Drama 6 Gol, Parma Berhasil Tahan Imbang Juventus

Dua gol Ronaldo gagal berikan kemenangan

Dampak absennya duet andalan Chiellini-Bonucci di lini belakang yang alami cedera langsung berdampak dalam performa mereka. Juventus yang bermain di kandang sendiri secara dramatis ditahan Imbang Parma dengan skor 3-3 pada Minggu dinihari (03/02).

Juventus sebenarnya sempat unggul melalui brace Cristiano Ronaldo (36', 66') dan gol Daniele Rugani (62'). Namun Parma secara luar biasa berhasil menyamakan kedudukan melalui gol Antonino Barillà (64') dan dua gol Gervinho (74', 90+3').

Dengan hasil ini, Juventus masih unggul di pucuk klasemen. Namun Napoli berhasil memotong margin poin menjadi 9 angka usai raih kemenangan atas Sampdoria.

1. Kuasai jalannya pertandingan, Cristiano Ronaldo buka keunggulan Juventus

Drama 6 Gol, Parma Berhasil Tahan Imbang Juventusjuventus.com

Mengarungi pekan ke-22 Serie A, Juventus tampil pincang di lini belakang tanpa Chiellini dan Bonucci.Meski begitu, Si Nyonya Tua memulai laga dengan sangat baik dan berhasil menciptakan peluang-peluang berbahaya, salah satunya sundulan Sami Khedira yang membentur mistar gawang.

Tendangan di luar kotak penalti Miralem Pjanic dan Cristiano Ronaldo pun tak mampu menjebol gawang Parma hingga 30 menit awal laga. Gol yang dinanti-nanti akhirnya tercipta di menit ke-36 melalui kaki Cristiano Ronaldo usai memanfaatkan umpan manis Blaise Matuidi.

Gol tersebut pun bertahan hingga babak pertama usai.

Baca Juga: Dikalahkan Atalanta, Juventus Tersingkir dari Coppa Italia

2. Juventus sempat unggul dua gol, namun Parma secara luar biasa samakan kedudukan di akhir laga

Drama 6 Gol, Parma Berhasil Tahan Imbang Juventustwitter.com/1913parmacalcio

Parma masih terdesak di babak kedua, namun serangan-serangan balik mereka sangatlah berbahaya. Bahkan beberapa kali membuat pemain bertahan Juve harus melakukan kesalahan. Meski begitu, Juve berhasil menggandakan keunggulan melalui sepakan voli Daniele Rugani di menit ke-62 usai memanfaatkan sundulan Cristiano Ronaldo.

Unggul dua gol, Juve mulai lengah. Secara mengejutkan dua menit kemudian Parma berhasil memperkecil kedudukan melalui tandukan Antonino Barilla. Tetapi tak butuh lama bagi Juventus untuk kembali memperbesar keunggulan. Di menit ke-66 Ronaldo berhasil mencetak gol keduanya melalui sundulan setelah menerima umpan matang Mario Mandzukic, Juve pun unggul 3-1.

Parma yang hanya menguasai bola sebanyak 31 persen justru berhasil bangkit di 15 menit akhir laga. Gervinho menjadi bintangnya dengan mencetak dua gol sekaligus. Yang pertama lahir di menit ke-74 melalui gol indah backheel di depan gawang Juve yang dijaga Mattia Perin.

Gol kedua Gervinho menjadi sangat dramatis karena tercipta di akhir laga usai memanfaatkan kemelut yang terjadi di lini pertahanan Juventus. Dengan hasil imbang ini, Juventus kini mengumpulkan 60 poin, unggul sembilan angka dari Napoli yang membuntuti di belakangnya.

3. Juventus mulai masuki fase krisis

Drama 6 Gol, Parma Berhasil Tahan Imbang Juventusgoal.com

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri sangat menyesalkan dengan hasil imbang ini. Dia menyoroti para pemain belakangnya yang banyak melakukan kesalahan. Allegri pun tak habis pikir dengan blunder Mandzukic yang menjadi bencana lahirnya gol ketiga Parma. Sapuan bola Super Mario justru mengarah ke kotak penalti Juve dan memicu gol ketiga oleh Gervinho.

Meski rekor tak terkalahkan mereka di Serie A belum terputus, dalam beberapa laga terakhir mereka mulai kesulitan meraih kemenangan. Pekan lalu mereka bahkan terdepak dari babak perempat final Coppa Italia usai dipermalukan Atalanta dengan skor 3-0. Menurut Allegri, kemenangan atas Lazio di pekan ke-21 pun hanyalah sebuah keberuntungan saat Ronaldo berhasil dapatkan hadiah penalti di akhir laga.

Baca Juga: Kepindahannya Urung Terjadi, Spalleti: Perisic Telah Ditipu Arsenal!

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya