Comscore Tracker

Dikalahkan Atalanta, Juventus Tersingkir dari Coppa Italia

Juve gagal pertahankan gelar, sedih!

Harapan Juventus untuk mempertahankan gelar Coppa Italia harus sirna usai kalah secara mengejutkan di babak perempat final dari Atalanta dengan skor 3-0 Kamis dini hari (31/01). Duvan Zapata menjadi mimpi buruk bagi Juventus berkat dua golnya di menit ke-39 dan 86, sedangkan satu gol lainnya dilesatkan oleh Timothy Castagne (37').

Bagi Atalanta kemenangan ini mengantarkan mereka ke babak semifinal Coppa Italia musim ini yang telah diisi oleh AC Milan, Fiorentina dan satu tiket lagi akan diperebutkan antara Lazio dan Inter Milan.

1. Chiellini alami cedera di babak pertama, Atalanta berhasil cetak dua gol dalam waktu dua menit

Dikalahkan Atalanta, Juventus Tersingkir dari Coppa Italiatwitter.com/SerieA

Atalanta yang bermain di hadapan pendukungnya mampu merepotkan Juventus di sepanjang babak pertama. Peluang emas Atalanta tercipta di menit ke-24 saat Papu Gomez berhasil melakukan tusukan di kotak penalti dan melepaskan tembakan ke gawang Juventus. Namun Kiper Juve, Wojciech Szczesny, berhasil menghalau peluang tersebut.

Bencana bagi Juve muncul di menit ke-26 ketika Giorgio Chiellini harus ditarik keluar akibat cedera dan digantikan oleh Joao Cancello. Gol yang ditunggu tuan rumah pun akhirnya hadir di menit ke-37 usai Cancello melakukan blunder, sehingga bola bisa direbut Castagne, yang kemudian bergerak maju di dekat kotak penalti dan menaklukkan Wojciech Szczesny.

Dua menit kemudian Atalanta berhasil menggandakan kedudukan melalui Duvan Zapata yang menjadi gol ke-19 di musim ini bersama Atalanta. Sudah jatuh tertimpa tangga, usai gol tersebut, pelatih Juventus, Massimiliano Allegri harus diusir wasit akibat melakukan protes berlebihan.

Baca Juga: Leonardo Bonucci Dilanda Cedera, Juventus Alami Krisis Pemain Bertahan

2. Juventus tampil lebih menyerang di babak kedua, namun Atalanta tampil lebih solid

Dikalahkan Atalanta, Juventus Tersingkir dari Coppa Italiajuventus.com

Juventus yang tampil mengandalkan duet trio Cristiano Ronaldo-Dybala-Bernardeschi mencoba lebih menyerang di babak kedua. Beberapa peluang lahir melalui Rodrigo Bentancur dan Sami Khedira namun masih melenceng dari gawang lawan. Peluang emas hadir di menit ke-53 saat Daniele Rugani nyaris mencetak gol andai sundulan kepalanya tidak mengenai mistar gawang Atalanta.

Meski menguasai laga dengan 55 persen penguasaan bola, Juventus gagal memperkecil kedudukan.Atalanta justru berhasil memperbesar keunggulan mereka melalui gol kedua Duvan Zapata di menit ke-86. Laga pun berakhir dengan keunggulan 3-0 bagi Atalanta. 

Kekalahan telak ini merupakan pukulan tersendiri bagi Juventus yang merupakan tim yang belum terkalahkan di Liga Italia. Terakhir kalinya Juve kalah dengan margin tiga gol adalah saat kalah dari Real Madrid di babak perempat final Liga Champions musim lalu.  Si Nyonya tua pun harus rela gagal mempertahankan gelar Coppa Italia yang telah mereka juarai empat tahun beruntun.

3. Allegri: Ini bukanlah hal yang harus didramatisir

Dikalahkan Atalanta, Juventus Tersingkir dari Coppa Italiajuventus.com

Meski alami kekalahan telak dan tersingkir dari Coppa Italia, Allegri tak terlalu khawatir dengan skuadnya saat ini. Ia berujar jika anak asuhnya sedang tidak beruntung dan bermain buruk di awal laga. Allegri pun menyatakan timnya pasti akan mengalami kekalahan pada waktunya. 

"Ini bukanlah sesuatu yang perlu didramatisir, karena ini hanya sebuah hari yang buruk. Atalanta sepenuhnya pantas untuk lolos dan memiliki semangat lebih," ungkapnya.

"Saya tidak merasa ini menjadi alarm untuk dikhawatirkan, karena mustahil bisa memenangkan setiap laga."

Meski tak terlalu mengkhawatirkan timnya, Allegri patut waspada karena mereka kini mengalami krisis pemain belakang. Sebelumnya, Leonardo Bonucci dipastikan absen sebulan akibat cedera yang dideritanya. Rekannya, Giorgio Chiellini pun menyusul alami cedera meski tak terlalu parah. Juve juga telah kehilangan Mehdi Benatia yang telah hengkang ke Liga Qatar.

Juve sendiri bergerak cepat dengan mendatangkan kembali mantan pemainnya, Martin Caceres dengan status pinjaman dari Lazio. Kini mereka pun dikabarkan sedang mendekati bek Parma, Bruno Alves untuk menambal lini belakangnya.

Baca Juga: Kembali ke Juventus, Caceres Dikabarkan Akan Debut Hadapi Atalanta

Ganjar Firmansyah Photo Community Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You