8 Laga Penentuan Tim yang Akan Lolos ke Babak 32 Besar Liga Eropa

Semakin ketat nih dan seru nih laga yang tersisa!

Matchday terakhir liga Eropa akan serentak digelar Jumat dini hari nanti (14/12). 13 tim dari Liga Eropa plus 8 tim dari Liga Champions telah dipastikan lolos ke babak 32 besar, sedangkan sisanya masih akan ditentukan hingga laga terakhir. Bagi beberapa tim pertandingan dinihari nanti akan menjadi laga hidup dan mati demi tiket lolos babak 32 besar. Berikut di antaranya;

1. RB Leipzig wajib menang, namun akan bergantung hasil laga Celtic vs Salzburg

8 Laga Penentuan Tim yang Akan Lolos ke Babak 32 Besar Liga Eropafussballstadt.com

Red Bull Salzburg menjadi tim pertama dari grup B yang telah memastikan lolos ke babak 32 besar Liga Eropa dengan poin sempurna, 15. Celtic mengikuti di posisi kedua dengan 9 poin. Namun masih belum aman dari kejaran Leipzig di posis tiga yang telah mengumpulkan 6 angka.

Jumat dini hari Leipzig akan menjamu Rosenborg dalam laga terakhir fase grup. Mereka harus memenangkan laga tersebut dan berharap Celtic kalah dari Salzburg. Jika skema tersebut terjadi, maka Leipzig berhak lolos meski memiliki poin yang sama dengan Celtic, namun mereka unggul head to head.

2. Slavia Praha hanya butuh hasil imbang untuk lolos

8 Laga Penentuan Tim yang Akan Lolos ke Babak 32 Besar Liga Eropauefa.com

Slavia Praha akan menjamu pimpinan grup Zenit yang telah memastikan lolos fase grup. Slavia sendiri hanya membutuhkan hasil imbang demi menemani Zenit lolos ke babak 32 besar.

Saat ini mereka telah mengumpulkan 7 poin, unggul dua angka dari Kobenhavn. Kalaupun Slavia akhirnya memiliki poin yang sama dengan Kobenhavn, mereka berhak lolos karenaunggul head to head.

3. Laga hidup mati Olympiakos vs AC Milan

8 Laga Penentuan Tim yang Akan Lolos ke Babak 32 Besar Liga Eropagoal.com

Nasib AC Milan di liga Eropa akan ditentukan pada laga terakhir melawan olympiakos. Keduanya akan saling berebut satu tiket terakhir untuk lolos ke babak 32 besar. Saat ini AC Milan berada di posis kedua dengan 10 poin, unggul tiga angka dari Olympiakos.

AC Milan hanya membutuhkan hasil imbang dalam laga ini untuk memastikan lolos ke babak selanjutnya. Ataupun jika harus kalah tidak boleh dengan skor 2-0 karena mereka akan kalah head to head. Sebelumnya di pertemuan pertama sendiri Milan mampu unggul dengan skor 3-1.

4. Empat tim miliki kesempatan sama untuk lolos dari grup G

8 Laga Penentuan Tim yang Akan Lolos ke Babak 32 Besar Liga Eropafreetips.com/

Empat tim di grup G, Villareal, Rapid Wien, Rangers dan Spartak Moskow masih memiliki kesempatan yang sama untuk memperebutkan dua tiket lolos ke babak 32 besar. Saat ini Villareal berada di posisi pertama dengan 7 poin, diikuti Rapid Wien dengan poin sama. Rangers berada di urutan ketiga dengan 6 poin, serta Spartak Moskow di posisi terakhir dengan 5 angka.

Di laga terakhir, Rapid Wien akan menjamu Rangers, sedangkan Villareal akan menjamu Spartak Moskow. Siapapun yang mampu memenangkan laga ini, mereka akan berhak lolos ke babak selanjutnya.

Baca Juga: Rangkuman Liga Eropa Matchday ke-5: 6 Tim Susul Lolos dari Fase Grup

5. Dua tiket masih terbuka lebar untuk semua tim di grup I

8 Laga Penentuan Tim yang Akan Lolos ke Babak 32 Besar Liga Eropauefa.com

Nasib tim-tim di grup I pun tak jauh berbeda dari grup G. Semua tim masih memiliki kesemptan yang sama untuk lolos. Genk (8) akan berhadapan dengan Sarpsborg (5), sedangkan Beskitas (6) akan menjamu Malmo (7). Dua tim yang mampu memenangkan laga ini otomatis akan lolos ke babak 32 besar.

 

6. Pertaruhan nama besar Sevilla di laga akhir

8 Laga Penentuan Tim yang Akan Lolos ke Babak 32 Besar Liga Eropamundodeportivo.com

Persaingan di grup J pun tak kalah sengit. Belum ada tim yang dipastikan lolos hingga laga terakhir. Laga hidup mati akan dihadapi Sevilla melawan pimpinan grup, Krasnodar. Saat ini Sevilla berada di posisi  ketiga dengan 9 poin, sedangkan Krasnodar mengumpulkan 12 poin.

Sevilla wajib menang jika ingin lolos ke babak selanjutnya. Sedangkan bagi Krasnodar mereka hanya membutuhkan hasil imbang untuk bisa lolos. Kalaupun harus kalah, Krasnodar masih bisa lolos asalkan Standar Liege gagal menang melawan Akhisar.

7. Rennes vs Astana, perebutan satu tiket terakhir

8 Laga Penentuan Tim yang Akan Lolos ke Babak 32 Besar Liga Eropafoot01.com

Satu tiket telah dipastikan milik Dynamo Kyiv, sedangkan sisanya akan diperebutkan dua tim yang akan saling berhadapan, Rennes melawan Astana. Saat ini Astana berada di urutan kedua dengan 8 poin, unggul dua angka dari Rennes. Tak ada pilihan lain selain menang bagi Rennes jika ingin lolos ke babak selanjutnya.

8. Siapa yang akan temani Chelsea di grup L?

8 Laga Penentuan Tim yang Akan Lolos ke Babak 32 Besar Liga Eropavov.vn

Chelsea menjadi salah satu tim pertama yang lolos ke babak 32 besar setelah berhasil meraih lima kemenangan di fase grup. Sedangkan satu tiket tersisa akan diperebutkan oleh Bate Borisov dan Vidi FC yang memiliki poin sama.

Bate yang berada di posis kedua lebih diuntungkan karena akan berhadapan dengan tim yang ada di dasar klasemen, PAOK. Sedangkan Vidi harus menjamu Chelsea. Demi tiket terakhir ke babak 32 besar, Bate wajib menang jika tak ingin posisinya di ambil alih Vidi.

Itulah laga-laga seru yang akan mentukan kelolosan tim-tim menuju babak 32 besar. 

Baca Juga: Calon Juara, Inilah 7 Tim yang Belum Terkalahkan di Liga-liga Eropa

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya