5 Alasan AS Roma Bisa Jadi Calon Serius Scudetto Musim 2021/2022

AS Roma tampil impresif dan tajam di era Mourinho

Musim ini AS Roma hadir dengan motivasi besar setelah menunjuk pelatih berpengalaman, Jose Mourinho. Eks Inter Milan itu langsung memberikan dampak signifikan dengan meraih dua kemenangan di laga awal Serie A. Tidak tanggung-tanggung, Gialorossi tampil garang dengan mencetak 7 gol dalam dua laga tersebut.

Performa impresif ini pun memunculkan asa yang sudah lama dirindukan fans, Scudetto. Terakhir kali AS Roma jadi juara hampir terjadia dua dekade lalu. Kini harapan itu muncul kembali di bawah tangan dingin Mourinho. Berikut ini 5 alasan jika AS Roma bakal jadi pesaing serius peraih Scudetto musim ini.

1. Faktor Jose Mourinho  

5 Alasan AS Roma Bisa Jadi Calon Serius Scudetto Musim 2021/2022Jose Mourinho (romapress.net)

Kehadiran Jose Mourinho jelas menjadi faktor pembeda performa AS Roma musim ini. Dia adalah sosok berpengalaman dan bermental juara, yang telah malang melintang di berbagai liga top Eropa. Serie A sendiri bukan kompetisi asing bagi pelatih asal Portugal itu. Dia sempat menorehkan tinta emas bersama Inter Milan dengan persembahan treble winner.

Jose Mourinho sendiri memiliki catatan impresif atas tiap tim yang dia tangani, yaitu selalu memberikan gelar. Nihil gelar hanya terjadi ketika dia menangani Tottenham Hotspurs. Meski demikian, Spurs dia bawa sampai ke final Piala Liga sebelum akhirnya ia dipecat. Hal ini pun memberikan optimisme baru bagi AS Roma untuk meraih gelar di musim ini.

2. Strategi transfer yang efektif  

5 Alasan AS Roma Bisa Jadi Calon Serius Scudetto Musim 2021/2022Tammy Abraham (asroma.com)

Musim ini AS Roma kehilangan beberapa pemain andalannya seperti Edin Dzeko dan Pedro yang hengkang ke Inter Milan dan Lazio. Namun Mourinho berhasil mendapatkan pengganti yang sepadan, dan memberikan nuansa baru di lini serang AS Roma. Mereka adalah striker muda Tammy Abraham dan Eldor Shomurodov. 

Tidak hanya itu, Roma juga mendatangkan kiper berpengalaman Rui Patricio sebagai pilihan utama. Hingga pekan kedua, para pemain baru langsung memberikan kontribusi signifikan. Tammy Abraham telah mencetak 2 assist dan 1 gol, begitu juga Eldor Shomurodov yang mencetak 1 gol. Total AS Roma sendiri mendatangkan 6 pemain baru untuk berbagai posisi.

3. Deretan pemain non-striker yang bisa menjadi mesin gol

5 Alasan AS Roma Bisa Jadi Calon Serius Scudetto Musim 2021/2022potret kemenangan AS Roma atas Salernitana (twitter.com/ASRomaEN)

Faktor lain yang membuat AS Roma musim ini sangat berbahaya adalah ketajaman para gelandangnya. Gialorossi tidak hanya megandalkan striker mereka sebagai mesin gol. Tujuh gol yang tercipta di dua laga, 6 diantaranya lahir dari gelandang dan winger. Jordan Veretout jadi top skorer klub dengan 3 gol,  diikuti Lorenzo Pellegrini dengan dua gol dan sebiji gol oleh Henrikh Mkhitaryan.

Striker utama, Tammy Abraham sendiri sudah mencetak gol debutnya ketika melawan Salernitana. Sebelumnya, eks Chelsea itu sendiri sudah mencatatkan 2 assist di laga pembuka saat AS Roma mengalahkan Fiorentina dengan skor 3-1.

Baca Juga: 5 Striker Tajam AS Roma yang Datang dari Klub Premier League

4. Kedalaman skuat yang mumpuni dan muda  

5 Alasan AS Roma Bisa Jadi Calon Serius Scudetto Musim 2021/2022potret para pemain AS Roma pasca laga (twitter.com/ASRomaEN)

Skuat AS Roma mungkin tidak bertabur bintang seperti milik Juventus atau Inter Milan, namun mereka memiliki kedalaman skuat yang cukup mumpuni. Deretan pemain pelapis mereka diisi oleh pemain-pemain potensial dan berpengalaman seperti Stephan El-Sharaawy, Borja Mayoral, Marash Kumbulla dan Javier Pastore.

Sementara itu skuat utama sangat seimbang lewat gabungan pemain senior dan pemain muda penuh talenta. Rui Patricio, Henrikh Mkhitaryan menjadi pemain senior yang berusia di atas 30 tahun, sedangkan sisanya rata-rata berusia 25 tahun. Sejak laga uji coba, kombinasi ini telah melahirkan permainan yang menyerang, impresif dan juga kuat dalam bertahan.

5. Sedang membangun proyek jangka panjang, AS Roma tampil tanpa beban  

5 Alasan AS Roma Bisa Jadi Calon Serius Scudetto Musim 2021/2022skuat AS Roma pasca laga (asroma.com)

Hadirnya Jose Mourinho bukan untuk memberikan dampak instan bagi AS Roma, melainkan membangun proyek jangka panjang. Inilah yang membuat sang pelatih memilih AS Roma sebagai klub barunya. Hal ini tampak pada strategi transfer. Mourinho lebih memilih mendatangkan pemain-pemain muda potensial seperti Matias Vina, Roger Ibanez, Bryan Reynolds dan Tammy Abraham yang berusia di bawah 24 tahun.

Di sisi lain, AS Roma juga mengandalkan pemain muda top seperti Nicola Zaniolo, Bryan Cristante dan Lorenzo Pellegrini, yang sudah cukup  berpengalaman. Target mereka musim ini bukanlah jadi juara. Meski begitu, ini menjadi hal positif karena mereka bisa tampil lepas tanpa beban. Proyek ini mirip dengan apa yang dilakukan AC Milan musim lalu, dimana mereka finis sebagai runner up.

Musim ini Serie A berpotensi menghadirkan persaingan yang sangat ketat. Inter Milan, AC Milan dan Juventus menjadi unggulan, namun kehadiran AS Roma era Jose Mourinho siap menjadi batu sandungan yang mengejutkan. Dengan skuat yang mereka miliki saat ini, potensi juara bukan hal yang tak mungkin. Setuju?
 

Baca Juga: Tammy Abraham Beri Kesegaran di Lini Depan AS Roma

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya