5 Pelatih Top yang Dinilai Tepat Gantikan Solksjaer di Man United

Ada nama Eddie Howe hingga Zinedine Zidane

Dalam tiga laga terakhir Manchester United di Premier League, mereka hanya mampu meraih satu poin saja. Dua kekalahan dalam tiga laga terakhir itu membuat posisi Ole Gunnar Solksjaer sebagai pelatih utama mulai diragukan. Tuntutan fans agar ia diganti pun kian santer terdengar.

Pelatih asal Norwegia itu dinilai kurang mampu memaksimalkan skuad yang dimiliki Manchester United saat ini. Padahal, tiga pemain bintang berhasil didatangkan musim panas kemarin.

Beberapa nama bahkan mulai bermunculan sebagai kandidat potensial pengganti Solksjaer. Nah, berikut ini adalah 5 nama yang dinilai tepat bisa gantikan peran Solksjaer sebagai pelatih utama MU.

1. Eddie Howe

5 Pelatih Top yang Dinilai Tepat Gantikan Solksjaer di Man Unitedpotret Eddie Howe (premierleague.com)

Eddie Howe tidak memiliki klub sejak berpisah dengan Bournemouth Agustus 2020 lalu. Tangani Bournemouth selama 8 tahun, Eddie Howe sukses membawa Bournemouth promosi ke Premier League dari divisi ketiga sepak bola Inggris. Lebih jauh lagi, dia berhasil mempertahankan eksistensi The Cherries selama lima tahun di Premier League dengan skuad yang sederhana.

Howe baru-baru ini menolak pinangan Celtic FC. Banyak pihak yang menilai jika kehadirannya ke klub besar pasti akan segera terjadi karena potensi besar yang ia miliki. Manchester United bisa menjadi peluang besar bagi Howe. Dia adalah sosok yang berhasil mengeluarkan potensi terbaik pemain muda kala menangani Bournemouth. Dengan sejumlah besar talenta muda yang luar biasa di MU, mereka dinilai akan berkembang lebih jauh di bawah tangan dingin Eddie Howe.

2. Graham Potter  

5 Pelatih Top yang Dinilai Tepat Gantikan Solksjaer di Man Unitedpotret Graham Potter (twitter.com/OfficialBHAFC)

Graham Potter adalah manajer yang sangat menjanjikan saat ini. Dia membawa Brighton and Hove Albion menjelma sebagai klub kuda hitam di EPL. Pelatih berusia 46 tahun itu mendapat banyak pujian atas gaya bermain Brighton yang menghibur. Hingga pekan ke-8, Brighton berhasil menempati peringkat ke-4 dengan selisih 4 angka saja dari Chelsea di puncak klasemen.

Meskipun skuadnya tanpa bintang, Potter mampu menerapkan sistem bermain atraktif, menyerang, dan mengeluarkan sisi terbaik dari para pemainnya. Lewat performa apiknya ini, dia dinilai layak untuk menangani klub lebih besar dengan menerapkan gaya serupa. Manchester United saat ini kesulitan menemukan keseimbangan dan menerapkan gaya permainan yang berkarakter. Nama Potter pun berpotensi untuk memperbaikinya.

Baca Juga: 5 Pelatih Sepak Bola Terbaik Saat Ini yang Kaya Akan Taktik Permainan

3. Erik Ten Hag

5 Pelatih Top yang Dinilai Tepat Gantikan Solksjaer di Man Unitedpotret Erik ten Hag (uefa.com)

Erik Ten Hag adalah kandidat lainnya yang telah dikaitkan dengan posisi manajerial di Manchester United. Dia telah membuktikan kualitas dirinya di Ajax dan dinilai siap untuk langkah besar berikutnya dalam kariernya. Pelatih berusia 51 tahun itu telah memenangkan beberapa gelar Eredivisie dan Piala Belanda selama empat tahun berkiprah sebagai manajer Ajax.

Salah satu pencapaiannya yang paling diingat adalah membawa Ajax hingga babak semi final Liga Champions edisi 2018/19. Ajax lolos dengan luar biasa usai mengalahkan lawan berat seperti Real Madrid dan Juventus, sebelum akhirnya kalah tipis dari Tottenham Hotspur. Filosofi pelatih asal Belanda itu dalam memainkan gaya sepak bola menyerang yang atraktif sangat cocok dengan filosofi bermain Manchester United. 

4. Antonio Conte

5 Pelatih Top yang Dinilai Tepat Gantikan Solksjaer di Man Unitedpotret Antonio Conte (inter.it)

Antonio Conte adalah salah satu manajer paling berpengalaman yang saat ini belum memiliki klub. Musim panas kemarin dia menolak pindah ke Tottenham Hotspur setelah berpisah dengan Inter Milan. Pelatih asal Italia itu adalah sosok yang membawa Inter Milan meraih Scudetto musim lalu sekaligus mematahkan dominasi Juventus selama bertahun-tahun.

Meskipun Conte dinilai kurang cocok karena gaya bermain pragmatis dan perencanaan skuad yang sangat spesifik, dia memiliki pengalaman luar biasa untuk mengembalikan kejayaan sebuah klub. Ini sangat cocok bagi Manchester United yang belum pernah juara Premier League lagi sejak ditinggalkan oleh Sir Alex Fergusson. Conte sendiri sudah memiliki pengalaman di Premier League saat membawa Chelsea menjadi juara.

5. Zinedine Zidane 

5 Pelatih Top yang Dinilai Tepat Gantikan Solksjaer di Man Unitedpotret Zinedine Zidane (realmadrid..com)

Eks pelatih Real Madrid  ini merupakan salah satu kandidat terkuat yang bisa menduduki posisi manajer di Manchester United. Meski baru melatih satu klub saja dalam kariernya, prestasi Zidane sangat fanstastis dengan memenangkan 3 trofi Liga Champions berturut-turut pada periode pertamanya bersama El Real. 

Kabar terbaru menyebutkan jika Cristiano Ronaldo merekomendasikan Zinedine Zidane sebagai pelatih berikutnya untuk MU. Dengan skuad bintang yang dimiliki MU saat ini, Zidane dinilai sosok yang tepat untuk meracik skuad yang kompetitif.

Kualitas Ole Gunnar Solksjaer dalam membangun tim di awal kepelatihannya di Old Trafford memang menjanjikan. Namun, perihal mengembalikan kejayaan klub, dia dinilai belum memiliki kemampuan itu. Inkonsistensi dan gaya bermain tim yang tak memiliki karakter kuat jadi kelemahannnya. Apalagi saat ini MU memiliki kualitas skuad yang luar biasa, sehingga diharapkan mampu berbuat banyak di musim ini.

Baca Juga: Tiga Fakta Unik dari Kemenangan Manchester United Atas Atalanta

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya