Comscore Tracker

6 Eks Ajax yang Diboyong Manchester United, Lisandro Martinez Terbaru!

Setan Merah juga sukses datangkan Christian Eriksen

Ajax Amsterdam adalah salah satu klub top Eropa dengan sejarah panjang. Mereka merupakan rajanya Eredivisie. Ajax bahkan telah mengoleksi empat gelar Liga Champions Eropa.

Mereka tidak hanya memiliki klub berprestasi, tetapi juga memiliki tim akademi terbaik di Eropa. Ajax dikenal sebagai klub yang cerdas dalam mengembangkan bakat-bakat pemain muda.

Pada kemudian hari, pemain-pemain itu bertransformasi menjadi bintang dan dilepas ke klub lain dengan harga tinggi. Salah satu klub yang kerap jatuh hati dengan eks pemain Ajax adalah Manchester United.

Enam eks Ajax ini diboyong Manchester United ke Old Trafford. Lisandro Martinez dan Christian Eriksen, misalnya, jadi nama terbaru.

1. Edwin van der Sar

6 Eks Ajax yang Diboyong Manchester United, Lisandro Martinez Terbaru!Edwin van der Sar (uefa.com)

Edwin van der Sar adalah salah satu kiper terbaik yang pernah dimiliki Manchester United. Kiper asal Belanda ini diboyong pada musim panas 2005 dari Fulham. Dia ditebus hanya dengan harga 4 juta euro saja, tetapi berakhir sebagai salah satu legenda klub.

Van der Sar mengakhiri kariernya di Old Trafford pada 2011 dengan torehan 263 laga, 4 trofi Premier League, dan 1 Liga Champions. Namun, awal kariernya juga tak kalah bersinar kala bergabung dengan Ajax pada 1990.

Sembilan musim di sana, dia meraih 4 gelar Eredivisi, 1 Liga Europa, dan 1 Liga Champions. Hal ini yang kemudian membuat Juventus memboyongnya sebelum hijrah ke English Premier League (EPL).

2. Daley Blind

6 Eks Ajax yang Diboyong Manchester United, Lisandro Martinez Terbaru!Daley Blind (skysports.com)

Daley Blind adalah produk asli akademi Ajax dan sosok penting klub meraih tujuh gelar Eredivisie. Dia memainkan 312 laga selama 2 periode membela Ajax.

Ketika Louis van Gaal melatih Manchester United, sang pelatih memboyong Daley Blind dari Ajax dengan harga 17,5 juta euro atau Rp265 miliar. Blind sempat menjadi andalan Setan Merah di posisi gelandang bertahan. Namun, pergantian pelatih ke tangan Jose Mourinho mengubah nasib Daley Blind.

Dia mulai tersingkirkan. Blind pun dilepas kembali ke Ajax pada musim panas 2018 seharga 16 juta euro atau 243 miliar. Sang pemain menjalani 141 laga untuk Setan Merah.

3. Zlatan Ibrahimovic

6 Eks Ajax yang Diboyong Manchester United, Lisandro Martinez Terbaru!Zlatan Ibrahimovic (skysports.com)

Zlatan Ibrahimovic adalah salah satu ikon sepak bola modern. Dia telah menjelajahi lima liga top Eropa dan memulainya bersama Ajax. Kala itu, dia diboyong dari Malmo seharga 7,8 juta euro pada 2001. Hanya butuh 2 musim  baginya untuk menunjukkan sinarnya.

Ibrahimovic mencatatkan 110 laga dengan torehan 48 untuk Ajax. Torehan ini menerbangkannya ke Juventus, Inter Milan, Barcelona, AC Milan, dan Paris Saint-Germain.

Pada 2016, dia kemudian diboyong Jose Mourinho ke Manchester United. Sempat diragukan karena berkepala tiga, dia menunjukkan ketajamannya.

Ibrahimovic mencetak 29 gol dari 53 laga dan mempersembahkan gelar Liga Europa. Namun, cedera parah membuatnya absen lama. Dia kemudian pergi ke Los Angeles Galaxy pada musim panas 2018.

Baca Juga: 9 Fakta Lisandro Martinez, Bek Tengah Baru Manchester United

4. Donny van de Beek

6 Eks Ajax yang Diboyong Manchester United, Lisandro Martinez Terbaru!Donny van de Beek (twitter.com/Donny_beek6

Donny van de Beek adalah salah satu lulusan terbaik akademi Ajax bersama Matthijs de Ligt dan Frankie de Jong. Dia menembus tim utama pada 2016 dan menjadi sosok penting klub di lini tengah. Dia mencatatkan 175 laga dengan torehan 41 gol dan 34 assist.

Usai Ajax menembus semifinal Liga Champions 2018/2019, para pemain bintang Ajax mulai dibajak klub-klub besar Eropa. Donny van de Beek menyusul Hakim Ziyech ke Premier League. Namun, dia memilih Manchester United usai ditebus dengan harga 39 juta euro atau 593 miliar.

Keputusan ini cukup disayangkan karena kemudian dia lebih sering duduk di bangku cadangan. Dia tak mendapatkan waktu bermain reguler. Musim dingin 2022 lalu, dia bahkan sempat dipinjamkan ke Everton selama 6 bulan.

5. Christian Eriksen

6 Eks Ajax yang Diboyong Manchester United, Lisandro Martinez Terbaru!Christian Eriksen (twitter.com/ChrisEriksen8)

Christian Eriksen memulai karier profesionalnya bersama Ajax. Dia bergabung dengan tim U-19 pada Januari 2009. Hanya butuh 1 tahun baginya untuk menembus tim utama. Selama 3 musim di sana, dia mempersembahkan 3 gelar Eredivisie serta menorehkan 32 gol dan 65 assist dari 163 laga.

Bakat besarnya dicium Tottenham Hotspur pada musim panas 2013. Dia menjelma sebagai gelandang top di Premeir League.

Sempat berkostum Inter Milan, karier Eriksen hampir tamat saat kolaps di Piala Eropa 2020. Namun, dia berhasil comeback ke lapangan hijau dengan bergabung ke Brentford.

Dia dikontrak selama 6 bulan dan menunjukkan jika kariernya belum habis. Berbagai tawaran pun datang pada musim panas 2022 ini. Namun, sang pemain memilih untuk bergabung dengan Manchester United dengan durasi kontrak 3 tahun.

6. Lisandro Martinez

6 Eks Ajax yang Diboyong Manchester United, Lisandro Martinez Terbaru!Lisandro Martinez (twitter.com/LisandrMartinez)

Kedatangan Erik ten Hag ke Manchester United membawa nuansa Eredivisie. Setan Merah sukses mendatangkan dua pemain baru dari kompetisi asal Belanda tersebut. Rekrutan terbaru adalah Lisandro Martinez.

Dia ditebus dari Ajax dengan harga 57 juta euro atau Rp867 miliar dengan durasi kontrak 5 tahun. Pemain 24 tahun ini bisa bermain di banyak posisi seperti bek tengah, gelandang bertahan, dan bek kiri. Dia adalah andalan ten Hag saat menjuarai Eredivisie 2 musim beruntun.

Sebagai klub pencetak bintang, Ajax tak pernah kehabisan talenta terbaik di dalam skuadnya. Musim panas 2022 ini, mereka pun melepas banyak pemain terbaiknya, termasuk ke Manchester United.

Dalam sejarahnya, para pemain Ajax memiliki rekam jejak baik di Old Trafford. Bisakah Lisandro Martinez dan Christian Eriksen mengikutinya?

Baca Juga: 5 Alasan Lisandro Martinez Cocok untuk Manchester United

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya