Arsenal Hadapi Vorskla di Liga Eropa, Laga Akan Berpindah Tempat

Demi faktor keamanan

Arsenal telah memastikan satu tiket babak knock out Liga Eropa Setelah meraih 3 kemenangan dan sekali imbang di laga sebelumnya. Di matchday ke-5 Jumat dinihari nanti (29/11) mereka akan terbang menuju Ukraina untuk menghadapi Vorskla Poltava.

Namun UEFA memutuskan untuk memindahkan tempat pertandingan ke ibukota Ukraina, Kiev. Kenapa? Berikut ulasannya.

1. Ukraina dalam keadaan darurat militer

Arsenal Hadapi Vorskla di Liga Eropa, Laga Akan Berpindah Tempat.politico.eu

Duel ini rencananya berlangsung kandang Poltava, Oleksiy Butovsky Stadium, namun UEFA memutuskan untuk memindahkannya ke kota Kiev dengan alasan keamanan. Langkah ini diambil setelah Ukraina mengaktifkan darurat militer di berbagai kota, dan Poltava menjadi salah satunya.

Sebelumnya, Rabu (28/11), Oleg Lisak selaku wakil presiden Vorskla tidak bisa memberi jaminan bahwa timnya akan bermain sesuai jadwal melawan Arsenal, kecuali jika pertandingan dipindahkan ke Kiev.

"Keputusan mendesak UEFA untuk memindahkan pertandingan ke Kiev didasarkan pada pengenalan darurat militer dan ketidakpastian situasi keamanan di beberapa wilayah di Ukraina dan khususnya mengingat skala waktu yang sangat singkat yang tersedia untuk mengevaluasi semua risiko yang ada," rilis resmi UEFA dalam situsnya.

2. Emery menghormati keputusan tersebut

Arsenal Hadapi Vorskla di Liga Eropa, Laga Akan Berpindah Tempatarsenal.com

Pelatih Arsenal, Umay Emery yang telah mencetak rekor fantastis dengan tak terkalahkan dalam 11 laga terakhir, menyatakan jika dirinya memahami situasi tersebut. Meskipun pemberangkatan timnya ke Poltava kemudian harus ditunda dan berpindah ke Kiev.

"Pertama-tama, kami harus menghormati keputusan UEFA karena itu tidak mudah bagi Vorskla. Ini bukan keputusan yang mudah juga bagi UEFA. Bagi kami, kemarin kami sedang mempersiapkan perjalanan kami ke Poltava dan kemudian menunggu keputusan akhir di malam hari. Kami membuat perubahan kecil dalam sesi latihan kami di London dan sekarang kami baru saja tiba. Keputusan ini, sangat kami hormati"

Baca Juga: Arsenal Tak Terkalahkan pada 10 Pertandingan, Sagna: Ini Gila!

3. Menunggu jawaban dari Olimpiyskiy Stadium

Arsenal Hadapi Vorskla di Liga Eropa, Laga Akan Berpindah Tempattwitter.com/Arsenal

Politisi di negara itu minggu ini menyetujui proposal untuk memperkenalkan darurat militer di daerah-daerah yang paling rentan terhadap serangan menyusul penyitaan tiga kapal Ukraina oleh Rusia. Hal ini pun tentunya berefek terhadap berbagai aspek kehidupan di Ukraina.

Kini UEFA pun sedang dalam upaya cepat untuk mengusahakan agar pertandingan bisa berjalan sesuai dengan yang direncanakan.

“Prosesnya sedang berjalan. Kami telah mengajukan permohonan kepada NSC Olimpiyskiy dengan pernyataan resmi tentang kemungkinan menyelenggarakan game, ”kata wakil presiden Vorskla Oleg Lisak.
“UEFA bekerja sama dengan FFU untuk memastikan pertandingan berjalan di Kiev. UEFA akan mengirim pakar keamanan senior ke Ukraina untuk menilai lebih lanjut situasi dan dampak potensial pada keamanan untuk pertandingan UEFA mendatang"

4. Arsenal mengejar juara grup

Arsenal Hadapi Vorskla di Liga Eropa, Laga Akan Berpindah TempatMarc Atkins/Getty Images

Meskipun dipastikan lolos ke babak selanjutnya, posisi Arsenal di puncak grup E masih belum aman. The Gunners hanya unggul 3 poin dari Sporting Lisbon dengan dua sisa pertandingan. Laga melawan Vorskla tentunya harus mereka menangkan untuk memastikan juara grup.

Namun Emery pun menyatakan jika dalam laga tersebut akan memberikan kesempatan para pemain mudanya untuk unjuk gigi. Apalagi di akhir pekan mereka akan menghadapi laga berat derby London menghadapi Tottenham Hotspur di Liga Inggris, sehingga Emery harus pintar mengatur tenaga para pemain utamanya agar tidak mengalami kelelahan dan cedera.

Baca Juga: 5 Pemain Arsenal yang Kualitasnya Meningkat Dibawah Asuhan Unai Emery

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya