Comscore Tracker

Ballon d'Or vs FIFA Best Player Award, Apa Sih Bedanya?

Jangan bingung lagi, ya.

Setiap tahunnya FIFA selalu memberikan penghargaan kepada insan sepak bola dunia. Sejak tahun 2010 FIFA bekerja sama dengan French Football untuk menyelenggarakan penghargaan pemain terbaik dunia dengan nama FIFA Ballon d'Or. Namun, untuk tahun 2016 da 2017 ajang tersebut berubah nama menjadi FIFA Best Player Award.

Lho, kok berubah? Ini dia alasannya.

Tentang Ballon d'Or.

Ballon d'Or vs FIFA Best Player Award, Apa Sih Bedanya?standard.co.uk

Ballon d'Or merupakan sebuah penghargaan yang diadakan setiap tahun untuk pemain, pelatih dan gol terbaik yang diadakan oleh majalah olahraga Perancis, France Football sejak 1956. Pada saat itu penghargaan ini bisa disebut sebagai “European Player Of the year award” yang hanya diperuntukkan pemain terbaik yang berasal dari negara Eropa.

Namun pada tahun 1995 aturannya berubah dimana penghargaan ini diperuntukan untuk siapa saja pemain yang bermain untuk klub Eropa meskipun sang pemain berasal dari luar Eropa, seperti saat George Weah yang merupakan pemain asal Liberia mendapatkan penghargaan Ballon d'Or 1995 saat membela klub asal Italia, AC Milan.

 

Setelah FIFA Ballon d'Or muncul FIFA Best Player Award.

Ballon d'Or vs FIFA Best Player Award, Apa Sih Bedanya?goal.com

Pada tahun 2010 aturan Ballon d'Or berubah kembali. Kali ini FIFA bekerja sama dengan majalah French Football dengan kontrak 6 tahun dan membayar sebesar 13 juta Euro kepada majalah asal Perancis tersebut. Penghargaan ini pun berubah nama menjadi FIFA Ballon d'Or dan merupakan penghargaan untuk pemain terbaik dunia, tak hanya Eropa.

Namun kerja sama ini tidak diperpanjang oleh FIFA sehingga berakhir pada tahun 2015. Untuk selanjutnya, FIFA membuat penghargaan sendiri untuk pemain terbaik dunia bertajuk 'FIFA Best Player Award' yang pertama kali diadakan pada tahun 2016 di Zurich Swiss.

Maka nama penghargaan untuk pemain sepak bola oleh majalah France Football ini kembali ke semula lagi yaitu Ballon d'Or

Juara FIFA Ballon d'Or Dan FIFA Best Player Award

Ballon d'Or vs FIFA Best Player Award, Apa Sih Bedanya?sports.yahoo.com

Penghargaan FIFA Ballon d'Or yang berlangsung selama 6 tahun ini pun didominasi oleh dua pemain terbaik dunia saat ini yaitu Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Berikut listnya:

2015     Lionel Messi     
2014     Cristiano Ronaldo
2013     Cristiano Ronaldo      
2012     Lionel Messi     
2011     Lionel Messi      
2010     Lionel Messi

Sedangkan untuk FIFA Best Player Award 2016 yang diadakan pertama kalinya dimenangi oleh Cristiano Ronaldo. Dan untuk FIFA Best Player Award 2017 yang diselenggarakan minggu kemarin di London Inggris kembali dimenangkan oleh Cristiano Ronaldo.

Maka jika digabungkan antara penghargaan Ballon d'Or, FIFA Ballon d'Or dan FIFA Best Player Award rekor juara terbanyak dimiliki oleh Messi dan Ronaldo sebanyak masing - masing 5 kali. Mereka memang pemain hebat!

 

Perbedaan Ballon d'Or dan FIFA Best Player Award.

Ballon d'Or vs FIFA Best Player Award, Apa Sih Bedanya?90min.in

Lalu sebenarnya bagaimana perbedaan antara Ballon d'Or dan FIFA Best Player Award?

Salah satu diantaranya adalah cara melakukan pemilihan pemain terbaik. Dalam menentukan siapa yang layak untuk menjadi yang terbaik di The Best FIFA Football Awards, perhitungan dilakukan lewat suara yang masuk dari setiap kapten tim nasional, pelatih tim nasional, jurnalis terpilih, dan untuk pertama kalinya FIFA membuka polling secara online kepada fans.

Masing-masing suara yang masuk dari pihak kapten, pelatih, jurnalis, dan fans tersebut memiliki nilai 25 persen. Sementara itu, pemenang Ballon d'Or ditentukan oleh voting dari para jurnalis sepak bola di Eropa.

Ballon d'Or juga hanya diperuntukkan bagi pemain terbaik putra saja yang berkompetisi di liga-liga Eropa dan selalu diadakan setiap akhir tahun.

Nah gimana guys, sudah tahu kan perbedaannya?

Ganjar Firmansyah Photo Community Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You