Jadi Caretaker Arsenal, 5 Hal Ini yang Harus Dibenahi Ljungberg

Mampukah Ljungberg jadi problem solver?

Setelah memecat Unai Emery sebagai pelatih, Arsenal menunjuk Freddie Ljungberg sebagai caretaker. Berbagai pekerjaan rumah pun sudah menunggu untuk Ljungberg, yang sebelumnya merupakan pelatih tim muda Arsenal.

Ia memang diplot sebagai pelatih sementara, sebelum Arsenal menemukan pelatih top incarannya. Tetapi lima tugas berat ini harus segera diselesaikannya agar The Gunners keluar dari masa krisis. Berikut ulasannya.

1. Memutus rantai tak pernah menang dalam 8 laga terakhir

Jadi Caretaker Arsenal, 5 Hal Ini yang Harus Dibenahi Ljungberggoal.com

Unai Emery dipecat setelah Arsenal gagal meraih satu pun kemenangan dalam tujuh laga terakhirnya di semua ajang. Pada laga debutnya melawan Norwich City pada Minggu malam (1/12), Ljungberg pun hanya mampu bawa The Gunners bermain imbang dengan skor 2-2.

Ini menjadi tugas pertama sang caretaker untuk memutus rantai tak pernah menang dalam dua bulan terakhir. Saat ini Arsenal pun berada di peringkat delapan Liga Inggris dengan 19 poin.

2. Memperbaiki lini pertahanan

Jadi Caretaker Arsenal, 5 Hal Ini yang Harus Dibenahi Ljungbergmetro.co.uk

Arsenal menjadi klub dengan pertahanan terburuk dari 10 tim teratas Liga Inggris. Dari 14 laga yang telah dijalani, mereka telah kebobolan 21 gol. Duet David Luiz dan Shokdran Mustafi yang ditambal oleh Sokratis Papastathopoulos dinilai memiliki kualitas yang cukup buruk.

Ljungberg harus membenahi lini pertahanan secepat mungkin jika ingin segera bangkit meraih kemenangan. Salah satu opsinya bisa dengan merekrut bek baru pada bursa transfer Januari nanti.

Baca Juga: Arsenal Pecat Unai Emery, Freddie Ljungberg Ditunjuk Jadi Caretaker

3. Membereskan masalah internal yang ditinggalkan Unai Emery

Jadi Caretaker Arsenal, 5 Hal Ini yang Harus Dibenahi Ljungbergtheguardian.com

Musim ini Arsenal dilanda berbagai masalah internal, yang membuat kondisi internal tim tak harmonis. Mulai dari kasus konflik Granit Xhaka dengan fans, jarang dimainkannya Ozil dan hilangnya kepercayaan para pemain kepada pelatih sebelumnya, Unai Emery.

Ljungberg kini harus berupaya mengembalikan kepercayaan diri para pemain dan fans untuk kembali bergairah. Potensi itu dimiliki oleh Ljungberg karena dirinya juga pernah berstatus sebagai mantan pemain Arsenal. Sehingga dia bisa merasakan apa yang dipikirkan para pemain Arsenal.

4. Memaksimalkan Nicolas Pepe

Jadi Caretaker Arsenal, 5 Hal Ini yang Harus Dibenahi Ljungbergfootball.london

Nicolas Pepe jadi pemain teranyar musim ini yang didatangkan sebagai pemain termahal klub. Arsenal harus keluarkan dana 72 juta paun (Rp1,2 triliun) dari klub Prancis, Lille. Sayangnya, sang pemain terasa hambar karena tampil tumpul dan lebih sering duduk di bangku cadangan di masa Unai Emery.

Dari 16 laga di semua ajang ia hanya mencetak tiga gol saja. Menjadi tugas Ljungberg untuk bisa membangkitkan ketajaman pemain asal Pantai Gading itu. Pepe merupakan pemain muda potensial, musim lalu ia mampu mencetak 22 gol dari 38 laga di Ligue 1.

5. Strategi transfer yang efektif

Jadi Caretaker Arsenal, 5 Hal Ini yang Harus Dibenahi Ljungbergstandard.co.uk

Hanya satu bulan lagi sebelum bursa transfer musim dingin dibuka. Hal ini menjadi kesempatan Ljungberg untuk berburu pemain yang dibutuhkan timnya saat ini. Ia harus bisa memilih pemain yang tepat dan efektif.

Salah satu kelemahan Unai Emery musim ini adalah strategi transfer yang dinilai buruk. Dari deretan pemain baru yang didatangkan seperti Nicolas Pepe, David Luiz, Sokratis Papastathopoulos dan Denis Suarez, semuanya gagal memenuhi ekspektasi klub.

Ini akan menjadi tugas yang tak mudah bagi Freddie Ljungberg. Namun jika ia mampu melewatinya, bukan tak mungkin Arsenal segera bangkit dan kembali ke persaingan papan atas Liga Inggris.

Baca Juga: Mikel Arteta Dikabarkan Menjadi Kandidat Kuat Pelatih Arsenal

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya