Tundukan Newcastle, Arsenal Naik ke Peringkat 3 Klasemen Liga Inggris

Mesut Ozil jadi man of the match!

Bermain di Emirates Stadium, Arsenal sukses amankan tiga poin usai tundukan Newcastle United dengan skor 2-0 pada Selasa dini hari (02/04). Dua gol kemenangan The Gunners diceploskan melalui aksi Aaron Ramsey (30') dan Alexandre Lacazette (83'). Raihan ini terasa spesial karena membuat anak asuh Unay Emery naik ke peringkat tiga, menggeser Tottenham Hotspurs dengan 63 poin, unggul dua angka. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Kuasai pertandingan, Ramsey dan Lacazette bawa Arsenal unggul

Tundukan Newcastle, Arsenal Naik ke Peringkat 3 Klasemen Liga Inggrisarsenal.com

Turun dengan formasi 3-4-2-1, Emery mengandalkan Aaron Ramsey dan Mesut Ozil sebagai poros serangan The Gunners. Hasilnya Ramsey berhasil menjebol gawang tim tamu di menit ke-13, sayangnya gol itu dianulir wasit setelah Sokratis Papastathopoulos dinilai melakukan pelanggaran terlebih dulu.

Tidak patah arang, Ramsey akhirnya benar-benar membawa Arsenal unggul di menit ke-30. Tendagnan kaki kirinya sukses menjebol gawang Martin Dubravka. Sepanjang babak pertama, Arsenal mampu terus menguasai bola, namun skor 1-0 tetap bertahan hingga babak pertama usai.

Lepas dari kamar ganti, Arsenal tidak mengendorkan serangannya sedikit pun. The Gunners bahkan sukses kuasai 71 persen penguasaan bola dengan 7 percobaan, berbanding hanya 4 miliki Newcastle. Meskipun begitu, Arsenal butuh waktu hingga menit ke-83 untuk gandakan kedudukan.

Kombinasi serangan Arsenal yang indah membuahkan gol sundulan Lacazette usai menerima umpan dari Aubameyang. Gol itu pun sekaligus menjadi penutup laga untuk keunggulan tuan rumah.

Baca Juga: Permalukan Newcastle, Arsenal Geser Tottenham di Klasemen

2. Naik ke peringkat tiga, Unai Emery tak ingin jemawa

Tundukan Newcastle, Arsenal Naik ke Peringkat 3 Klasemen Liga Inggristwitter.com/Arsenal

Sempat diragukan, secara perlahan Unai Emery berhasil mengangkat kembali performa Arsenal. The Gunners kini tak terkalahkan dari 6 laga terakhir dengan lima diantaranya berakhir dengan kemenangan. Kini mereka pun sukses menggusur tim sekota, Tottenham Hotspurs di peringkat ketiga dengan 63 poin, unggul dua angka.

Meski naik dua peringkat, Emery mengaku tekanan akan semakin berat. Apalagi selisih dengan tim-tim lainnya seperti Spurs, MU dan Chelsea pun sangat tipis. Dengan 7 laga yang tersisa, ia meminta anak asuhnya untuk tetap fokus dan tidak berpuas diri. Di sisi lain, Emery pun memberikan pujiannya kepada Mesut Ozil yang tampil sangat apik sebagai gelandang serang. Ozil bahkan diganjar sebagai man of the match dalam laga itu meskipun tak membuat sebuah gol.

“Kami membuat progres yang sangat baik, tapi kami tahu ini sulit. Tottenham, Chelsea, dan Manchester United akan memenangkan banyak pertandingan. Jadi keberadaan kami sekarang tidak ada artinya jika kami puas sampai di sini saja,” ungkap Emery.

“kami tidak boleh lengah sedikit pun karena mereka bisa saja menggeser posisi kami lagi sewaktu-waktu. Sekarang semua tim akan menjalani pekan-pekan krusial dan saya ingin para pemain menjaga momen ini di laga-laga selanjutnya."

3. Bakal jalani laga berat di pekan ke-33

Tundukan Newcastle, Arsenal Naik ke Peringkat 3 Klasemen Liga Inggrispremierleague.com

Ujian pasukan Unai Emery selanjutnya bakal berasal dari kota Liverpool. Arsenal akan bertandang ke Goodison Park untuk hadapi Everton di pekan ke-33 akhir pekan nanti. Laga ini dipastikan bakal menarik karena kedua tim sedang dalam kondisi yang sama baiknya. Everton baru saja meraih dua kemenangan beruntun, termasuk mengalahkan Chelsea dengan skor 2-0 di pekan ke-30.

Meski akan menjadi laga yang berat, kemenangan menjadi harga mati bagi The Gunners jika ingin mempertahankan posisi mereka di zona Liga Champions. Di sisi lain, mereka pun harus tetap menjaga kondisi para pemainnya agar tetap fit, karena empat hari kemudian mereka akan menjalani bigmatch di babak perempat final Liga Eropa melawan Napoli. Mampukah Arsenal melewati ujian berat di pekan selanjutnya? 

Baca Juga: Saingi Dortmund, Arsenal Serius Mengincar Marcus Thuram

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya