Comscore Tracker

Gasak Napoli, Arsenal Satu Langkah Menuju Perempat Final Liga Eropa

Aaron Ramsey sukses cetak gol 

Arsenal berhasil mengatasi perlawanan Napoli di babak perempat final Liga Eropa pada Jumat dinihari (12/04). Bermain di Emirates Stadium, The Gunners berhasil unggul 2-0 melalui gol Aaron Ramsey (14') dan gol bunuh diri Koulibaly (25').

Hasil ini membuat langkah mereka untuk lolos ke semifinal semakin besar. Sedangkan Napoli butuh tiga gol tanpa kebobolan di leg kedua nanti. Berikut ulasan lengkap pertandingannya.

1. Garang di menit awal, Arsenal sukses unggul cepat di babak pertama

Gasak Napoli, Arsenal Satu Langkah Menuju Perempat Final Liga Eropatwitter.com/EuropaLeague

Turun dengan skuat terbaik, Arsenal mengandalkan duet Lacazette dan Aubameyang sebagai striker utama. Tuan rumah berhasil memberikan tekanan lebih dulu melalui aksi Aaron Ramsey dan Ainsley Maitland-Niles, namun usaha mereka berhasil diblok oleh lini pertahanan Napoli. Usaha kedua pemain Arsenal akhirnya berbuah pada menit ke-14 melalui sebuah serangan cepat.

Umpan Ainsley Maitland-Niles sukses dikonversi menjadi gol oleh Aaron Ramsey. Tak butuh waktu lama, Arsenal gandakan kedudukan di menit ke-25. Setelah berhasil mencuri bola, Torreira melepaskan tendangan dari luar kotak penalti yang mengenai Koulibaly. Sehingga lajur bola berubah dan mengecoh kiper Napoli, Alex Meret. Babak pertama pun ditutup dengan keunggulan 2-0 bagi Arsenal.

Di interval kedua, giliran Napoli yang tampil mengancam. Koulibaly hampir saja memperkecil angka di menit ke-53 melalui sundulannya, namun Petr Cech sigap melakukan penyelamatan. Anak asih Carlo Ancelotti menguasai laga hingga 58 persen. Sayangnya, usaha lainnya melalui Callejon dan Zielinski masih gagal berbuah gol.

Hingga laga usai, skor 2--0 tetap bertahan untuk Arsenal. Satu kaki The Gunners pun sukes tapaki semifinal. Dua gol menjadi bekal yang sangat baik bagi The Gunners untuk jalani leg kedua di San Paolo.

Baca Juga: Pesta Gol di Kandang Kiev, Chelsea Lolos ke Perempat Final Liga Eropa

2. Defisit dua gol, Ancelotti optimis bisa comeback di leg kedua

Gasak Napoli, Arsenal Satu Langkah Menuju Perempat Final Liga Eropauefa.com

Kekalahan dari Napoli akan memberikan misi berat bagi Napoli di leg kedua nanti di Naples. Anak asuh Carlo Ancleotti harus menang 3-0 jika ingin lolos ke semifinal Liga Eropa. Meski berat, Don Carlo mengaku optimis anak asuhnya mampu melakukan hal tersebut. Apalagi mereka memiliki catatan apik saat bermain kandang plus dukungan fans. Hanya Juventus yang mampu kalahkan Napoli di San Paolo di musim ini.

Ancelotti sendiri menyororti performa klubnya yang tampil buruk di babak pertama, namun berhasil lebih baik di babak kedua. Ia pun menyebut dua gol Arsenal terlahir karena kesalahan yang dilakukan para pemainnya, dan hal itu tak boleh diulangi di leg kedua nanti. 

Liga Eropa sendiri akan menjadi satu-satunya trofi yang bisa Napoli raih di musim ini. Kesempatan mereka di Liga Italia tampaknya telah tertutup dengan tertinggal 18 poin dari Juve.Kini kesempatan di Eropa hanya bisa terjadi jika Napoli mampu kalahkan Arsenal di leg kedua nanti dengan skor 3-0.

“Sangat percaya diri,” kata Ancelotti kepada BT Sport ketika ditanya soal peluang lolos Napoli. “Kami tahu dukungan yang akan kami miliki dan stadionnya, dan kami akan mencoba untuk menang dengan dua gol.

“Ini sulit untuk dikatakan, ini adalah dua laga berbeda. Babak pertama sangat buruk, babak kedua sangat baik. Kami harus fokus di babak kedua yang kami mainkan dan masih ada 90 menit di Napoli.”

3. Laga kedua tim selanjutnya

Gasak Napoli, Arsenal Satu Langkah Menuju Perempat Final Liga Eropauefa.com

Kedua tim harus segera kembali bersiap untuk jalani laga domestik di akhir pekan ini. Arsenal bakal jalani laga tandang melawan Wattford. Kemenangan menjadi harga mati jika mereka ingin meraih tiket liga Champions musim depan. Saat ini The Gunners berada di urutan ke-5 dengan 63 poin. Tertinggal satu angka dari Tottenham yang berada satu tingkat di atasnya.

Di sisi lain, Napoli akan jalani pekan ke-32 dengan menghadapi tim juru kunci Serie A Chievo. Kemenangan tampaknya bakalan mudah untuk mereka dapatkan. Meski begitu, apapun hasil yang mereka dapatkan tak akan mampu menahan Juve untuk menjadi juara di pekan ini.

Juventus hanya butuh satu kemenangan lagi untuk pastikan gelar juara Serie A musim ini. Napoli kini tertinggal 18 angka dengan sisa tujuh laga. Musim ini mereka tampaknya harus puas kembali hanya menjadi runner up.

Baca Juga: Liga Eropa: Alonso Jadi Inspirasi Kemenangan Chelsea Atas Slavia Praha

Ganjar Firmansyah Photo Community Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

JADWAL SALAT & IMSAK

24
MEI
2019
19 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 24 May 2019 09:30:04

Progress: 770.715 dari 813.350 TPS (94.75810%)

Just For You