5 Wonderkid yang Dilepas PSG ke Klub Lain dengan Gratis, Sayang Banget

Ada Adrien Rabiot dan Kingsley Coman

Sejak diakuisisi oleh Qatar Sports Investments milik Nasser Al-Khelaifi, PSG bertransformasi menjadi salah satu klub terkaya di Eropa. Tidak tanggung-tanggung, klub asal Paris itu menggelontorkan dana sangat besar demi mendatangkan banyak bintang dunia seperti Kylan Mbappe, Neymar, hingga Mauro Icardi.

Meski memberikan dampak besar, di sisi lain hal ini pun memberikan dampak negatif. Salah satunya sulitnya para pemain muda mendapatkan waktu bermain, sehingga harus tersingkir dari tim utama. Ironisnya, 5 wonderkid ini bahkan meninggalkan PSG dengan status free transfer dan bersinar di klub tujuannya.

1. Kingsley Coman

5 Wonderkid yang Dilepas PSG ke Klub Lain dengan Gratis, Sayang Bangetjuvefc.com

Kingsley Coman merupakan pemain muda produk akademi PSG yang berposisi sebagai winger. Pada 2013 lalu dia menjalani debut di tim utama, sayangnya gagal bersaing dengan deretan bintang yang lebih berpengalaman. Pemain kelahiran 1996 itu hanya mencatatkan 4 laga saja untuk klub asal Paris tersebut.

Di akhir musim kontraknya usai dan sang pemain memutuskan hijrah ke Juventus dengan status free transfer. Di klub asal Turin ini, Coman menunjukan performa menjanjikan dengan tampil dalam 22 laga di semua ajang. Hal ini membuat Bayern Munchen memboyongnya dengan status pinjaman pada 2015 selama dua musim sebelum dipermanenkan dengan nilai 21 juta euro.

2. Adrien Rabiot

5 Wonderkid yang Dilepas PSG ke Klub Lain dengan Gratis, Sayang Bangetplayingfor90.com

Adrien Rabiot merupakan gelandang berbakat yang berseragam tim utama PSG sejak 2012. Dia sudah menorehkan 227 dengan torehan 24 gol dan 14 assist. Pada 2019 lalu Rabiot dibekukan klub akibat permasalah kontraknya. Dia menolak bertahan dan memutuskan untuk hengkang ke klub lain dengan status free transfer.

Sempat diyakini akan bergabung dengan Barcelona, gelandang asal Prancis tersebut dengan mengejutkan justru gabung klub Serie A, Juventus. Sempat kesulitan di awal musim, Rabiot kini menjadi andalan Bianconerri di bawah asuhan Andrea Pirlo.

Baca Juga: Jika Gagal Rekrut Neymar dan Lautaro, Barcelona Incar Kingsley Coman

3. Soumaila Coulibaly

5 Wonderkid yang Dilepas PSG ke Klub Lain dengan Gratis, Sayang Bangetbvbbuzz.com

Soumaila Coulibaly merupakan bek tengah produk asli dari akademi PSG yang masih berusia 17 tahun. Dia juga merupakan anggota timnas Prancis U-18 yang dinilai memiliki skill dan  masa depan yang menjanjikan. Dia juga memiliki postu ideal sebaga seorang bek tengah dengan tinggi badan 190 cm.

Coulibaly sendiri belum pernah membela tim utama PSG, sehingga ketika pinangan dari Dortmund datang pada awal musim ini, dia tak ragu untuk hengkang dengan status free transfer. Saat ini dia sedang bergelut dengan cedera ACL dan musim depan akan menjadi petualangan awalnya untuk klub asal Jerman itu.

4. Tanguy Nanzou

5 Wonderkid yang Dilepas PSG ke Klub Lain dengan Gratis, Sayang Bangetbavarianfootballworks.com

Tanguy Nanzou menjadi bek tengah muda PSG lainnya yang memutuskan hijrah di awal musim ini dengan status free transfer. Dia memilih Bayern Munchen sebagai klub tujuannya. Pemain berusia 18 tahun ini sempat menjalani debut dengan tim utama PSG pada 2019 lalu. Sayangnya dia diterpa dua kali cedera parah yang membuatnya harus absen hampir sepanjang musim.

Nanzou sendiri dinilai sebagai salah satu wonderkid terbaik dari akademi PSG. Dia memiliki skill bertahan dan fisik yang kuat, serta diyakini akan mampu berkembang dengan baik jika diberikan kesempatan lebih tampil di tim utama.

5. Adil Aouchiche

5 Wonderkid yang Dilepas PSG ke Klub Lain dengan Gratis, Sayang Bangetgoal.com/Getty Images

Adil Aouchiche merupakan gelandang serang yang didapatkan St Etienne pada awal musim ini dengan gratis dari PSG. Pemain berusia 18 tahun ini merupakan produk asli akademi PSG dan sempat masuk tim utama dengan torehan 3 laga dengan mencetak 1 gol. Meski memiliki skill memuaskan, dia kesulitan dapatkan jam bermain di antara deretan pemain bintang PSG.

Musim ini Aouchiche langsung menjadi andalan St Ettiene dengan tampil dalam 26 laga Ligue dengan mencetak 2 gol dan 4 assist. 

Sebagai klub kaya raya, PSG dianggap sebagai klub yang tidak ramah bagi pemain muda untuk berkembang. Keberadaan deretan pemain bintang mahal dan berpengalaman menjadi salah satu sebabnya. Pergi dari klub asal Paris ini tampaknya menjadi opsi yang bijak demi karier yang lebih cerah.

Baca Juga: 6 Pemain Penyerang Paling Tajam yang Pernah Membela PSG, Moncer!

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya