5 Pemain Belanda Termahal dalam Sejarah Transfer MU, Ada Van De Beek

MU sangat akrab dengan pemain asal Belanda, lho!

Manchester United merupakan klub yang sangat akrab dengan pemain-pemain asal Belanda. Sepanjang sejarah klub, beberapa nama besar silih mewarnai skuat Setan Merah. Tidak sedikit dari mereka bahkan menjadi pemain kunci dan sukses mempersembahkan gelar bergengsi, sebut saja Edwin Van Der Saar.

Kini pemain baru dari Belanda pun akan mewarnai skuat MU untuk musim depan dan digadang-gadang sebagai calon bintang baru, ia adalah Donny Van De Beek. Bersama eks Ajax tersebut, berikut ini lima transfer pemain Belanda termahal dalam sejarah Setan Merah.

1. Daley Blind (17,5 juta euro)   

5 Pemain Belanda Termahal dalam Sejarah Transfer MU, Ada Van De Beekbleacherreport.com

Daley Blind diboyong MU dari Ajax pada musim 2014/2015 dengan banderol 17,5 juta euro. Ia merupakan pemain multi guna yang bisa berposisi sebagai bek tengah, bek sayap ataupun gelandang bertahan. Selama empat musim berseragam Setan Merah, Blind tampil dalam 141 laga di semua ajang.

Dia sukses memberikan masing-masing satu gelar FA Cup, Carabao Cup dan Liga Eropa bagi publik Old Trafford. Namun seiring waktu ia mulai jarang dapatkan waktu bermain di MU. Pada 2018 lalu ia pun kembali ke Ajax dan menjadi bagian penting klub saat lolos ke semifinal Liga Champions 2018/2019 dan menjuarai Eredivisi.

2. Ruud van Nistelrooy (28,5 juta euro)

5 Pemain Belanda Termahal dalam Sejarah Transfer MU, Ada Van De Beekmanutd.com

Pada musim 2001/2002 MU mendatangkan striker tajam PSV Eindhoven, Ruud Van Nistelrooy dengan harga cukup mahal kala itu, 28,5 juta euro. Di Premier League Nistelrooy bertransformasi menjadi salah satu striker paling tajam. Ia mengoleksi 150 gol dari 219 laga bersama MU di semua ajang.

Ia juga tercatat pernah menjadi top skorer Premier League pada musim 2002/2003 dengan mencetak 25 gol. Tidak hanya itu, ia juga sukses berikan satu gelar Premier League, FA Cup dan Piala Liga selama lima musim berkostum MU.

Performa dan ketajamannya menarik minat raksasa Spanyol, Real Madrid pada 2006. Ia pun dilepas dengan harga 32 juta euro.

Baca Juga: 8 Pemain Belanda Termahal yang Direkrut Klub Premier League, Ada Ake!

3. Robin van Persie (30,7 juta euro)

5 Pemain Belanda Termahal dalam Sejarah Transfer MU, Ada Van De Beekgoal.com

Kepindahan Robin Van Persie dari Arsenal ke MU pada 2012 menjadi salah satu yang paling kontroversial. Apalagi kala itu dia adalah sosok penting The Gunners pasca kepergian Thiery Henry. Namun kehausan gelar Van Persie membuatnya pergi ke klub rival dengan harga 30,7 juta euro.

Transfer ini terbukti sukses. Van Persie memberikan gelar Premier League di musim perdananya, sekaligus menjadi top skorer Premier League dengan 26 gol. Tiga musim berseragam MU, Van Persie mencetak 58 gol dari laga di semua ajang.

Pada 2015 ia hijrah ke Fenerbahce dan mengakhiri kariernya pada 2019 lalu di klub masa remajanya, Feynoord.

4. Memphis Depay (34 juta euro)

5 Pemain Belanda Termahal dalam Sejarah Transfer MU, Ada Van De Beekbleacherreport.com

Pemain Belanda termahal kedua ditempati oleh Memphis Depay saat ia diboyong dari PSV Eindhoven dengan harga 34 juta euro. Sayangnya karier Depay di Old Trafford cukup pendek karena gagal menunjukkan performa terbaiknya. Ia hanya mampu mencetak 7 gol dan 6 assist dari 56 penampilannya di semua ajang.

Dua tahun kemudian ia pun dilego ke Lyon dengan harga 16 juta euro saja. Uniknya, Depay justru menemukan kembali performa terbaiknya di sana. Ia mampu mencetak 57 gol dan 43 assist dari 139 laga di semua ajang. Bahkan musim lalu ia mampu membawa Lyon lolos ke semifinal Liga Champions dengan menundukkan Juventus dan Manchester City.

5. Donny van de Beek (39 juta euro)

5 Pemain Belanda Termahal dalam Sejarah Transfer MU, Ada Van De Beekmanchestereveningnews.co.uk

Pemain Belanda termahal dalam sejarah MU dipegang oleh pemain anyar, Donny Van De Beek. Ia baru saja didatangkan dengan harga 39 juta euro dari Ajax. Gelandang berusia 23 tahun ini diikat dengan durasi kontrak lima tahun. Kehadirannya akan memperkaya lini tengah MU yang telah diisi oleh Bruno Fernandes dan Paul Pogba.

Donny Van De Beek hadir dengan catatan yang apik bersama Ajax. Ia merupakan generasi emas Ajax bersama Frenkie De Jong dan Matthijs de Ligt yang lebih dulu hengkang ke Barcelona dan Juventus. 

Itulah deretan pemain termahal asal Belanda yang pernah didatangkan Manchester United. Beberapa pemain tampil impresif dan sukses persembahkan gelar bergengsi. Akankah Van De Beek, yang merupakan pemain Belanda termahal di MU, mengikuti jejak sukses pemain Belanda lainnya?

Baca Juga: 7 Pemain Belanda yang Sukses Berkarier di Premier League, Siapa Saja?

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya