Amankan Aset, Barcelona Resmi Perpanjang Kontrak Jordi Alba

Alba akan bertahan hingga tahun 2024

Barcelona akhirnya resmi mengamankan salah satu pemain belakangnya, Jordi Alba. Pemain berusia 29 tahun itu resmi mendapatkan kontrak baru dengan durasi lima tahun. Artinya, ia akan bertahan di Camp Nou hingga tahun 2024. Kontrak sang pemain sendiri sebenarnya akan berakhir di musim panas tahun ini, namun ia telah menyatakan komitmennya untuk terus bertahan bersama Barcelona.

Sebelumnya, Barcelona pun telah mengamankan kontrak pelatih mereka, Ernesto Valverde dengan durasi satu tahun.

1. Memiliki klausul pelepasan fantastis, 500 juta euro

Amankan Aset, Barcelona Resmi Perpanjang Kontrak Jordi Albagoal.com

Sejak didatangkan dari Valencia pada tahun 2012, Alba menjadi bagian penting dari kejayaan Barcelona di Eropa. Bahkan posisinya sebagai bek kiri Blaugrana tak tergantikan. Kini sang pemain pun sepakat untuk memperpanjang masa baktinya di tim masa kecilnya tersebut.

Ia akan diikat dengan durasi kontrak panjang selama lima tahun. Luar biasanya, dalam kontrak barunya tersebut, ia memiliki klausul pelepasan yang fantastis sebesar 500 juta euro.

Hal tersebut merupakan upaya pencegahan Barca agar aset berharganya tersebut tidak diambil klub lainnya. Kabar ini sendiri lebih dulu dikonfirmasi melalui situs resmi klub, sebelum peresmian tanda tangan kontrak dilakukan dalam beberapa hari ke depan.

"FC Barcelona dan Jordi Alba telah mencapai kesepakatan soal perpanjangan kontraknya untuk lima musim ke depan, hingga 30 Juni 2024. Klausul penebusannya ditentukan €500 juta," demikian tertulis dalam rilis resmi klub.

"Dalam beberapa hari ke depan, akan diumumkan ketika proses resmi menandatangani kontrak baru yang akan menghubungkan pemain dengan klub bakal berlangsung."

2. Pemain bertahan dengan skill komplit

Amankan Aset, Barcelona Resmi Perpanjang Kontrak Jordi Albasport360.com

Sejak kedatangannya pada tahun 2012, Jordi Alba langsung menjadi kunci permainan dalam strategi tiki-taka. Ia merupakan sosok pemain belakang yang memiliki skill komplit dan termasuk salah satu bek kiri terbaik dunia. Alba memiliki drible dan kecepatan yang sangat baik. Tak hanya itu, ia pun seimbang dalam bertahan dan membantu serangan.

Ia telah bermain dalam 427 laga bersama Barcelona di semua kompetisi dengan catatan 24 gol dan 62 assist. 20 assist diantaranya dia berikan kepada Messi. Untuk ukuran pemain berposisi bek kiri, catatannya tersebut sangatlah tajam dan impresif. Tak hanya itu, ia telah mempersembahkan 15 gelar trofi bergengsi bagi Blaugrana, termasuk 4 trofi La Liga dan satu trofi Liga Champions.

3. Berpeluang besar meraih treble winner di musim ini

Amankan Aset, Barcelona Resmi Perpanjang Kontrak Jordi Albatwitter.com/FCBarcelona_es

Tengah pekan kemarin, Barcelona baru saja memastikan satu tiket final Copa del Rey usai kalahkan musuh bebuyutan, Real Madrid dengan aggregate 4-1. Raihan ini membuka peluang mereka untuk kembali mengulang sejarah meraih treble winner. Saat ini mereka pun memuncaki klasemen La Liga dengan keunggulan tujuh angka dari Atletico Madrid sebagai pesaing terdekat.

Barcelona juga masih memiliki peluang lolos ke babak perempat final Liga Champions dengan syarat mengalahkan Lyon di leg kedua babak 16 besar nanti. Sebelumnya, kedua tim bermain tanpa gol di leg pertama.

Akhir pekan ini, perjuangan Jordi Alba dkk di La Liga pun akan kembali diuji dengan melakoni El Clasico jilid IV di Santiago Bernabeu. Meski bakal bermain di kandang lawan, catatan mereka melawan Madrid musim ini sangat cemerlang. Dari tiga pertemuan keduanya, Barcelona mampu raih dua kemenangan telak dan satu kali imbang.

Kemenangan atas Madrid akan membuat peluang mereka mempertahankan trofi La Liga musim ini terbuka lebar. Kedua tim saat ini terpaut sembilan poin dengan Madrid berada di posisi tiga.

Baca Juga: Gagal Gabung Bersama Barcelona, Adrien Rabiot Pecat Ibunya Sendiri

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya