Perkasa! 5 Alasan Liverpool Bakal Juara Premier League Musim Ini

The Kopp mana suaranya?

Liverpool menjadi satu-satunya tim yang belum terkalahkan di Liga Inggris musim ini. The Reds pun perkasa di puncak klasemen.Hingga pekan ke-15, mereka unggul delapan poin dari Leicester City yang menjadi pesaing terdekat.

Berstatus sebagai juara bertahan Liga Champions dengan deretan pemain berkelas bintang, berikut ini lima alasan jika Liverpool memang layak meraih trofi Liga Inggris musim ini.

1. Konsistensi yang terjaga

Perkasa! 5 Alasan Liverpool Bakal Juara Premier League Musim Iniliverpoolfc.com

Satu hal yang mampu dihadirkan anak asuh Jurgen Klopp musim ini adalah konsistensi performa terbaik. Liverpool baru saja mencetak rekor kemenangan terpanjang di Liga Inggris usai kalahkan Everton 5-2 pada Kamis dini hari lalu (5/12).

Kemenangan itu menjadikan The Reds sebagai tim yang tak terkalahkan dalam 32 laga terakhirnya di Liga Inggris. Jika konsistensi ini mampu dijaga hingga musim berakhir, maka tak ada tim yang mampu membendung Liverpool untuk menjadi juara Liga Inggris musim ini.

2. Kualitas kedalaman pemain yang seimbang

Perkasa! 5 Alasan Liverpool Bakal Juara Premier League Musim Initwitter.com/LFC

Musim ini Liverpool tidak mendatangkan banyak pemain baru. Hanya Adrian yang diboyong sebagai pelapis Alisson Becker. Di sisi lain The Reds melepas beberapa pemainnya seperti Daniel Sturridege dan Moreno.

Meski demikian, kualitas kedalaman pemain Liverpool tetaplah seimbang dan luar biasa.Jurgen Klopp mampu bereksperimen dengan baik. Apalagi musim ini mereka bermain di empat kompetisi berbeda.

Salah satu bukti terbarunya adalah saat melawan Everton. Dalam laga itu, Klopp memainkan lima pemain pelapisnya sebagai starter dengan formasi berbeda. Liverpool menang telak dengan Divock Origi dan Shaqiri yang mampu mencetak gol.

Dari seluruh kompetisi yang dijalani, Liverpool hanya sekali menderita kekalahan, yaitu dari Napoli di babak grup Liga Champions.

Baca Juga: 3 Klub Ini Berpeluang Menjegal Liverpool di EPL Musim Ini

3. Belajar dari pengalaman di Liga Champions

Perkasa! 5 Alasan Liverpool Bakal Juara Premier League Musim Inifoxsportsasia.com

Sejak ditangani Jurgen Klopp, Liverpool bertransformasi menjadi tim yang sangat tangguh. Musim lalu mereka sukses meraih juara Liga Champions kalahkan Tottenham Hotspurs. Itu adalah kesempatan yang kedua, setelah musim sebelumnya mereka harus kalah di final oleh Real Madrid.

Tetapi musim lalu juga mereka harus puas sebagai runner up Liga Inggris setelah hanya kalah satu poin dari Man City yang keluar sebagai juara. Kegagalan itu tentunya menjadi sebuah pelajaran penting bagi Jurgen Klopp.

Mereka pastinya tidak ingin jatuh di jurang yang sama pada musim ini. Dan hal itu sudah mulai terlihat musim ini. Liverpool dominan dengan raihan 14 kemenangan dan satu kali imbang. Unggul 11 poin dari City, sang juara bertahan.

4. Diisi striker dan pemain bertahan terbaik dunia yang semakin berkembang

Perkasa! 5 Alasan Liverpool Bakal Juara Premier League Musim Ininewbalance.co.za

Sejak musim lalu, kekuatan Liverpool terletak dari keseimbangan skuatnya. Namun yang paling menonjol adalah duet trio striker mereka, Mane-Firmino-Salah dan pemain bertahan dan kiper terbaik dunia yang mengisi lini pertahanan Liverpool, Virgil Van Dijk dan Alisson Becker.

Hal itu terbukti dengan 37 gelontoran gol dari 15 laga Liga Inggris menjadikan Liverpool tim tersubur musim ini. Pertahanan mereka pun baru kebobolan14 gol, paling rendah kedua di bawah Man City yang baru kebobolan 9 gol.

Dengan stabilitas yang ditunjukkan para pemain tersebut, juara Premier League musim ini bukanlah mimpi lagi.

5. Ambisi mengakhiri puasa panjang gelar Liga Inggris

Perkasa! 5 Alasan Liverpool Bakal Juara Premier League Musim Initwitter.com/LFC

Liverpool merupakan tim kedua dengan gelar Liga Inggris terbanyak, 18 trofi. Sayangnya, mereka telah lama puasa gelar. Terakhir kali mereka menjadi juara adalah musim 1989/1990.

Hampir tiga dekade berlalu, musim ini bisa menjadi saat yang tepat bagi mereka untuk mengakhiri puasa gelar tersebut. Mereka memiliki semua keunggulan untuk menjadi juara. Pelatih terbaik, kualitas pemain terbaik dunia dan motivasi yang menggunung.

Mampukah Liverpool mewujudkan mimpinya ini?

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Kemenangan Telak Liverpool atas Everton

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya