FA Cup: Libas Newport Country, Manchester City Lolos ke Perempat Final

Berpeluang raih quadruple nih!

Peluang Manchester City untuk meraih quadruple alias empat trofi musim ini kian terbuka lebar usai pastikan tiket perempat final FA Cup. Kepastian tersebut didapatkan usai membantai tim kasta keempat Inggris, Newport Country dengan skor 1-4 pada Sabtu malam (16/02).

Pemain muda, Phil Foden tampil menonjol dalam laga itu setelah mencetak dua gol (75', 89'), sedangkan dua gol lainnya ditorehkan oleh Leroy Sane (54') dan Riyadh Mahrez (90+4'). Satu-satunya gol tuan rumah tercipta di menit ke-89 melalui sontekan Padraig Amond.

Dengan kemenangan ini, Manchester City masih bertahan dalam empat kompetisi sekaligus. Kira-kira berapa trofi yang bakal mereka raih ya? 

1. Sempat imbang di babak pertama, Manchester City menggila di babak kedua

FA Cup: Libas Newport Country, Manchester City Lolos ke Perempat Finaltwitter.com/edersonmoraes93

Meski kualitas kedua tim sangatlah jomplang, Newport mampu menahan imbang anak asuh Pep Guardiola di babak pertama. Sayangnya, hal tersebut hanya bertahan 50 menit. Manchester City akhirnya melepas kebuntuan di menit ke-51 melalui gol Lero Sane usai bekerja sama dengan Gabriel Jesus.

Gol tersebut semakin melecut Riyad Mahrez dkk untuk membombardir pertahanan tuan rumah yang bermain bertahan. Manchester City tampil dominan dengan penguasan bola 78 persen dan mencetak 23 percobaan ke gawang lawan, berbanding hanya 8 miliki Newport.

Manchester City semakin menggila di 15 menit sebelum laga usai. Phil Foden mampu menggandakan kedudukan di menit 75, dan lagi-lagi Gabriel Jesus menjadi pemberi assist-nya. Dua menit sebelum wasit meniup peluit panjang, Newport sempat menghidupkan asa ketika manuver Padraig Amond tak kuasa dibendung oleh kiper Ederson Moraes. Skor berubah 2-1.

Tersentak oleh gol lawan, Manchester City kembali menjauh setelah Phil Foden berhasil mencetak gol keduanya semenit kemudian. Tak ingin ketinggalan, Riyad Mahrez pub beraksi dengan mencetak gol di akhir laga usai tendanan kerasnya tak mampu ditepis kiper lawan.

2. Manchester City buka peluang raih quadruple, Guardiola puji perjuangan pemainnya

FA Cup: Libas Newport Country, Manchester City Lolos ke Perempat Finalteamtalk.com

Lolosnya ke perempat final FA Cup  menjadi sebuah raihan yang luar biasa Manchester City musim ini. Pintu untuk meraih quadruple atau empat trofi sangat terbuka lebar. Sebelumnya, mereka telah memastikan tiket final Carabao Cup dan akan berhadapan dengan Chelsea.

Tak hanya itu, Manchester City pun baru saja berhasil mengkudeta Liverpool di puncak klasemen Liga Inggris, meski memiliki poin sama, 65 angka. Selain liga domestik, Manchester CIty pun akan berhadapan dengan Schalke di babak 16 besar Liga Champions.

Guardiola pun memuji perjuangan anak asuhnya, dia menyatakan para pemain Manchester City telah menunjukkan kepada semua orang betapa luar biasanya mereka. "Itu adalah pertandingan yang sangat sulit. Kami percaya pertandingan selesai, tapi kemudian mereka mencetak gol, yang merupakan khas dari permainan semacam ini."

"Kemudian Phil mencetak gol ketiga yang luar biasa dan mereka melunak dalam beberapa menit terakhir. Para pemain saya menunjukkan kepada semua orang betapa luar biasanya mereka. Saya punya pujian besar untuk semua pemain hari ini yang bermain."

Baca Juga: Chelsea Dibantai Manchester City, Maurizio Sarri Siap Dipecat

3. Laga-laga berat telah menanti

FA Cup: Libas Newport Country, Manchester City Lolos ke Perempat Finalyoutube.com

Ujian sebenarnya bagi Pep Guardiola akan hadir dalam satu pekan ke depan. Empat hari kemudian mereka akan bertandang ke Jerman untuk hadapi Schalke di babak 16 besar Liga Champions. Meski bakal lebih diunggulkan mengingat performa mereka yang sedang onfire, Manchester City tak boleh lengah.

Di sisi lain Schale musim ini cukup terpuruk di Bundesliga dan tertahan di posisi 14. Namun saat berlaga di Liga Champions mereka dipastikan akan tampil lebih garang. Usai menghadapi Schalke, Manchester City akan dihadapkan laga berat lainnya.

Mereka akan kembali hadapi Chelsea, namun kali ini di babak final Carabao Cup. Manchester City harus waspada, karena dipastikan Chelsea akan balas dendam usai dipermalukan Manchester City dengan skor 6-0 di Liga Inggris.

Mampukah Manchester City lolos dari ujian berat dan meraih prestasi luar biasa di musim ini?

Baca Juga: Dikalahkan Crystal Palace, Tottenham Spurs Tersingkir dari FA Cup

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya