Comscore Tracker

6 Catatan Terakhir Jurgen Klopp di Final Sepak Bola Eropa, Tanpa Cela!

Berpotensi tambah gelar pada 2021/2022

Jurgen Klopp ditunjuk menjadi pelatih Liverpool pada 2015. Dia dipercaya untuk mengembalikan kejayaan Liverpool di Inggris dan Eropa. Meski musim perdananya tidak berjalan sukses, The Reds berkembang pesat di bawah asuhan Jurgen Klopp.

Tujuh tahun berselang, Klopp telah mempersembahkan tujuh gelar bergengsi dan mencetak banyak rekor. Pada 2021/2022 ini, dia bahkan telah meraih dua gelar juara dan lolos ke final Liga Champions Eropa bersama Liverpool. Seperti apa catatan terakhir Klopp pada babak final?

1. Juara Liga Champions Eropa 2018/2019

6 Catatan Terakhir Jurgen Klopp di Final Sepak Bola Eropa, Tanpa Cela!Mohamed Salah melakukan selebrasi di final UCL 2018/2019. (skysports.com)

Setelah gagal pada dua kesempatan final, Jurgen Klopp akhirnya meraih gelar Liga Champions pertamanya pada 2018/2019. Gelar ini menjadi trofi keenam Liverpool, yang terakhir kali mereka raih pada 2004/2005.

Perjalanan Liverpool ke final pun luar biasa. Mereka menyingkirkan Bayern Munich dan lakukan comeback epik melawan Barcelona. Di final, Liverpool menang mudah 2-0 melawan tim Inggris lainnya, Tottenham Hotspur.

2. Juara FIFA Club World Cup 2019/2020

6 Catatan Terakhir Jurgen Klopp di Final Sepak Bola Eropa, Tanpa Cela!Liverpool mennjuarai FIFA Club World Cup 2019/2020. (liverpoolfc.com)

Liverpool menjadi wakil Eropa pada gelaran FIFA Club World Cup 2020. The Reds mengalahkan wakil CONCACAF, Monterey, dengan skor 2-1 di semifinal. Pada partai puncak, mereka berhadapan dengan klub asal Brasil, Flamengo.

Laga ini berjalan sama kuat pada waktu normal tanpa gol. Roberto Firmino kemudian menjadi pahlawan usai mencetak gol kemenangan pada menit ke-99. Ini menjadi gelar Piala Dunia Antarklub pertama dalam sejarah Liverpool.

3. Juara UEFA Supercup 2019/2020

6 Catatan Terakhir Jurgen Klopp di Final Sepak Bola Eropa, Tanpa Cela!Liverpool melakukan selebrasi juara UEFA Supercup 2019. (liverpoolfc.com)

Selain Piala Dunia Klub, Liverpool juga menjuarai UEFA Supercup 2019. Pada babak final, mereka menghadapi juara Liga Europa, Chelsea. Duel ini juga berjalan sama kuat. Kedua tim berbagi skor 2-2 hingga babak perpanjangan waktu.

Gelar juara harus ditentukan lewat babak adu penalti. Liverpool pada akhirnya keluar sebagai juara setelah penendang kelima Chelsea, Tammy Abraham, gagal mengeksekusi tendangan penalti.

Baca Juga: 5 Catatan Terakhir Jose Mourinho di Final Sepak Bola Eropa

4. Juara Piala Liga Inggris 2021/2022

6 Catatan Terakhir Jurgen Klopp di Final Sepak Bola Eropa, Tanpa Cela!Para pemain Liverpool melakukan selebrasi usai menang adu penalti di final Piala Liga Inggris 2021/2022. (liverpoolfc.com)

Liverpool kembali berhadapan dengan Chelsea pada babak final. Kali ini di ajang Piala Liga Inggris 2021/2022. Duel ini ini pun harus kembali ditentukan lewat adu penalti usai kedua tim bermain tanpa gol sepanjang laga.

Kedua tim bahkan sama kuat hingga semua pemain sama-sama mengambil tendangan penalti. Penentuan kemudian ditentukan kiper masing-masing. Sepakan Kepa Arrizabalaga melesat jauh ke atas mistar. Chelsea kalah dari Liverpool.

5. Juara FA Cup 2021/2022

6 Catatan Terakhir Jurgen Klopp di Final Sepak Bola Eropa, Tanpa Cela!Liverpool menjuarai FA Cup. (liverpoolfc.com)

Liverpool benar-benar menjadi mimpi buruk bagi Chelsea di setiap turnamen sepak bola. Setelah final Piala Liga, kedua tim kembali bertemu pada partai puncak FA Cup. Lagi-lagi pertandingan berakhir tanpa gol sepanjang waktu normal.

Duel dua tim raksasa ini kembali harus ditentukan lewat adu penalti. Chelsea kalah dengan skor 5-6. Kali ini giliran Mason Mount yang gagal menuntaskan tugasnya dengan baik pada tendangan penentuan.

6. Final Liga Champions 2021/2022

6 Catatan Terakhir Jurgen Klopp di Final Sepak Bola Eropa, Tanpa Cela!potret Luis Diaz (uefa.com)

Liverpool berhasil menapaki final Liga Champions ketiganya dalam 5 musim terakhir. Pencapaian ini mereka raih usai menyingkirkan Inter Milan, Benfica, dan Villareal pada fase gugur. Mereka bakal berhadapan kembali dengan Real Madrid pada partai puncak.

Ini adalah final ulangan musim 2016/2017 saat Liverpool kalah dramatis dengan skor 1-3. Liverpool akan berusaha membalaskan dendam.

Bagi Jurgen Klopp, ini adalah partai final Liga Champions keempat sepanjang kariernya. Catatan ini berhasil menyamai rekor hebat yang dimiliki Sir Alex Ferguson dan Carlo Ancelotti.

Sejak ditangani Jurgen Klopp, Liverpool kembali meraih kejayaan mereka di sepak bola Eropa. Semua trofi di level klub telah dipersembahkan sang pelatih untuk The Reds. Ini makin memperkuat jika Jurgen Klopp adalah pelatih terbaik di dunia saat ini.

Baca Juga: 5 Pemain Liverpool 2021/2022 yang Bergabung sebelum Era Jurgen Klopp

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya