Comscore Tracker

Bantai AS Roma, Inter Milan Selangkah Lebih Dekat ke Puncak Klasemen

Reuni pertama Edin Dzeko dan AS Roma

Satu laga big match tersaji di pekan ke-16 antara AS Roma melawan Inter Milan. Bertanding di Olimpico Stadium, AS Roma justru babak belur di hadapan sang tamu  dengan skor 3-0. Tiga gol Inter lahir dari tiga punggawa anyarnya, Hakan Calhanoglu, Edin Dzeko dan Denzel Dumfries.

Dengan hasil ini, Inter Milan naik ke peringkat kedua. Sementara AS Roma masih duduk di peringkat kelima, tetapi terancam digususr oleh Fiorentina dan Juventus, yang baru akan berlaga Minggu malam (15/12).

Laga ini sendiri berjalan sangat intens dan bertempo tinggi. Berikut lima catatan menarik yang mewarnai duel prestisius ini.

1. Performa Impresif Hakan Calhanoglu berlanjut

Bantai AS Roma, Inter Milan Selangkah Lebih Dekat ke Puncak KlasemenHakan Calhanoglu (inter.it)

Hakan Calhanoglu terus menunjukan performa impresifnya dalam beberapa laga terakhir. Pada laga ini, ia mencatatkan satu gol dan satu assist, yang membuat dirinya dinobatkan sebagai man of the match. 

Berdasarkan catatan Opta, Hakan Calhanoglu kini terlibat dalam lima gol dalam lima laga terakhirnya dengan torehan empat gol dan satu assist. 

Jumlah ini lebih baik dari sebelumnya saat berkostum AC Milan, di mana ia membutuhkan 15 laga untuk menghasilkan jumlah gol yang sama. Sedangkan secara keseluruhan ia sudah mengoleksi empat gol dan empat assists dari 13 laga Serie A musim ini.

2. Rekor buruk AS Roma melawan tim mapan

Bantai AS Roma, Inter Milan Selangkah Lebih Dekat ke Puncak Klasemenduel AS Roma vs Inter Milan (football-italia.net)

Ini menjadi kekalahan AS Roma ketujuh di musim ini. Empat kekalahan di antaranya datang saat melawan klub-klub rival seperti AC Milan, Lazio, Juventus dan Inter Milan.

Sedangkan ketika melawan Napoli, mereka hanya bermain imbang. Hasil ini menunjukan jika mentalitas pemain AS Roma masih belum matang. Sedangkan secara kualitas pemain, sejatinya Giallorossi tidak tertinggal jauh.

Hasil ini juga menjadi kekalahan terburuk AS Roma di Serie A era Jose Mourinho. Sebelumnya, mereka pun menelan kekalahan sangat telak di Conference League saat dibantai Bodo Glimt dengan skor 6-1. Kekalahan ini membuat Mourinho dikritik pedas media Italia kala itu.

Baca Juga: AS Roma Dihajar Inter 0-3, S. Inzaghi Puji Pemain

3. Inter Milan selangkah menuju puncak

Bantai AS Roma, Inter Milan Selangkah Lebih Dekat ke Puncak Klasemenselebrasi gol para pemain AS Roma (inter.it)

Inter Milan sedang dalam performa terbaiknya usai meraih empat kemenangan beruntun dalam lima laga terakhirnya di Serie A. Konsistensi kemenangan ini pun membuat jarak Inter Milan dengan pemuncak klasemen semakin menipis. Nerazzurri kini naik ke peringkat kedua dengan koleksi 36 poin, dan hanya terpaut satu angka saja dari AC Milan di puncak klasemen.

Perubahan posisi ini tidak lepas dari kekalahan Napoli dari Atalantan dengan skor 3-2. Persaingan meraih Scudetto pun kini semakin memanas, dan peluang Inter untuk mempertahankan gelar juara kian terbuka lebar.

4. Edin Dzeko: Mesin gol baru Inter Milan dan mimpi buruk mantan klub

Bantai AS Roma, Inter Milan Selangkah Lebih Dekat ke Puncak KlasemenEdin Dzeko setelah mencetak gol ke gawang AS Roma (twitter.com/Inter_en)

Ini menjadi pertama kalinya Edin Dzeko kembali ke Olimpico Stadium pasca meninggalkan AS Roma musim panas kemarin secara gratis. Dzeko sempat berkostum AS Roma selama lima musim dengan menorehkan 119 gol dari 260 laga untuk tim ibu kota.

Namun, kedatangannya kali ini justru menjadi mimpi buruk bagi Romanisti. Dzeko mencetak satu gol bagi Inter pada menit ke-24.

Inter Milan mendatangkan striker 35 tahun ini sebagai pengganti Romelu Lukaku. Meski telah dimakan usia, Dzeko membuktikan dirinya masih dalam level tertinggi. Kini, dia sudah mengoleksi delapan gol dan dua assists dari 16 laga Serie A.

5. Modal positif Inter Milan sebelum melawan Real Madrid

Bantai AS Roma, Inter Milan Selangkah Lebih Dekat ke Puncak Klasemenselebrasi kemenangan skuad Inter Milan pasca laga (twitter.com/Inter_en)

Inter Milan tidak boleh terlena dengan kemenangan ini. Mereka harus segera kembali fokus karena laga lebih berat sudah menanti.

Tengah pekan ini, Inter Milan bakal bertamu ke Real Madrid pada laga terakhir fase grup. Keduanya sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar, tetapi status juara grup akan dipertaruhkan pada laga ini.

Inter Milan wajib mengalahkan Real Madrid jika ingin keluar sebagai juara grup. Saat ini, mereka tertinggal dua poin dari El Real yang berada di puncak klasemen. Sedangkan AS Roma akan menghadapi CSKA Sofia di Conference League. Anak asuh Mourinho sendiri sudah dipastikan lolos dari fase grup.

 

Itulah beberapa catatan menarik duel menarik antara AS Roma melawan Inter Milan. Sepanjang laga, kedua tim tampil dengan intensitas tinggi.

Inter mampu lebih efektif dengan memaksimalkan setiap peluang yang ada. Sementara itu AS Roma terkendala di penyelesaian akhir dengan absennya Tammy Abraham.

Baca Juga: 5 Klub yang Paling Sering Dikalahkan Inter Milan, AC Milan Termasuk!

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya