5 Fakta Bayern Muenchen dan Chelsea yang Bertemu di 16 Besar UCL

Ulangan final UCL tahun 2012, nih!

Hasil drawing babak 16 besar Liga Champions telah resmi keluar. Tim-tim besar bakal saling mengalahkan demi melangkah lebih jauh. Salah satu laga yang pasti menyajikan pertandingan seru adalah laga Chelsea melawan Bayern Muenchen.

Laga ini tidak akan menjadi pertemuan kedua tim di ajang kompetisi tertinggi Eropa ini. Keduanya memiliki sejarah pertemuan yang cukup menarik. Sebelum laga ini digelar pada Februari mendatang, berikut lima fakta menarik keduanya.

1. Laga antara tim "sempurna" melawan juara bertahan Liga Eropa

5 Fakta Bayern Muenchen dan Chelsea yang Bertemu di 16 Besar UCLtwitter.com/ChampionsLeague

Kedua tim musim ini memang cukup kesulitan untuk bersaing di kompetisi domestik. Chelsea berada di peringkat empat Liga Inggris, sedangkan Bayern Muenchen tempati peringkat lima. Meski demikan performa mereka di kompetisi Eropa cukup apik.

Laga ini akan sangat menarik karena akan menjadi pertempuran dua tim besar di kompetisi Eropa. Bayern Muenchen saat ini menjadi satu-satunya tim yang meraih kemenangan sempurna di fase grup UCL. Sedangkan Chelsea berstatus sebagai juara bertahan Liga Eropa musim lalu.

2. Frank Lampard miliki kenangan manis melawan Bayern Muenchen

5 Fakta Bayern Muenchen dan Chelsea yang Bertemu di 16 Besar UCLtwitter.com/OptaJoe

Pada tahun 2012 Chelsea menciptakan sejarah dengan menjuarai Liga Champions untuk pertama kalinya. Sejarah tersebut terjadi dengan melawan Bayern Muenchen di Allianz Arena. Chelsea keluar sebagai juara setelah menang lewat adu penalti usai laga berakhir 1-1.

Kala itu Lampard menjadi bagian dari generasi emas Chelsea sebagai kapten tim. Kini dia duduk sebagai pelatih Chelsea dan akan kembali berhadapan dengan Bayern Muenchen. Tentunya kenangan manis itu ia harapkan untuk kembali terulang.

3. Kedua tim sama-sama sedang tak konsisten di liga domestik

5 Fakta Bayern Muenchen dan Chelsea yang Bertemu di 16 Besar UCLthesun.co.uk

Kedua tim boleh saja tampil apik di Liga Champions musim ini, namun keduanya juga mengalami nasib berbeda di liga domestik. Mereka tampil tak konsisten. Chelsea saat ini tempati peringkat ke-4 setelah mengalami empat kekalahan dari lima laga terakhir di Liga Inggris.

Sedangkan Bayern Muenchen tempati peringkat lima Bundesliga usai menderia dua kekalahan di lima laga terakhirnya. Namun kesempatan juara masih terbuka lebar karena hanya terpaut enam poin dari Leipzig sebagai pemuncak klasemen.

Sedangkan Chelsea tampaknya akan sangat sulit karena terpaut sangat jauh dari Liverpool, 20 poin.

Baca Juga: Luar Biasa! 5 Pencetak Gol Termuda dalam Sejarah Liga Champions

4. Bayern Muenchen miliki rekor unik jika melawan klub asal London

5 Fakta Bayern Muenchen dan Chelsea yang Bertemu di 16 Besar UCLenfieldindependent.co.uk

Saat berhadapan dengan tim asal Inggris, khususnya London, Bayern Muenchen patut jumawa. Mereka miliki rekor selalu menang dalam empat laga terakhir. Pada musim 2016/2017 mereka berhasil kalahkan Arsenal 5-1 pada leg pertama 16 besar di Allianz Arena. Di leg kedua pun Muenchen kembali menang dengan skor 1-5 di Emirates.

Sedangkan musim ini mereka berhasil melumat Tottenham Hotspurs di fase grup. Di leg pertama Muenchen membantai Spurs 2-7 di markas barunya.Sedangkan di leg kedua kalahkan anak asuh Jose Mourinho dengan skor 3-1.

Bukan tak mungkin Chelsea akan menjadi korban klub asal London berikutnya. Apalagi Muenchen sedang on fire di Liga Champions.

5. Head-to-head kedua tim

5 Fakta Bayern Muenchen dan Chelsea yang Bertemu di 16 Besar UCLimdb.com

Chelsea dan Bayern Muenchen telah empat kali bertemu di kompetisi Eropa. Uniknya, kedua tim sama kuat dengan masing-masin meraih dua kemenangan. Kedua tim terakhir kali bersua di UEFA Super Cup 2013. Saat itu Bayern Muenchen keluar sebagai juara Liga Champions, sedangkan Chelsea juara Liga Eropa.

Dalam laga tersebut giliran Bayern Muenchen yang menang lewat adu penalti setelah laga berakhir dengan skor 2-2 di waktu normal.

Pertemuan kedua tim:

  • Bayern Muenchen VS Chelsea: 2-2    Pen: 5-4 (30/08/2013)
  • Bayern Muenchen VS Chelsea: 1-1    Pen: 3-4 (19/05/2012)
  • Bayern Muenchen VS Chelsea: 3:2 (12/04/2005)
  • Chelsea VS Bayern Muenchen: 4-2 (06/06/2005)

Dijamin seru, tim mana yang jadi unggulanmu?

Source:

https://www.uefa.com/uefachampionsleague/news/newsid=2635840.html

https://www.espn.com/soccer/blog-the-toe-poke/story/4014689/champions-league-draw-bayern-munich-shaken-by-prospect-of-facing-chelseareliving-2012-final-nightmare

https://www.bavarianfootballworks.com/2019/12/16/21024054/bayern-munich-five-reasons-chelsea-good-draw-champions-league-christian-pulisic

https://www.fctables.com/h2h/bayern-munich/chelsea/

Baca Juga: 3 Nama Besar Masuk Bursa Pelatih Baru Bayern Munich, Siapa Saja?

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya