Comscore Tracker

5 Pemain Timnas Inggris Saat Juara Piala Dunia U17 dan Nasibnya Kini  

Ada Jadon Sancho, lho! #IDNTimesSport

Inggris memang memiliki salah satu kompetisi sepak bola paling populer di dunia, Premier League. Meski demkian, kompetisi ini lebih banyak diisi oleh pemain-pemain asing dari segala penjuru dunia. Premier League bahkan dinilai tidak ramah untuk para pemain muda asal Inggris sendiri. 

Klub-klub Inggris lebih memilih para pemain yang sudah matang yang berasal dari seantero negeri. Meski begitu, dalam beberapa tahun terakhir Inggris tak pernah kekurangan pemain muda berbakat. Bahkan, timnas U-17 mereka sempat menjuarai Piala Dunia U-17 di tahun 2017.

Berikut ini adalah beberapa punggawanya kala itu dan nasibnya kini. 

1. Rhian Brewster  

5 Pemain Timnas Inggris Saat Juara Piala Dunia U17 dan Nasibnya Kini  potret Rhian Brewster (thisisfutbol.com)

Rhian Brewster merupakan pahlawan timnas Inggris U-17 di Piala Dunia 2017. Dia menjadi top skorer dengan 8 gol dari 6 laga, termasuk satu gol di laga final. Sang pemain sendiri adalah produk asli Liverpool yang menjalani karier profesionalnya pada 2020 di Swansea sebagai pemain pinjaman.

Bersama Swansea, Brewster tampil apik dengan mencetak 11 gol dari 22 laga. Performa apiknya itu membuat Sheffield United tertarik memboyongnya dengan harga 28 juta euro atau Rp480 miliar dari Liverpool. Sayangnya, musim itu Sheffield harus terdegradasi dari Premier League dan kini bermain di divisi Championship.

2. Conor Gallagher  

5 Pemain Timnas Inggris Saat Juara Piala Dunia U17 dan Nasibnya Kini  potret Conor Gallagher (football.london)

Conor Gallagher merupakan didikan akademi Chelsea yang bermain untuk The Blues U-23. Demi mengembangkan potensinya, pemain yang berposisi gelandang itu beberapa kali dipinjamkan ke tim utama seperti Charlton Athletic, Swansea dan West Bromwich. Sedangkan untuk musim ini sendiri, Conor Gallagher dipinjamkan ke sesama klub Premier League, Crystal Palace.

Baca Juga: 5 Pemain Tengah Top Inggris yang Belum Pernah Dipanggil Timnas Inggris

3. Callum Hudson-Odoi  

5 Pemain Timnas Inggris Saat Juara Piala Dunia U17 dan Nasibnya Kini  potret Callum Hudson-Odoi (twitter.com/Calteck10)

Callum Hudson-Odoi adalah satu dari sedikit pemain berpengalaman ketika timnas Inggris berlaga di Piala Dunia U-17 2017 di India. Dia bahkan sudah menjalani debut bersama tim utama Chelsea kala melawan Tottenham Hotspurs. Di ajang Piala Dunia U-17 itu, dia tampil di 7 laga dengan mencetak 1 gol dan 2 assist.

Musim lalu winger berusia 21 tahun itu tampil di 37 pertandingan di semua ajang dengan torehan 5 gol dan 5 assist untuk Chelsea. Musim ini sendiri ada rumor yang menyebutkan jika sang pemain bakal dipinjamkan ke klub lain. Lazio menjadi salah satu klub yang minat untuk menggunakan jasanya.

4. Emile Smith Rowe  

5 Pemain Timnas Inggris Saat Juara Piala Dunia U17 dan Nasibnya Kini  potret Emile Smith Rowe (twitter.com/Squawka)

Emile Smith Rowe dianggap sebagai salah satu lulusan terbaik Arsenal beberapa tahun terkahir. Dia bermain untuk berbagai kelas usia Arsenal sebelum dipinjamkan ke RB Leipzig pada tahun 2019 dan untuk Huddersfield pada musim berikutnya. Di Piala Dunia U-17, dia tampil dalam 3 laga dengan mencetak 1 gol dan 1 asis.

Musim 2020/2021, Rowe tampil impresif bersama tim utama The Gunners usai mencatatkan 20 penampilan di Premier League. The Gunners bahkan baru saja memberikan kontrak baru untuk gelandang 21 tahun itu sekaligus memberikan nomor punggung 10.

5. Jadon Sancho  

5 Pemain Timnas Inggris Saat Juara Piala Dunia U17 dan Nasibnya Kini  potret Jadon Sancho (goal.com)

Jadon Sancho sudah menjadi bintang sepak bola Eropa sejak berusia 17 tahun bersama  Borussia Dortmund. Dia pun menjadi bintang timnas Inggris di Piala Dunia U-17 tahun 2017. Sayangnya, dia hanya bisa tampil hingga babak 16 besar saja karena dipanggil kembali oleh klubnya.

Catatannya dalam ajang tersebut sangat impresif. Dia tampil dalam 3 laga dengan torehan 3 gol dan 2 asis. Musim ini sang pemain baru saja pulang ke Inggris usai diboyong Manchester United dengan harga 85 juta euro atau sekitar Rp1,4 triliun.

Dalam beberapa tahun terakhir timnas Inggris memang digadang-gadang sedang dalam masa keemasannya. Lahirnya banyak pemain muda penuh potensi menjadi kabar bagus bagi sepak bola Inggris yang belum pernah lagi meraih gelar bergengsi internasional sejak tahun 1966.

Sayang, harapakan mereka untuk merengkuh gelar juara Piala Eropa 2020 di kandang sendiri harus dipupuskan oleh kekuatan timnas Italia di partai puncak.

Baca Juga: 10 Fakta Jadon Sancho, Rekrutan Anyar MU yang Tengah Bersinar

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya