinya yang lebih baik lagi.

Berikut ini adalah lima pelatih top dunia yang sedang 'menganggur' dan menjadi incaran klub-klub Eropa saat ini.

1. Arsene Wenger

Sedang Menganggur, 5 Pelatih Top Dunia Ini Jadi Incaran Klub Besar90min.com

Musim 2017/2018 menjadi musim terakhir Arsene Wenger menangani klub yang telah dilatihnya selama 22 tahun, Arsenal. 3 trofi Liga Inggris, 7 Piala FA dan 7 trofi Community Shield menjad bukti kehebatan sang professor.

Sayangnya, penampilan Arsenal yang hanya finish di posisi ke-6 musim lalu, membuat fans dan manajemen klub kehilangan kesabaran. Apalagi Arsenal sudah puasa gelar Liga Inggris selama 14 tahun. Di akhir musim, kedua pihak pun sepakat untuk tidak memperpanjang kontrak mereka.

Meskipun usianya sudah 69 tahun, Wenger menyatakan dirinya masih siap dan ingin kembali melatih sebuah klub di musim ini. Walaupun belum tahu klub mana yang akan dituju, Wenger sempat diisukan akan menjadi pelatih AC Milan, meski belum ada pembicaraan resmi antar kedua pihak.

2. Antonio Conte

Sedang Menganggur, 5 Pelatih Top Dunia Ini Jadi Incaran Klub Besaren.as.com

Liga Inggris musim 2017/2018 pun menjadi masa yang tak menyenangkan bagi Antonio Conte, pasalnya Chelsea memecat sang arsitek asal Italia terebut setelah hanya finish di posisi ke-5. Padahal Conte sendiri terhitung sukses saat memberikan gelar Liga Inggris dan Fa Cup di musim pertamanya.

Pemecatan ini sendiri menjadi sebuah sengketa di persidangan karena Antonio Conte merasa haknya tidak dipenuhi Chelsea setelah dipecat. Bahkan kasus keduanya pun belum usai hingga saat ini. Padahal Antonio Conte sendiri dikabarkan menjadi kandidat kuat menjadi pelatih utama setelah Lopetegui dipecat Madrid.

Baca Juga: Ini Bedanya Penyataan Chelsea Saat Pecat Mourinho dan Antonio Conte

3. Zinedine Zidane

Sedang Menganggur, 5 Pelatih Top Dunia Ini Jadi Incaran Klub Besarbarcablaugranes.com

Jika ditanya siapa pelatih klub tersukses dalam satu dekade terakhir, maka Zinedine Zidane-lah jawabannya. Mengambil alih Real Madrid yang tampil buruk di tangan Rafael Benitez pada tahun 2014. Zidane mulai mengembalikan performa Madrid menjadi tim mematikan di Spanyol dan Eropa.

Tiga musim menangani Real Madrid, Zidane berhasil mempersembahkan 4 trofi Liga Champions dan satu trogi Liga Champions. Hebatnya lagi, 3 trofi Liga Champions terakhir didapatkan secara beruntun. Dia pun didapuk sebagai pelatih terbaik dunia.

Namun secara mengejutkan musim lalu Zidane mengundurkan dir sebagai pelatih Real Madrid, dan kini dirinya sedang menganggur. Tim-tim besar pun tertarik untuk menjadikannya pelatih utama. Beberapa diantaranya adalah Juventus, Bayern Muenchen dan Manchester United.

4. Leonardo jardim

Sedang Menganggur, 5 Pelatih Top Dunia Ini Jadi Incaran Klub Besarfootaa.com

Semejak menangani AS Monaco pada musim 2014/2015, Jardim berhasil menjadikan AS Monaco saingan terberat PSG yang menjadi penguasa Liga Prancis. Pada musim 2016/2017 menjadi musim terbaiknya saat berhasil menjadi juara Liga Prancis dan lolos ke semifinal Liga Champions.

Bahkan dibawah kepelatihannya, hadir pemain-pemain besar seperti Kylan Mbappe, Bernardo Silva, James Rodriguez, Anthony Martial dan Bakayoko yang kini bermain di klub-klub besar Eropa. Sayangnya Jardim harus menerima pemecatan dirinya di awal musim ini setelah gagal menang di 10 pertandingan awal.

Kini sang pelatih pun menganggur, namun kemampuannya tetap dipertimbangkan dan menjadi incaran klub top Eropa. Setelah sempat dikabarkan didekati Real Madrid, kini Jardim santer diisukan untuk melatih AC Milan.

5. Julen Lopetegui

Sedang Menganggur, 5 Pelatih Top Dunia Ini Jadi Incaran Klub Besarthenational.ae

Habis jatuh tertimpa tangga, itulah ungkapan yang tepat menggambarkan nasib Julen Lopetegui di tahun 2018. Setelah dipecat timnas Spanyol tepat beberapa hari sebelum Piala Dunia 2018, karena menerima kontrak melatih Real Madrid.

Kini Lopetegui kembali mengalami pemecatan dari klubnya, Real Madrid. Kekalahan telak dari Barcelona dengan skor 5-1 menjadi laga terakhirnya besama El Real. Bersama Madrid, Lopetegui hanya berhasil meraih 6 kemenangan, 4 imbang dan 6 kekalahan.

Meskipun begitu, nama Lopetegui sebagai seorang manajer tak luntur begitu saja. Saat ini pelatih asal Spanyol tersebut dikabarkan sedang didekati federasi sepak bola Meksio untuk menjadi pelatih timnasnya.

Nama hebat dan prestasi seorang pelatih memang menjadi jaminan bagi sebuah klub untuk merekrutnya. Lalu, klub manakah yang akan dituju para pelatih ini?

Baca Juga: Santiago Solari Resmi Jadi Pelatih Real Madrid Hingga 2021

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya