5 Striker Top yang Belum Cetak Gol di Awal Musim Ini  

Kenapa, ya, mereka jadi pada mandul?

Musim 2021/2022 di lima liga top Eropa berjalan sangat menarik dan penuh kejutan sejauh ini. Klub-klub besar melakukan belanja besar-besaran dengan mendatangkan pemain berkelas bintang.

Sementara rekrutan baru seperti Cristiano Ronaldo dan Romelu Lukaku moncer dengan mencetak banyak gol di laga-laga awal, beberapa striker lainnya justru mengalami kesulitan.

Tidak hanya para striker baru saja, kesulitan mencetak gol juga dialami oleh para striker top yang musim lalu tampil tajam. Siapa saja mereka? Berikut ini ulasannya.

1. Donyell Malen  

5 Striker Top yang Belum Cetak Gol di Awal Musim Ini  potret Donyel Mallen (reuters.com)

Donyell Malen musim ini berhasil didatangkan Borussia Dortmund dari PSV. Dia diplot sebagai duet bagi Erling Haaland di lini serang setelah kepergian Jadon Sancho ke Manchester United. Donyell Malen sendiri adalah salah satu striker muda tertajam di Eredivisi musim lalu. Dia menjadi top skor kedua dengan mengoleksi 19 gol.

Namun, performanya di awal musim bersama Dortmund belum meyakinkan. Dia sudah tampil dalam 6 laga awal Bundesliga musim ini. Akan tetapi dia belum berhasil mencetak satu pun gol atau assist. Pemain asal Belanda ini tampaknya masih dalam proses adaptasi dengan gaya permainan Bundesliga.

2. Timo Werner  

5 Striker Top yang Belum Cetak Gol di Awal Musim Ini  potret Timo Werner (standard.co.uk)

Musim lalu Timo Werner didatangkan Chelsea dari RB Leipzig dengan mahar yang cukup tinggi. Di musim perdananya bersama The Blues, dia mengalami kesulitan adaptasi dan kerap dikritik karena penyelesaian akhir yang buruk. Musim lalu dia hanya mampu mencetak 6 gol dan 12 assist dari 35 laga di Premier League. 

Musim ini, Chelsea mendatangkan Romelu Lukaku demi menambah daya gebrak lini depan. Meski begitu Timo Werner tak kehilangan kepercayaan dari Thomas Tuchel. Sayangnya, dia masih kesulitan mencetak gol dari 5 laga awal Premier League musim ini. Performanya cukup kontras dengan apa yang dia tampilkan saat masih berseragam RB Leipzig, di mana dia cukup tajam dengan mengoleksi 95 gol dari 159 penampilan di semua ajang.

Baca Juga: 5 Striker Underrated: Layak Diwaspadai di Liga Europa 21/22

3. Antoine Griezmann  

5 Striker Top yang Belum Cetak Gol di Awal Musim Ini  potret Antoine Griezmann (newsbeezer.com)

Musim panas kemarin secara mengejutkan Barcelona melepas Antoine Griezmann ke mantan klubnya, Atletico Madrid. Dia dilepas dengan status pinjaman selama dua musim dengan opsi pembelian. Bersama Atletico Madrid, Griezmann sendiri sudah mencetak 133 gol dari 262 penampilan di semua ajang pada periode pertamanya berseragam klub asal Ibu Kota Spanyol tersebut.

Meski demikian, itu tidak berarti dia bakal dengan mudah mengembalikan performa terbaiknya di musim ini. Grizmann bahkan belum mencetak satu pun gol dari 7  pertandingan LaLiga yang ia telah lakoni. Padahal, Griezmann selalu ditampilkan sebagai starter. 

4. Harry Kane  

5 Striker Top yang Belum Cetak Gol di Awal Musim Ini  potret Harry Kane (cbssports.com)

Harry Kane adalah top skor dan top assist Premier League musim lalu. Dia juga berstatus sebagai salah satu top skor sepanjang masa Premier League. Namun, performanya di awal musim ini cukup menurun drastis. Dari 5 laga yang sudah dijalaninya di Premier League, Kane gagal mencetak satu pun gol. 

Pergantian pelatih, serta kegagalannya meninggalkan Tottenham Hotspur pada musim panas kemarin ditenggarai menjadi penyebab penurunan performa Kane. Hal ini pun seiring dengan performa buruk klub dalam tiga laga terakhir yang mengalami kekalahan beruntun di Premier League.

5. Lionel Messi  

5 Striker Top yang Belum Cetak Gol di Awal Musim Ini  potret Lionel Messi (football-espana.net)

Kepindahan Lionel Messi dari Barcelona ke PSG pada musim panas kemarin menjadi kabar yang paling mengejutkan dunia. Terlepas dari kontroversi kepindahannya, kehadiran Lionel Messi semakin menambah kemewahan lini serang PSG yang sudah diisi oleh Neymar Jr dan Kylian Mbappe.

Banyak pihak menilai mereka bakal menjadi trio paling berbahaya di Eropa. Namun, realitanya Lionel Messi tampak masih kesulitan beradaptasi seklaligus belum mencetak satu pun gol dari dua laga Ligue 1 yang telah ia lakoni. Pada laga terakhirnya, dia bahkan tampak terlibat adu mulut dengan sang pelatih usai ditarik keluar.

Musim kompetisi 2021/22 memang masih akan bergulir panjang. Sederet striker di atas pun masih memiliki banyak waktu untuk memperbaiki performanya. Mampukah mereka segera bangkit?
 

Baca Juga: 5 Striker Underrated yang Layak Jadi Perhatian di EPL Musim Ini

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya