5 Drama Kartu Merah Paling Dikenang Dalam Sejarah Piala Dunia

#WorldCup2018 Mimpi buruk Prancis!

FIFA World Cup selalu menjadi turnamen yang paling menjadi sorotan di muka bumi ini. Tak hanya tentang pertandingan menang dan kalah, Piala Dunia juga selalu melahirkan drama dan cerita yang tak bisa dilupakan para pencinta sepak bola.

Satu di antaranya drama pemain top yang mendapatkan kartu merah. Bukan hanya karena statusnya saja yang sebagai pemain top. Namun ada hal-hal unik yang terjadi di balik layar. Siapa saja mereka? Check this out!

1. Wayne Rooney vs Portugal (Piala Dunia 2006)

https://www.youtube.com/embed/IWNSx__i804

Piala Dunia 2006 menjadi mimpi buruk bagi Wayne Rooney saat dirinya harus diusir wasit di babak knock out ketika menghadapi Portugal. Satu hal yang menjadi cerita menarik dari kejadian ini adalah Cristiano Ronaldo, yang saat itu merupakan rekan Rooney di Manchester United menjadi pemain yang memprovokasi wasit. Sehingga Rooney akhirnya diganjar kartu merah.

Setelah Rooney dikartu merah, Ronaldo tertangkap kamera mengedipkan sebelah matanya sebagai tanda strateginya berhasil. Tak ayal perilakunya ini membuatnya menjadi pemain yang dibenci di Inggris saat kembali ke MU.

Di babak ini, Inggris sendiri harus gagal lolos karena kalah lewat adu penalti dari Portugal.

2. Josip Simunic vs Australia (Piala Dunia 2006)

https://www.youtube.com/embed/S7UDs-fDCZY

Piala Dunia tak hanya populer dengan tragedi kartu merah Wayne Rooney, namun juga ada sebuah kejadian menarik saat pemain Kroasia, Simunic mendapatkan 3 kartu kartu kuning sebelum akhirnya dikartu merah.

Kejadian tersebut terjadi di babak penyisihan grup saat Kroasia menghadapi Australia. Simunic mendapatkan kartu kuning pada menit ke 61, 90 dan di akhir pertandingan.

Laga itu sendiri dipimpin oleh wasit Graham Poll. Dalam penjelasannya dia mengakui kesalahannya tersebut. Dia secara tidak sadar salah menuliskan nama di dalam kartu kuningnya.

Ketika seharusnya Simunic yang mendapatkan kartu kuning, dia malah menuliskan Craig Moore yang merupakan pemain Australia.

3. Luis Suarez vs Ghana (Piala Dunia 2010)

https://www.youtube.com/embed/NUWZuioV_DY

Piala Dunia 2010, Ghana mencetak sejarah untuk pertama kalinya lolos ke babak perempat final. Mereka harus menghadapi Uruguay di laga tersebut. Laga itu kemudian berakhir dengan skor 1-1.

Ironisnya, sebenarnya Ghana bisa saja menang di akhir pertandingan setelah Asamoah Gyan berhasil menyundul bola ke arah gawang Muslera. Namun bola yang hampir menjadi gol tersebut justru ditepis Luis Suarez dengan tangannya. Hal itu pun membuat dirinya dikartu merah, dan Ghana mendapatkan hadiah penalti.

Tragis bagi Ghana, Asamoah Gyan gagal mengeksekusi penalti tersebut. Hingga akhirnya pertandingan berakhir melalui babak adu penalti yang kemudian justru dimenangkan Uruguay.

4. David Beckham vs Argentina (Piala Dunia 1998)

https://www.youtube.com/embed/CbznCUoRAmg

Sepanjang karier sepak bola David Beckham, Piala Dunia 1998 mungkin menjadi yang terburuk sepanjang kariernya. Inggris saat itu berhadapan dengan musuh abadinya, Argentina di babak perempat final.

Saat kedudukan sedang 2-2, David Beckham harus mendapatkan kartu merah di menit ke-47 akibat dirinya menendang Diego Simone yang saat ini menjadi pelatih Atletico Madrid.

Pertandingan sendiri harus diakhiri dengan babak adu penalti di mana Inggris harus kalah dengan skor 4-3. Inggris pun harus gugur, sementara Beckham muda pulang dengan menjadi musuh publik Inggris akibat kartu merahnya tersebut.

Bahkan dirinya pun sempat mendapatkan ancaman mati dari fans Inggris.

5. Zinedine Zidane vs Italia (Piala Dunia 2006)

https://www.youtube.com/embed/LvNkkdfNwEg

Final Piala Dunia 2006 menjadi salah satu final yang akan selalu diingat oleh publik sepak bola dunia, khususnya bagi Zidane. Bagaimana tidak, dalam laga tersebut dia mampu menjadi pahlawan sekaligus 'blunder' bagi negaranya akibat mendapatkan kartu merah.

Satu golnya melalui penalti mampu disamakan oleh Marco Materazzi melalui sundulan. Kedua pemain pun menjadi aktor yang paling mendapatkan sorotan di laga tersebut. D babak extra time Zidane harus mendapatkan kartu merah setelah menyundul dada Materazzi yang melakukan provokasi kepada dirinya.

Namun Zidane sendiri justru tetap dipuji atas tindakannya tersebut. Materazzi sendiri melakukan provokasi dengan ungkapan yang sanga menyinggung Zidane tentang saudari perempuannya.

Itulah beberapa drama kartu merah paling populer dalam sejara Piala Dunia. Akankah ada drama lagi di Final Piala Dunia 2018?

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya