Comscore Tracker

Inggris Vs Kroasia, Inilah 4 Duel Kunci Penting Antar Lini

#WorldCup2018 Siapa yang akan jadi lawan Prancis?

Luzhniki stadium akan menjadi saksi pertarungan dua tim Eropa untuk memperebutkan satu tiket final tersisa, Inggris melawan Kroasia. Laga yang akan digelar Kamis dinihari nanti (12/07/2018) akan menjadi pertemuan kedelapan kedua tim sepanjang sejarah mereka. Inggris mampu lebih unggul dengan rekor empat kemenangan dan sekali imbang. Sedangkan sisanya bagi kemenangan Kroasia.

Kedua tim merupakan kejutan sendiri karena bisa lolos hingga semifinal. Namun jika kita melihat performa mereka sepanjang turnamen, kedua tim memang layak untuk berada di semifinal.

Jika Kroasia mampu tampil kokoh karena lini tengahnya yang tajam, maka Inggris tampil dengan strategi baru yang lebih fresh, di mana setiap lini mampu tampil maksimal. Duel-duel antar lini kedua tim akan menjanjikan sebuah pertarungan yang seru. Siapa yang akan lebih unggul? Kita lihat saja, dilansir dari Skysports.com dan Squawka.com.

1. Modric Vs Henderson

Inggris Vs Kroasia, Inilah 4 Duel Kunci Penting Antar Linisquawka.com

Duel antar lini tengah kedua negara akan mempertemukan Luka Modric dan Henderson. Mereka sendiri sebelumnya pernah bertemu saat final Liga Champions Real Madrid melawan Liverpool. Sehingga setidaknya sudah saling mengenal tipe permainan masing-masing.

Jika melihat statistik, Modric mampu lebih unggul karena telah mencetak dua gol. Dia adalah kunci permainan Kroasia di Piala Dunia 2018, dan merupakan pemain yang paling banyak bermain bagi Kroasia dengan 485 menit.

Di sisi lain, Jordan Henderson juga merupakan sosok sentral dalam formasi 3-1-4-2 Gareth Southgate. Perannya sebagai gelandang bertahan mampu menjadi tembok pertahanan pertama untuk memblok serangan lawan. Tak hanya itu, dia juga merupakan penyeimbang lini tengah The Three Lions menuju para gelandang yang diisi oleh Jessie Lingard dkk.

Kedua pemain sendiri memiliki style bermain yang berbeda. Duel keduanya akan menjadi kunci utama siapa yang mampu menguasai lapangan tengah. Henderson sedikit diuntungkan. Karena Modric sebelumnya harus bermain 120 menit di dua pertandingan knock out. Sehingga untuk masalah stamina, Henderson bakalan tampil lebih fit.

2. Trippeir Vs Strinic

Inggris Vs Kroasia, Inilah 4 Duel Kunci Penting Antar Lini101greatgoals.com

Kieran Tripper menjadi pemain Inggris yang tampil cemerlang sepanjang turnamen. Ditempatkan di posisi baru sebagai winger, Trippier mampu melaksanakan tugasnya dengan sangat baik. Padahal posisi aslinya adalah seorang bek kanan saat bermain di Tottenham Hotspur. Dia mampu memberikan sebuah assist dari 4 laga yang telah dijalaninya.

Melawan Kroasia, tugas mengobrak-abrik sisi sayap tampaknya akan kembali diserahkan kepada Trippier. Dia akan dihadapkan dengan sisi pertahanan Kroasia yang diisi oleh Strinic. Strinic sendiri dianggap merupakan sisi kelemahan pertahanan Kroasia. Beberapa kali dia selalu berhasil ditembus dan menjadi penyebab gol lawan, seperti saat melawan Rusia.

Kieran Trippier sendiri telah mencetak 13 kesempatan di Piala Dunia 2018, yang merupakan angka tertinggi bagi seorang pemain bertahan. Umpan-umpan memanjakannya pasti akan menjadi santapan yang ditunggu oleh Harry Kane.

3. Mandzukic Vs Maguire

Inggris Vs Kroasia, Inilah 4 Duel Kunci Penting Antar Linisquawka.com

Mandzukic menjadi sosok target man dalam formasi 4-2-3-1 kroasia. Uniknya, perannya tersebut bukanlah sebagai goalscorer. Dia lebih diposisikan agar mampu memenangkan duel-duel dengan pemain bertahan lawan, menahan bola dan membuka pintu bagi para gelandang yang diisi oleh Luca Modric, Ivan Perisic dan Andrei Kramaric untuk mencetak gol.

Perannya tersebut mampu dia laksanakan dengan sangat baik. Terbukti dengan 7 dari 10 gol Kroasia mampu diciptakan para gelandang Kroasia, sedangkan dirinya sendiri baru mencetak satu gol.

Tugas berat menjaga Mandzukic akan dibebankan kepada harry Maguire yang tampil sangat baik dalam beberapa pertandingan terakhir Inggris. Formasi 3 pemain belakang Inggris yang diisi oleh Maguire-Stones-Walker terbukti sangat kokoh. Mereka menjadi tim yang paling sedikit kebobolan dengan 5 goal.

Maguire sendiri merupakan defender yang paling sering memenangkan duel-duel udara pemain Inggris dengan 33, di sisi lain Mandzukic juga merupakan pemain yang tak kalah kuat saat melakukan duel udara.

Siapakah yang akan lebih unggul?

4. Kane Vs Lovren

Inggris Vs Kroasia, Inilah 4 Duel Kunci Penting Antar Liniskysports.com

Harry Kane merupakan top skorer Piala Dunia saat ini dengan 6 gol. Ketajamannya sebagai seorang striker tidaklah perlu diragukan lagi. Dia merupakan top skorer Liga Inggris dua musim beruntun pada musim 2015/2016 dan 2016/2017.

Saat menghadapi Kroasia nanti, Kane akan dihadapakan dengan Dejan Lovren yang bermain untuk Liverpool. Kedua pemain ini sendiri sudah sering bertemu sebelumnya di Liga Inggris, sehingga dipastikan sudah saling mengenali style bermainnya.

Lovren selalu kesulitan ketika berhadapan dengan Harry Kane. Publik mungkin masih ingat saat Tottenham berhasil mengalahkan Liverpool dengan skor 4-1. Saat itu Kane berhasil memporak porandakan pertahanan The Reds yang dijaga Lovren, dimana Kane mampu mencetak dua gol.

Namun performanya di Piala Dunia 2018 kali ini kian membaik. Dia merupakan pemain bertahan dengan dribble terbaik dengan angka rata-rata 0.4 dribble per game. Duetnya bersama Domagoj Vida, menjadi benteng kokoh pertahanan Kroasia.

Kane sendiri merupakan pemain paling berbahaya Inggris. Dia merupakan pemain yang paling sering dilanggar lawan. Pergerakannya di depan gawang lawan tak jarang mampu menghasilkan tendangan penalti. Tiga dari enam golnya bahkan tercipta dari titik penalti. Hal ini menggambarkan jika Kane sangat berbahaya baik dari bola mati maupun melalui bola-bola langsung.

Ganjar Firmansyah Photo Community Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You