Comscore Tracker

5 Pemain Premier League yang Tampil Impresif di Atas Usia 35 Tahun

Ada yang mempersembahkan trofi Liga Europa

Premier League dianggap sebagai kompetisi terbaik dunia dalam satu dekade terakhir. Hadirnya banyak pemain bintang dan finansial klub yang mapan membuat persaingan berjalan sangat sengit. Tidak hanya itu, filosofi bermain menyerang dan sepak bola cepat pun membuat EPL sangat digandrungi di seluruh dunia.

Banyak pihak kemudian menilai jika Premier League tidak cocok untuk pemain yang telah dimakan usia. Apalagi berusia 35 tahun ke atas. Namun, beberapa pemain top mampu membuktikan diri dan mematahkan anggapan tersebut. Mereka tampil impresif di usia senja, bahkan mempersembahkan gelar.

1. Fernando Hierro (Bolton Wanderers)

5 Pemain Premier League yang Tampil Impresif di Atas Usia 35 TahunFernando Hierro (premierleague.com)

Sam Allardyce adalah sosok pelatih yang mampu mengeluarkan performa terbaik dari pemain veteran ketika menangani Bolton. Saat itu, pemain seperti Jay-Jay Okocha dan Youri Djorkaeff tampil mengesankan meski sudah dimakan usia. Satu nama lainnya adalah legenda Real Madrid, Fernando Hierro, yang direkrut dari Al-Rayyan saat usianya sudah menginjak 36 tahun.

Diposisikan sebagai bek tengah dan gelandang bertahan, pemain asal Spanyol itu membuat 28 penampilan di Premier League, termasuk 15 kali menjadi starter. Dengan pengalaman dan kepemimpinannya yang luar biasa, ia membantu Bolton finis di urutan keenam. Pada akhir musim, ia memutuskan untuk gantung sepatu.

2. Zlatan Ibrahimovic (Manchester United)

5 Pemain Premier League yang Tampil Impresif di Atas Usia 35 TahunZlatan Ibrahimovic (manutd.com)

Setelah 4 musim bersama Paris Saint-Germain, Zlatan Ibrahimovic untuk pertama kalinya menginjakan kaki di Premier League. Ia diboyong Manchester United pada era Jose Mourinho, saat berusia 35 tahun. Banyak pihak mengkritisi strategi MU kala itu karena sang pemain dinilai sudah tua. Ia tidak akan mampu mengimbangi gaya bermain Premier Laegue yang cepat dan keras.

Namun, seperti biasanya, Zlatan Ibrahimovic berhasil membungkam para pengkritiknya. Pada laga debutnya, ia sukses mencetak gol dan mempersembahkan gelar Community Shield. Pada Februari, ia telah mengoleksi 15 gol Liga Premier, menjadikannya pemain tertua yang melakukannya pada usia 35 tahun dan 125 hari. Pada musim pertamanya, ia sukses mencetak 28 gol dari 46 laga di semua ajang, juga mempersembahkan gelar Liga Europa dan Piala Liga.

Baca Juga: Tua-Tua Keladi, Ini 5 Pemain Termahal di Kisaran Usia 34 Tahun ke Atas

3. Les Ferdinand (Leicester City)

5 Pemain Premier League yang Tampil Impresif di Atas Usia 35 TahunLess Ferdinand (lcfc.com)

Ferdinand berusia 37 tahun ketika ia menandatangani kontrak dengan klub promosi Leicester City dengan status bebas transfer pada 2003. Ferdinand langsung memberikan dampak pada penampilan pertamanya untuk The Foxes dengan mencetak gol ke gawang Southampton.

Ia berhasil mencetak 12 gol dari 29 pertandingan Premier League 2003/2004. Lewat performa impresifnya itu, ia menjadi top skor klub dan didapuk menjadi pemain terbaik Leicester City musim itu. Sayangnya, The Foxes harus terdegradasi pada akhir musim. Sang pemain kemudian hengkang ke Bolton Wanderers.

4. Teddy Sheringham (Manchester United)

5 Pemain Premier League yang Tampil Impresif di Atas Usia 35 TahunTeddy Sheringham (premierleague.com)

Sheringham menjadi penerima tertua Penghargaan Pemain Terbaik PFA di Manchester United pada 2001 ketika berusia 35 tahun. Ia bergabung dengan Setan Merah pada 1997 dari Tottenham Hotspur. Pada musim terakhirnya di MU (2000/2001), Sherringham sukses mencetak 21 gol dari 43 laga di semua ajang dan mempersembahkan trofi Premier League.

Ia kemudian pulang ke Tottenham dengan status free transfer dan sempat berkostum Portsmouth. Sherringham kemudian gantung sepatu pada usia 42 tahun dengan klub League Two, Colchester United, pada 2008.

5. Cristiano Ronaldo (Manchester United)

5 Pemain Premier League yang Tampil Impresif di Atas Usia 35 Tahunselebrasi gol Cristiano Ronaldo ke gawang Atalanta (sport.sky.it)

Setelah gagal mempertahankan scudetto bersama Juventus, Cristiano Ronaldo pulang ke Manchester United pada musim panas lalu. Meski telah berusia 36 tahun, ia dinilai masih memiliki insting mencetak gol yang tajam. Hal itu memang langsung ia buktikan dengan mencetak brace pada laga debutnya melawan Newcastle United.

Saat ini, ia sudah mencetak 12 gol dari 16 laga di semua ajang. Seluruh golnya itu ia cetak masing-masing enam gol di Premier League dan Liga Champions. MU sendiri telah memastikan lolos ke babak 16 besar dan saat ini mulai kembali bangkit di bawah arahan Ralf Rangnick.

Itulah lima pemain yang tampil sangat mengesankan pada usia 36 tahun ke atas saat tampil di Premier League. Mereka berhasil membuktikan jika usia hanyalah angka.

Hal yang lebih luar biasa adalah mereka mampu memberikan prestasi bagi klubnya kala itu lewat kontribusi besarnya. Cristiano Ronaldo kini menjadi satu-satunya yang masih aktif di Premier League. Bisakah ia mempersembahkan gelar musim ini bagi MU?

Baca Juga: 5 Pemain Tua yang Makin Gacor di Liga Top Eropa Musim 2021/22

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya