Efek Transfer Ronaldo, Siapa Saja yang Diuntungkan dan Dirugikan?

Bakalan ada yang tersisih nih!

Cristiano Ronaldo telah resmi berlabuh di Juventus dengan durasi kontrak 4 tahun hingga 2022. Sang pemain dikabarkan dihargai 105 juta Euro atau 1,7 Triliun Rupiah agar bisa hengkang dari Santiago Bernabeu.

Transfer ini menjadi sebuah berita yang cukup mengejutkan karena C. Ronaldo merupakan roh permainan El Real dalam satu dekade terakhir. Deretan trofi prestisius telah Ronaldo persembahkan bagi publik Santiago Bernabeu.

Disisi lain, kedatangan Cristiano Ronaldo di Juventus pastinya akan memberikan angin baru bagi sepak bola Italia yang dalam beberapa tahun terakhir kalah populer dari La Liga ataupun Liga Primer Inggris.

Kedatangan Ronaldo ke Juventus tak hanya memberikan angin segar namun menjadi sebuah kabar buruk juga bagi sebagian pihak. Kenapa?

1. Higuain terancam de javu Cristiano Ronaldo

Efek Transfer Ronaldo, Siapa Saja yang Diuntungkan dan Dirugikan?en.as.com

Kedatangan Cristiano Ronaldo ke Juventus seolah menjadi de javu nasib buruk bagi Gonzalo Higuain. Higuain meninggalkan Real Madrid pada tahun 2013 akibat kalah bersaing dari Cristiano Ronaldo yang tampil lebih bersinar.

Higuain berhasil tampil tajam bersama Napoli, yang kemudian menarik perhatian si Nyonya Tua. Pada tahun 2016 dia hijrah menuju Juventus dan tetap tampil konsisten. Bahkan dia menjadi kunci penyerangan Juve yang berhasil meraih trofi Serie A 6 musim beruntun.

Kini nasib buruk tampaknya bakalan kembali menimpa pemain asal Argentina tersebut. Kedatangan Cristiano Ronaldo akan mengancam posisinya sebagai striker utama La Vechia Signora. Apalagi formasi andalan Allegri adalah dengan mengandalkan satu targetman, yaitu 4-2-3-1.

2. Kesempatan bintang muda Real Madrid untuk bersinar

Efek Transfer Ronaldo, Siapa Saja yang Diuntungkan dan Dirugikan?squawka.com

Kepergian Cristiano Ronaldo dari El Real memang sebuah kehilangan besar bagi Madrid. Namun bagi para bintang muda seperti Isco dan Marco Asensio, hal tersebut merupakan kesempatan mereka untuk mendapatkan posisi utama di dalam tim.

Isco sendiri mampu tampil apik di Piala Dunia 2018 ketika dipercaya menjadi pemain inti. Dibawah kepelatihan Julen Lopetegui, Isco dan Marco Asensio dipercaya akan menjadi andalan tim untuk musim depan. Isco akan dipercaya mengisi posisi yang ditinggalkan Ronaldo, sedangkan Asensio dan Dani Ceballos akan mendapatkan posisi baru dalam formasi 4-3-1-2.

3. Kontradiksi Ronaldo effect bagi La Liga dan Serie A

Efek Transfer Ronaldo, Siapa Saja yang Diuntungkan dan Dirugikan?juventus.com

Nama Cristiano Ronaldo merupakan sebuah ikon yang sangat menguntungkan bagi La Liga. Kehadirannya mampu mengundang nilai komersil yang sangat tinggi dari media dan fans. Segala gerak geriknya, bahkan persaingannya dengan Lionel Messi mampu menjadi magnet utama La Liga menarik perhatian pecinta sepak bola dunia.

Kini dengan hengkangnya sang bintang ke Serie A, sedikitnya pasti akan memberikan sebuah pengaruh signifikan bagi La Liga. Mereka kehilangan sebuah aset yang berharga. Di sisi lain, hal ini menjadi sebuah keuntungan yang sangat besar bagi Serie A untuk kembali meningkatkan pamor sepak bolanya yang sempat meredup akibat berbagai skandal.

Serie A sendiri kembali mulai menggeliat dengan aktifnya tim-tim Serie A di bursa transfer kali ini. As Roma telah mendatangkan Pastore dan Justin Kluivert, sedangkan Inter Milan pun tak mau kalah dengan mendatangkan Radja Nainggolan.

4. Duet ideal bagi Paulo Dybala

Efek Transfer Ronaldo, Siapa Saja yang Diuntungkan dan Dirugikan?squawka.com

Tak ada yang meragukan jika Dybala merupakan salah satu pemain terbaik dunia saat ini. Dia merupakan kunci permainan Juve merajai Serie A dan berhasil membawa si Nyonya Tua ke final Liga Champions sebanyak dua kali.

Dybala bukanlah seorang goalscorer sejati, melainkan seorang pemain bertipe playmaker. Dengan datangnya Ronaldo yang merupakan seorang goalscorer sejati, peran Dybala akan mampu dimaksimalkan di musim depan dan akan menjadi tandem yang sangat tepat bagi Cristiano Ronaldo.

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya